Strategi Lulus UN 2011

Bagaimana agar seorang siswa dapat lulus dalam menghadapi Ujian Nasional ? Ada beberapa trik atau cara agar seorang siswa berhasil dalam menghadapi ujian nasional. Berikut ini adalah beberapa trik atau cara yang dapat dilakukan siswa, yaitu :

Lulus UN

Pertama, persiapkan diri dengan baik dengan menjaga kesehatan. Artinya seorang siswa harus selalu menjaga kondisi kesehatannya agar pada saat pelaksanaan Ujian Nasional tidak dalam keadaan sakit. Disamping itu juga pada saat menghadapi UN perlu sarapan pagi sehingga kondisi badan fit dan tidak lesu.

Kedua, selalu berpikir optimis bahwa saya pasti lulus. Jangan pernah ada keragu-raguan dalam menghadapi soal Ujian Nasional, sehingga tidak timbul rasa gugup dan was-was yang dapat mengakibatkan apa yang sudah dikuasai dengan baik menjadi hilang dari ingatan. Disamping itu juga rasa optimis dapat menumbuhkan rasa percaya diri tinggi dimana dapat membangkitkan keyakinan yang kuat didalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional tersebut.

Ketiga, berprinsip bahwa lulus tidak harus semua soal terjawab dengan benar. Dengan adanya keyakinan ini, maka seorang siswa tidak perlu berlama-lama pada satu soal yang tidak dikuasainya, akan tetapi dapat segera beralih ke soal lain yang lebih mudah sehingga waktu tidak terbuang percuma.

Keempat, persiapkan materi dengan baik dengan memanfaatkan “permen” yang sangat enak dan lezat. Artinya dengan diterbitkannya lampiran PERMENDIKNAS Nomor 46 tahun 2010 yang berupa Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) dapat meringankan siswa dalam belajar. Karena di SKL tersebut sudah terdapat “Kemampuan Yang Diuji ( KYD )”. Sudah barang tentu jika siswa memperhatikan benar apa itu, tentunya siswa tersebut sudah tahu seperti apa soal yang akan keluar dalam Ujian Nasional.

Seorang siswa dapat memperhitungkan banyaknya SKL yang muncul dalam soal untuk setiap mata pelajaran beserta “Kemampuan Yang Diuji” pada tiap-tiap SKL dengan melihat banyaknya soal Ujian Nasional pada masing-masing mata pelajaran. Dengan cara tersebut seorang siswa dapat mempelajari beberapa SKL yang benar-benar dikuasainya agar dapat mencapai nilai standar kelulusan dan meninggalkan SKL lain yang tidak bisa dikuasainya sehingga tidak menjadikan beban yang memberatkan bagi siswa, karena pikiran siswa anya terfokus pada SKL yang sudah dikuasainya dengan baik.

Namun jika dimungkinkan tidak ada salahnya untuk mempelajari SKL yang dirasa sulit untuk mendapatkan nilai yang diperoleh agar bisa optimal, tapi tidak perlu ngotot karena itu sebagai tambahan saja. Dengan cara ini maka belajar siswa dirasa tidak terlalu ngoyo namun hasil yang dicapai dapat optimal.

Kelima, berdoa dan berserah diri pada Allah SWT. Perlu juga diingat siswa sekalian bahwa manusia hanya bisa berusaha dan berupaya, akan tetapi yang menentukan takdir seseorang hanya Allah SWT. Namun yakinlah bahwa yang pasti Allah SWT maha tahu terhadap hamba-Nya yang senantiasa berusaha dan berdoa.

Mudah-mudahan adanya tulisan ini menjadi salah satu wawasan yang dapat meringankan beban, khususnya para siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional dan dapat meningkatkan motivasi sehingga ketakutan yang selalu membayangi siswa didalam menghadapi Ujian Nasional dapat diminimalkan. Akhirnya mari kita optimis dan yakin bahwa siswa sekalian mampu menghadapi Ujian Nasional dengan baik dan katakan Ujian Nasional, Siapa takut…?!

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.335 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: