UN SMA Tahun Ajaran 2012/2013 Jadi 20 Paket dan Hasil UN Untuk Seleksi Masuk PTN

ImageMateri soal ujian nasional jenjang SMA/MA/SMK pada 2013 direncanakan berubah. Hal itu untuk mengikuti keinginan pemerintah mengintegrasikan hasil ujian nasional untuk seleksi masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan.

Nantinya soal ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK didesain untuk mengukur prestasi siswa di jenjang akhir pendidikan menengah sekaligus memprediksi potensi siswa di perguruan tinggi. Akhir September 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditargetkan punya format yang akan dibahas bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia.

”Pemerintah dan BSNP akan segera rapat membahas integrasi UN SMA/MA/SMK dengan seleksi perguruan tinggi. Kemungkinan ada perubahan soal UN yang sekaligus bisa untuk seleksi PTN,” kata Djemari Mardapi, anggota BSNP, di Jakarta, Rabu (12/9/2012).Menurut dia, pengintegrasian UN dengan seleksi masuk PTN selama ini masih pro-kontra. Sebab, UN untuk mengukur prestasi siswa di sekolah, sedangkan seleksi PTN memprediksi potensi akademik dan keberhasilan calon mahasiswa selama kuliah.

”Kami sedang mencoba untuk mengintegrasikan kebutuhan mengevaluasi prestasi dan prediksi lewat pelaksanaan UN,” kata Djemari.

Jika terlaksana, anggaran pelaksanaan UN dan seleksi masuk PTN yang besar bisa diefektifkan. Namun, mutunya tetap sesuai kebutuhan dengan yang diinginkan pemerintah dan PTN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Senin (10/9/2012), mengatakan, integrasi hasil ujian nasional SMA/MA/SMK harus mulai diterapkan pada penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri tahun2013. PTN diminta mempertimbangkan hasil UN siswa dalam menyeleksi mahasiswa baru sehingga pelaksanaan UN tidak mubazir.

“Hasil UN harus terintegrasi di semua jenjang. Jika dari SD ke SMP ke SMA bisa pakai hasil UN, kenapa di PT tidak boleh? Jika alasannya hasil UN tidak bisa dipercaya, pelaksanaan UN terus- menerus dilakukan dan melibatkan perguruan tinggi,” kata Nuh.

Ditanya soal integrasi hasil UN pada penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2013, Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia Idrus Paturusi mengatakan, hasil UN, yang juga salah satu penentu kelulusan siswa di jenjang pendidikan menengah, dipertimbangkan dalam penerimaan lewat jalur undangan. “Nanti akan ada pembobotan. Berapa persentase dari nilai rapor dan nilai UN masih akan dibahas bersama,” ujar Idrus.

Pada tahun 2013, sebanyak 90 persen penerimaan mahasiswa baru PTN secara nasional lewat jalur undangan. Penyeleksian mahasiswa baru dengan mempertimbangkan nilai rapor di kelas 1-3 dan hasil UN.

Selama ini, pengakuan hasil UN dalam seleksi nasional masuk PTN, baik lewat jalur undangan maupun tulis, dengan cara mahasiswa baru yang diterima harus lulus UN.

Kecurangan UN

Terkait dengan kecurangan UN, Nuh menjelaskan, pemerintah berupaya lebih untuk meminimalkan hal itu tahun depan. Caranya, membuat soal dalam 20 variasi atau lebih.

Ada juga rencana pemerintah menaikkan standar minimal kelulusan UN tahun 2013. Apalagi, kelulusan UN sudah mencapai 99 persen lebih.

Sumber : Kompas.com

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

165 Responses to UN SMA Tahun Ajaran 2012/2013 Jadi 20 Paket dan Hasil UN Untuk Seleksi Masuk PTN

  1. Agus Satrio mengatakan:

    makin lama pemerintahnya makin ga pake otak buat paket ga bisa mikirkah anak-anak sekarang makin tertekan terutama yang di SMA

    • Maria romauli @yahoo.com mengatakan:

      Memang gtu glak nya npin x pikir itu it kn ska 2 orng itu lh
      ;->

    • venansia mengatakan:

      seharusnya pemerintah, melihat potensi siswa, tidak semua siswa mendapatkan nilai yang baik, jadi jangan seenaknya kasih 20 paket.

      • orang flores mengatakan:

        betul itu…..pemerintah hanya tau bertindk semena-mena….mrka hanya memeikirkan kpribadian mrka sndri…..

        • Anonymous mengatakan:

          betul banget tt
          pemerintah tt mank gk pnya otak
          coba aj dia yg ikut UN 20 paket
          mungkin botak ad tt kepala

    • Anonymous mengatakan:

      munkin ini emang berat bagi saya dan tman”, tp kita mau gimana lg??? karna ini jg dari pemerintah,mw gx mau ya harus ikut.

    • Anonymous mengatakan:

      kmi dri XII IPS 1. . .
      SEHARUNYA !!! pemerintah jgn mempersulit pelajar , kalonya tambah paket akan meningkatkan banyknya yg tdk lulus di indonesia…..
      haduh…. ini namanya mebuat siswa siswi SMA bunuh diri……

    • mikocigi@yahoo.co.id mengatakan:

      pemerintahh gk pake otak. . .
      sukanya membuat siswa dan siswi, terlantar……

    • Anonymous mengatakan:

      setuju,,
      gak mikirin gimana siswa yg akan menghadapi nya nanti!!
      5paket saja siswanya sudah banyak yg drop duluan, ap lagi 20 pket!!

    • Anonymous mengatakan:

      saya sebagai pelajar juga merasa tertekan.

    • yoga arianto mengatakan:

      benar tu…! Apa pemerintah sudah meperlakukan pendidikan secara adil dari sabang sampai merauke …? Pikir donk

    • surya mengatakan:

      betul …… saya setuju banget
      walau banyak paket pun kecurangan slalu terjadi ,itu karena kita smua yg membuat kecurangan itu sendiri

    • Ria mengatakan:

      Ia betul kenapa hrs terjadi skrng
      knp tdk tahun2 kemarinsj lau 20 paket bs2 murid2 thn in pd stres hadapi

    • gusti mengatakan:

      iyah kursa pemerintah makin nyusain ank-anak padahal tindakan seperti itu sudah mengancam pengangguran di indonesia makin banyak”

    • anggi mengatakan:

      saya sangat2 kecewa dengan pamerintah yang se’enak nya membuat paket soal UN 20 paket ,sedang siswa siswi yang alumni bagaimana ? masa’ enak aja mereka UN dengan hanya 5 paket soal !! Ini namanya egois , Pemerintah tolong dong jangan mempersulit siswa kami ini hanya sekedar siswa bukan profesor !!

  2. anonymous mengatakan:

    setuju banget tuh sm keputusan kemendikbud

  3. Anonymous mengatakan:

    semoga bs mengurangi kecurangan.

  4. XII ips 2 mengatakan:

    pemerintah gila….. semuanya jadi tertekan … mlah g konsen klo kyk gini…
    gimana sby ?? bangsat

  5. Anonymous mengatakan:

    Kalau begini cara pemerintah banyak siswa sma yang tertekan bisa bisa tidak mengikuti UN,
    jangan terlalu memaksa kehendak diri sendiri donx,

  6. Bukori Mustofa mengatakan:

    kalopun pemerintah brusaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dg cara 20paket toh nantinya pasti ada kecurangan

  7. ibnufajar75 mengatakan:

    Setuju dengan Pak Bukhori…. yang penting bagaimana pembinaan mental peserta didik bukan hasil UNnya.

  8. Anonymous mengatakan:

    Seharusanya pemerintah berfikir,
    apakah sma mutu pendidikan seluruh indonesia,sedangkn daerah terpencil sangat kurnag mutu pendidikannya,fasilitasnya kyrang lengkap,bagaimana kalau soal UN di samakan dengan kota kota besar,,
    apakah pemrintah tidak sempat berfikir,,,
    kasihan nasib para siswa,,,?

    • orang flores mengatakan:

      sehrusnya pemerintah hrus berpikir secara logis…….sebelum bertindak harus di pikir2 dulu….jngn cuma tau bertindak semena-mena………kami sbgai siswa/siswi mrasa tertkan….krna kmi bersekolah di daerah yng terpencil…. fasilitas skolah saja tdk msuk stndar nasonal….jdi jngn di samakan dengan kota2 besar…..

  9. CAKY.PALIJAMA mengatakan:

    Pemerintah hanya memikirkan diri sendiri bisa bisa anak” stres pada waktu ujian

  10. Riki Yakub mengatakan:

    saya sebagai siswa SMK yg akan menghadapi UN thun ini jujur sya tidak bisa membayangkan jika terjadi 20 paket dlam UN nnt,sebelumnya pemerintah apakah sudah turun ke bawah untuk melihat persiapan siswa jika menghadapi seperti itu..saya kira hya egoisme sja dlam mengambil keputusan..sya keberatan atas semua ini..sya yakin akan ad 89% kemungkinan tahun ini yg tidak lulus sekolah..harapan sya jika ada misi seperti itu setidak a di lakukan secara berlahan..toh td a hnya 5 paket di buat pertahun di tingkatkan menjadi 7 paket ato 6 paket nah jd siswa tidak shock..

    tolong pertimbangkan…

    • satya blank honk mengatakan:

      saya setuju banx…. klo bisa jngan 20 paket 50 paket sja seklian biar pemerintah pada senanx

  11. Anonymous mengatakan:

    pemerintah semakin hari semakin goblok,,,, buat seratus paket UN tetap akan curang …..goblok lu diknas

  12. Anonymous mengatakan:

    kecurangan UN sdh berjamaah coy,,,,,,lebih baik luluskan semua siswa walaupun nilainya rendah ,,,,,,,maka 90% akan jujur,,,,sebenarnya guru sdh muak dgn UN ini,,,,,,karena siswa tdk lagi sungguh2 belajar, karena toh nanti UN di bantu,,goblok pun lulus juga,,,,,kalau tidak dibantu tutup sekolah,,,,kepala diknas marah,,,, bupati kebakaran jenggot, karena pendidikan didaerahnya bobrok,,, maka biar dibilang pendidikan didaerahnya berhasil ya gitu deh,,,,berjamaah,.. demi anak bangsa katanya,,?!!!. silahkan ada UN tp hanya untuk dijadikan pemetaan daerah mana yg harus dibantu dgn serius,,,baik pendidik maupun sarana pendidikannya,,,menteri pendidikan goblok mau aja dibohongi dengan data kelulusan,,dan bangga pula itu ,,,goooblooooook.

    • Anonymous mengatakan:

      saya setuju dengan jalan pikiran anda, kecurangan dalam un sudah sedemikian parah, berapapun paket soalnya curang akan tetap jalan terus, kalau nggak percaya ada kecurangan, silahkan tanya siswa yang dah lulus, terutama dari sekolah-sekolah pinggiran, atau tanya pengawasnya, kalau pengawasnya galak, nggak bakal dipakai lagi, pasti itu, makanya bisa dikatakan kecurangan dalam un sudah sangat sistemik. Katanya kita mau membangun karakter bangsa, bagaimana karakter bangsa ini bisa dibangun kalau sejak dini anak-anak kita dibiarkan/atau bahkan “difasilitasi” untuk berbuat curang, anak-anak kita sekarang ini kan calon pemimpin, bagaimana bisa memimpin dengan baik kalau mereka ini dibesarkan dengan kecurangan, ngeri membayangkan sekian tahun lagi mereka (yang lulus un dengan curang) bakal jadi pemimppin negeri ini, mau jadi apa bangsa ini kalau calon-calon pemimpin bangsa ini sudah lihai (dididik/difasilitasi) untuk berbuat curang. Astaghfirullahhaladziim. TOLONG bapak bapak yang punya otoritas dalam dunia pendidikan, sadarilah kondisi ini, kwalitas pendidikan kita semakin mlorot karena kebijakan un ini, cobalah bapak-bapak sesekali datang ke sekolah pinggiran yang muridnya lulus 100%, bagaimana itu prosesnya, kalau perlu panggil siswa-siswa yang pada lulus itu, suruh mereka mengerjakan solah 1 (SATU) SOAL SAJA dari materi UN yang pernah mereka kerjakan, bisa nggak mereka mengerjakan lagi soal tersebut.

  13. Jack daniel mengatakan:

    Memang sundel kpala diknas,ndk prnh mkir kli.ghe mna nsib anak2 SMA,mkir donk,miiiikir

  14. Kibe mengatakan:

    Pemerintah gx adil dulu mreka enak gx ada UN coba mreka hdup di zaman ini psti mrek jga gx mau krna mrasa trtkan.

    • waty akuntansi mengatakan:

      Saya sebagai siswa smk misbah juga tidak setuju pake acara namba” paket lagi gila kali ya bikin pusing aja

  15. Anonymous mengatakan:

    buat pemerintah msalah 20 paket tolong d kaji ulang

  16. Putrie mengatakan:

    pemerintah gx adil,, buat siswa-siswa mangkin gilak …

  17. Anonymous mengatakan:

    Trlalu jauh prubahan paket un tahun lalu dgn skrang!!

    Membuat para siswa mnjadi tertekan ,,bila tdk llus juga akan membwa krugian,,

    mengapa diadakan un??
    Klo un yg diadakan dlm wkt bberapa hri membuat siswa yg sudah 3thn mnpuh pndidikan di SMA tpi tdk llus juga akan membwa krugian bgi siswa itu…

  18. Dwic Rasmitha mengatakan:

    Terlalu SADIS !!

    Membuat siswa makin tertekan dgn paket 20s0al..!

    Makin streslah para remaja skrang..!!

  19. Dwic RockNet mengatakan:

    Dasar Ngawur Pemerintah Sekarang!!
    KAMSEUPAY..!!!

    Buang*bnyak biaya untuk UN 20 paket sudah saya skin 90% gag llus..!!
    Jadi buang*uang negara saja!!

    Perekonomian sulit jdi tmbh sulit!
    Pikir donk pikir..!!

    Sarana di sk0lah blum smua memenuhi btas standar,udah 20paket s0al UN,,
    Dasar
    Tidak punya otak dlm mengambil kputusan

  20. ibnufajar75 mengatakan:

    Terima kasih buat semua….. dari sekian komentar yang masuk bisa dilihat mengenai ketidaksetujuannya dengan pelaksanaan UN. Saya sendiri sependapat bahwa UN sebagai penentu kelulusan siswa itu tidak adil karena yang tahu mampu dan tidaknya siswa adalah pihak sekolah itu sendiri bukan pemerintah. Alangkah baiknya jika sistem UN dibuat seperti jamannya sistem EBTANAS yaitu penentu kelulusan siswa adalah pihak sekolah sendiri.

    • Orang flores mengatakan:

      betul… itu… krna yng lebih tau kemampuan siswa adalah pihak sekolah…….bukan pemerintah……
      krna yang pemerintah tau hanya tidur di atas uang rakyat…….

  21. Metha mengatakan:

    Keputusan ini membuat saya selaku siswa merasa cemas, tertekan dan stres . saya rasa UN bukan tolak ukur yg baik utk ke perkuliahan nanti, mengapa saya belajar 3tahun hanya diputuskan oleh 3-4 hari ujian saja? lebih efektif itu ya nilai ujian disekolah karena guru2 lebih paham dan tau karakteristik dan prestasi murid2 selama belajar disekolah, sementara pemerintah tidak tau keseharian siswa seperti apa, tau2 ng.judge siswa lulus atau tidak lulus hanya dari keputusan UN . sangat tidak adil, merasa perjuangan 3tahun itu tidak diperdulikan, yg penting hanya lulus UN yg diprioritaskan.

  22. Zahrina mengatakan:

    tolong pemerintah lebih memahami para pelajar di indonesia, pembelajaran di setiap daerah berbeda-beda, ada yg maju dan tertinggal. lalu mengapa UN nya disamakan? hal itu sulit membuat anak di pedesaan untuk jujur dlm UN karena ketidakmampuannya mengerjakan materi yg berbeda yg biasa berlaku di daerah kota. UN boleh diadakan untuk tolak ukur keperguruan tinggi, tapi janganlah dijadikan patokan kelulusan dari sekolah, sekolah lebih paham dan tau apakah murid tersebut layak lulus atau tidak . sementara pemerintah tidak tau keseharian anak disekolah bagaimana, hanya menyimpulkan dari UN saja. padahal tidak sedikit anak yg tadinya berprestasi disekolah tetapi menjadi tidak lulus karena terlalu stres atau tertekan.

  23. Zahrina mengatakan:

    saya sangat sependapat dengan komentar IbnuFajar75, tolong pemerintah menanggapi ini .

  24. Anonymous mengatakan:

    Apakah,,mmng sdah pasti 20 pket pda uN nnti,,
    dan apakah qta mampu sbgai siswa,,untuk mngerjakanx
    mmng swajarx,lw qta sbgai murid blajr dngan giat,,akan tetapi,,tdak kah terlalu brlebihan pket yg sbegitu bnyakx…
    Apa lagi jika d kemas,,dngan soal2 yg berbeda pada tiap paketx,,
    saya sbgai slah satu peserta uN thun ini,,merasa takut.

  25. Anonymous mengatakan:

    Apakah paket soal yg 20/ ruangan itu,,berbeda antara yg 1 dngan yg lainnya,,atau kah,,ada juga yg sma 1 atau 2 no.????
    Mhon di jwab,,z mwakili pertaxaan siswa-siswi pesrta UN.

  26. ibnufajar75 mengatakan:

    Saya belum bisa menjawab dengan pasti bagaimana soal UN nanti, bersabar dulu terbitnya POS UN 2013 yang nanti diterbitkan oleh BSNP

  27. Anonymous mengatakan:

    musril :siswa sma 1 tinanggea konsel, terus trang sj sy jg mrasa kbrtn klau nnti trja 20 pket soal, pmrintah mmng egois

    • Ria mengatakan:

      Jujur aja tahun pendidikan
      semakin eror aja maswa UN 20 paket pd gila.mau di pikir2 20 paket it mau di kerjain bg mn waduh parah In.kalau 20 paket UN terjadi bisa2 hny berapa % yg lls…eror habis pendikan lihta aja thn in murid pada stress…abis…:/

  28. mardiana mawar mengatakan:

    Waduh….mau gimana pendidikan kita memang dah ga bisa rasional, mestinya jangan curiga dengan siswa tapi benahi kurikulum dan personal yang duduk di pemerintahan supaya kualitas …bukan penekanan pada variasi soal menjadi 20 jenis soal……

  29. Rimba mengatakan:

    Sy sebagai calon UN 2013 jurusan BAHASA, sngt tidak setuju dgn perubahan paket yg bgtu bnyk(20). . setidakNya setiap tahun perubahanNya jgn trllu dratis… tlng di kaji ulng. . . jgn cuma bsa merancang sesuatu sj tnpa turun lpngn. . ksihan ank2 SMA yg ada di bagian pelozok, fazilitaz mrka tak sebaguz ank2 SMA di perkotaan. . .

    kalo sy mau menilai, ini adlh kebijakan yg tidak bijak. sy hrp bsa di kaji ulang. .

  30. Anonymous mengatakan:

    apaapaan pemerintah nih,..
    gak kira2,.
    5 paket aja udah pusing apalagi 20 paket,.
    sumpah gilaaa,..

  31. Suciyani Darwis mengatakan:

    assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakattu

    saya mewakili teman-teman untuk mengatakan:

    Kami sudah berjuang hampir 3 tahun di SMA,hanya untuk mengejar cita-cita dan masa depan kami.(mendengar berita ini kami merasa takut menghadapi UN tahun ini)

    “kaki sudah melangkah sejauh ini,harus terhambat dengan hal-hal yang tidak diingikan”

    “> sedikit bercerita,dulu teman ku tidak bisa melanjutkan sekolahnya gara-gara ngk lulus UN,sekarang temanku itu sudah jadi penganggurang ( klu mau di fikir-fikirkan lagi,jika tingkat kelulusan UN berkurang,maka tingkt penganggurang di indonesia akan semakin meningkat )

    “> merasa tertekan ^_^,keputasan ada di tangan pemerintah, sebanyak apa pun paket yang anda putuskan insaya’allah kami,akan berusaha semampu kami agar UN tahun ini bisa sukses,bisa lulus 100% amin.Meskipun rasa takut sering menghampiri…kami.

  32. Anonymous mengatakan:

    klw bgne bnyk ny soal ujian sich bz gla . . Eitz . . . . Bor!ng

  33. EMKAFA mengatakan:

    SETUJU AJA,, ASAL GAK USAH PAKE PENGAWAS.. CUKUP CCTV

  34. Maria romauli @yahoo.com mengatakan:

    Jng gtu lh buat soal
    cbut kan aja ujian un
    nya jdi kmi tdk da bntuan nya ma skolah 2 lain
    jng trlalu tinggi nilai nya jdi tdk snggup lh siswa siswi kmi
    cbtkan un dan trngkan nilai kmi oce sox xli pmerintaha ma sby jdi smua siswa sma tress mikr 20
    klu pemerintah snggup 20 tolong krja kan lh soal 2 kmi dong
    ;-(;-(;-(;-(:->:-/;-(

  35. Anonymous mengatakan:

    justru semakin marak bocoran

  36. Prof.Dr. Annisa Fauzia mengatakan:

    Pemerintah sekarang makin lama makin g’ punya otak. Percuma dong sekolah tinggi2 tp otak g’ punya. Seharusnya bukan para pelajar yg jd korban tp pemerintah yg korupsi itu harus di hukum sampai mati demi keselamatan bangsa kita.

    • andy mengatakan:

      menurut sy masalah paket memang hrs ada kebijakan tp tidak sederastis ini. yg pntng tingkat kesulitan soal harus di turunkan mohon dipertimbangkan!

      • Anonymous mengatakan:

        apakah harus dengan belajar kita bisa …..toh saya sering belajar tapi ga”keluar di soal
        pikir donk kakak menteri

  37. ..... mengatakan:

    Pemerintah seharusnya gak usah kayak gni…
    Yang ada anak” malah STRESS n pikirannya terganggu..
    Cba dipikirkan dulu..

  38. fafaiz mengatakan:

    kalau bisa,paket nya d tmbah lagi..
    biar indo lbh kern n ok..
    ntar siswa a jadi ”heng” semua….

  39. Anonymous mengatakan:

    saya tidak setuju dgn adanya penambahan paket UN sebanyak 20 paket bukanya mencerdaskan bangsa tapi malah membuat kami(pelajar) merasa tersiksa,tertekan bahkan membuat kami stres dan takut unutk melaksankan UN tsb.

  40. rival yuda pratama mengatakan:

    saya tidak setuju dgn adanya penambahan paket UN sebanyak 20 paket bukanya mencerdaskan bangsa tapi malah membuat kami(pelajar) merasa tersiksa,tertekan bahkan membuat kami stres dan takut unutk melaksankan UN tsb.

  41. Ping-balik: Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 « Pagar Alam dot Com

  42. peserta UN 2013 mengatakan:

    gilak coy….
    masak ia kelulusan tahun sebelumnya di hadiahi kecurigaan gini….. !!!
    bangsat…..
    generasi kami ni yang jadi korban kecurigaan nya…

  43. abie mengatakan:

    20 paket gak salah ngomng toooo……… pha yg ngomng lgie kenak alkohol,,,,,,,,,,

  44. Anonymous mengatakan:

    Semua anak SMA jadi pada stresss semua :'(

  45. What'z Ever mengatakan:

    Pemerintah Bikin 20 Paket … Hahaha
    Mimpi ne Pemerintah emng Pemerintah bisa ap jawab tu 20 paket soal tanpa liad buku ?
    nga Bisa kan !!!
    Tapi Pemerintah malah bersih keras mw ngeluarin 20 paket ne ….!!!
    CIH !!!

  46. Anonymous mengatakan:

    Knp bisa melunjak sampai 20 paket,, knp bukan 10 paket sja..!!???

  47. cacha mengatakan:

    bner gila 20 paket skolah 3 thun di tentukan 4 hari

  48. Anonymous mengatakan:

    Pemerintah mmbwt 20 paket emng g’ ad otax ya?
    Jgn mncri otax yg jenius tpi cri lh otak yg pas passan,org yg otak jenius akn mmbwt korupsi besar…
    Defri
    Xll IPS 2..

  49. Anonymous mengatakan:

    belum meratanya sarana dan prasarana.,,,tapi un harus dipaksakan

  50. Imam Mughni mengatakan:

    Saya sendiri sependapat bahwa UN sebagai penentu kelulusan siswa itu tidak adil karena yang tahu mampu dan tidaknya siswa apalagi dari segi moral adalah pihak sekolah yaitu GURU itu sendiri bukan pemerintah. Alangkah baiknya jika sistem UN dibuat seperti jamannya sistem EBTANAS yaitu penentu kelulusan siswa adalah pihak sekolah sendiri, adapun hasil UN digunakan untuk meneruskan ke PTN yang diinginkan, kami mohon pemerintah mempertimbangkan untuk tahun-tahun berikutnya!………Terimakasih

  51. Rizky Maengame mengatakan:

    _mengapa anda menganggap banyaknya jumlah paket mempersulit para pelajar untuk mencapai kelulusan? Justru, bukankah yang mempersulit adalah apabila pemerintah menaikkan Nilai Standar Kelulusan?

  52. Ifons delau mengatakan:

    Menurut saya pelaksanaan ujian nasional harus diringankan, karna kita mesti kasihan kepada siswa siswi sekarang ini, mengapa jangan hanya UN yang hanya tiga hari perjuangan mereka selama tiga tahun sia-sia

  53. anna mengatakan:

    20 PAKET???? WOW!!!
    tuh pemerintah niat bgdzz yak nyiksa para pelajar?? dulu kagak prnh skolah ap yaa??
    tidak semua sekolah mengadakan bimbingan belajar untuk mengahadapi UN, banyak siswa yang dituntut untuk belajar dan berusaha sendiri tanpa bantuan dari sekolah. kalau sudah kyk gini, ujung” nya yang kena pelajar juga.. MOHON DITINDAKLANJUTI DAN DIFIKIR LAGI PAK..
    kalau soal masuk PTN, tidak semuanya berminat melanjutkan k PTN..

  54. addam danu wijaya mengatakan:

    kami parasiswa jujur..kami sangt tertekan atas di keluarkanx 20 paket itu…karena kami hanya punya waktu 1 tahun untuk mempersiapkannya…buat siswa yang mc belum mampu pasty kemungkinan tidak lulus donk…kasihan kan mereka

  55. Saipudin Bakrie mengatakan:

    kita beranggapan tertekan maka akan selalu tertekan, beranggapanlah kalian pasti bisa maka kalian pasti bisa usaha dan doa :). Tenang pemerintah manusia kok mereka pasti punya alasan positif untuk hal ini. Semangat kawan

  56. Antasena mengatakan:

    Tenang kawan, yang ngelulusin sejak POS UN tahun kemaren sebenarnya sekolah masing-masing lewat ‘nilai Ujian Sekolah atau Ujian Madrasah’, semester 3,4 dan 5 untuk niai raport bisa ‘diandalkan’ plus nilai US/UM tadi. Pemerintah juga gx mo dibilang ‘gagal bidang pendidikan’. itu pasti! Pasti ‘bagaimana caranya agar anak-anak Indonesia tidak gagal dalam menempuh UN’ sudah dan sedang ‘diutak-atik’.
    Hanya saja ‘standarisasi nilai minimal kelulusan’ dengan media dan alat bantu belajar bagi sekolah-sekolah yg ada dipinggiran WAJIB DITINJAU TUHH!!! JANGAN HANYA CURIGA DAN CURIGA DENGAN KECURANGAN DAN KECURANGAN !!!

  57. Kartika mengatakan:

    INI MEMBUAT SISWA/SISWI TERTEKAN BANGET! SAYA TIDAK SETUJU ADANYA 20 PAKET

  58. Lh!e mengatakan:

    G!la bener pemrntah

  59. chandra Priandika mengatakan:

    TOLONG DI BACA DAN DIPERTIMBANGKAN!!!

    Tuhan memberikan cobaan tdk melebihi batas kemampuan umatnya. Tp dinas pendidikan memberikan cobaan luar biasa melebihi cobaan siswa.
    Sy tahun ini akan melaksanakan UN. Tp mendengar soal UN ad20 paket sy langsung putus asa. Coba peryimbamkan, setiap siswa melebihi kekuarangan dan kelebiahan. Contohnya sy agak mampu di pelajaran biologi tp sy tdk mampu di pelajaran fisika. Jd krn sebuah ketidakmampuan sy di bidang fisika akan membuat sy tdk lulus ? Tolong pertimbangkan. Sy mempunyai cita22 sbg guru Biologi. Apkh krn satu pelajaran yg sy tdk mampu sy tdk bs memcapai cita22 sy ???

  60. Kikhy Fhatimah mengatakan:

    Setuju,,
    dengan adanya 20 paket soal jadi siswa siswi lebih giat belajar lag,, tanpa mengandalkan jawaban dari orang lain..

  61. Anonymous mengatakan:

    pemerintah mengantisipasi kecurangan, sekolah-sekolah sudah membuat strategi mencurangi UN itu sendiri. sudah banyak Bos di kecamatan-kecamatan yang membentuk MGMP untuk mencurangi UN, contoh: dalam 1 kabupaten atau lebih sekolah berkolaborasi untuk menjawab paket yang ada masing-masing 1 guru 1 paket, kalo guru mapel UN ada 20 orang 1 kecamatan, kan selesai 20 paket dalam waktu 1 jam, trus di sebarluaskan deh kesekolah-sekolah. Nah…. pemerintah dalam hal ini hrs jeli menyikapinya. trims

  62. nindya mengatakan:

    saya siswa kelas 12 ,, menurut saya, UAN dengan kode 20 soal sangat membuat para pelajar khususnya SMA, sangat tertekan. 5 kode saja sudah pusing, apa lagi 20 kode. apa emang pemerintah sekarang itu belum rasain sih jadi murid pada jaman sekarang.!! makanya deh seenaknya bikin 20 kode. kasiaan atuh pak/bu para penerus bangsa ni. bukan nya biar tambah pinter, tapi di bikin tambah stresss?!!

  63. Diaz mengatakan:

    pak pemerintah, besok kalo bisa pengawasnya dri tentara or TNI aja pak, jadi lebih ketat n gabisa curang dalam UN, trus bilangin k siswa kalo melirik sedikit langsung tembak aja pak :)

    kalo emang keputusanya UN 20 paket, wah jujur semua sekolah pada sedikit yang setuju.
    apalagi kalo sampe jalur SMPTN dihapuskan, wah saya yakin pmerintah makin tambah repot.
    yang pinter makin pinter, yang kemampuanya bukan d pelajaran tambah jadi calon pengangguran :)
    saya cuma bisa ikut aja krna ini keputusan dari pemerintah, karna pemerintah lebih tau sikon Indonesia :)
    #netral

  64. Anonymous mengatakan:

    untuk apa uas kalau cuman mau jd bahan kecurangn aj enak buat kita yang di kota yg di desa atau pedalaman bisa2 mau bunuh diri pemerintah gk mikirin gmana jg dampak ny : @

  65. Danny Doke mengatakan:

    mau tidak mau harus terima,
    20 paket, jujur bikin kaget. apalagi saya jurusan ipa. persiapan untuk mngahdapi UN belum matang. tapi apa boleh buat?
    20 paket mngkin bsa di terima, yang tdk bisa di terima itu adalah pemeriksaan jawaban yang harus mnggunakan scanner. kenapa harus di scan? tdk bisakah di periksa secara manual saja?
    banyak anak2 yang jatuh nilainya karena tdk di lingkar dgn benar. apakah pemerintah sangat malas, jdi lebih memikirkan yang praktis2 saja. saya tidak mngerti… -__-

  66. Plato mengatakan:

    Hallooo ..
    1. Secara materi apa bedanya antara 5 paket dengan 20 paket??? (materinya sama kan???)
    2. Apa hubungannya rasa tertekan antara 5 paket dengan 20 paket??? (rasanya sama kan??? kecuali …)
    Intinya:
    1. Antara sekolah, siswa, guru, orangtua, pejabat bahkan pemerintah terkait belum siap untuk menerima kenyataan. Masih saya ingat pada tahun 2002/2003 pada saat itu UN masih berstandar nilai 3,51. Dan saat itulah hasil yang “valid” dibandingkan dengan tahun selanjutnya.
    2. Indonesia memiliki budaya yang sangat “toleran” dengan membiarkan penyimpangan kecil, mulai dari Pemerintah, Menteri Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sudin (Dikdas, Dikmen), Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Orang tua dan terakhir siswa.
    3. Menteri Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sudin (Dikdas, Dikmen) dan pejabat yang tekait harus sering turun ke sekolah, melihat fakta jangan hanya duduk di balik meja. Bagaimana para pejabat tahu realitas yang ada di sekolah jika hanya duduk di belakang meja? Apakah anda ingin kehilangan generasi penerus bangsa Indonesia (siswa)???
    4. Ujian Nasional adalah alat untuk mengukur kualitas siswa bukan alat untuk mengeksekusi..

  67. robii mengatakan:

    gilaaa 20 pakettt gimana nasibb kitaa

  68. pinto mengatakan:

    dengan di adakannya UN pun sebenarnya sudah salah. sangat tidak adil 3 tahun ditentukan hanya dalam beberapa hari. pemerintah move on dong, contoh negara2 yang sudah maju itu.

  69. Anonymous mengatakan:

    pemerintah dh gmbil enakx cndri,gag mkir siswa siswi nya yg mgerjakan
    dasar pemerintah nya sudah edannnnnnnn

  70. andhi mengatakan:

    peh makin sulitt ae da solusinya gag ea

  71. Novi nur hasanah mengatakan:

    .mkin bnyak pket mkin bnyak yg stres! G setju,knp g dari th sblum.a sh:'(

  72. Avera mengatakan:

    Apa pikiran yang ada di otak pemerintah? Apa seneng rakyatnya banyak yg nggak lulus demi ke-ego-isan semata?
    Kami anak-anak kelas 3 sudah sangat stress memikirkan ujian, jangan ditambah beban kami!!!

  73. Anonymous mengatakan:

    ditunggu POS UN 2013

  74. septika dian mengatakan:

    gilaaa itu jadii 20 pakett :( ohh tuhan,, saya sebagai siswi kelas XII sangat sangat merasa tertekan sama hal itu, disini siswi kls XII ga cuma mikirin buat UN aja kan, tp masii perlu mikirin buat tes masuk PT..
    lama” bisaa stress inii :(

  75. Anonymous mengatakan:

    pemerintah sdah kya engga punya pikiran n rsa ibah 5 paket saja sudah banyak yg mengalami kejiwaan apa lgi klo 20 paket pasti anak indonesia udah banyak yg menjadi pengangguran bukan cuman itu tak kala kejiwaan mereka jga pastiterganggu karna tertekan

  76. pj mengatakan:

    bicara soal mental , apakah menurut anda smua peserta un 2013 ini bisa ! Tiddak pa , sesuai survei sya ,dri thun2 yg lalu saja dgan paket yg kurng dari 6 paket mental mereka msih drop , apalagi dengan yg skrang , dngn di tambahnya paket hingga 20 paket ,semua anak sma/smk tidak siap dengn 20 pket tersebut !!
    truuss ,siswa seindonesia dngn pket yg sdikit saja msih bnyak yg tidak lulus ,apalagi skrng yg bnyak paket gitu ,bagaimana kalau banyak yg tidak lulus? Dan tertedngar oleh negara lain ,indonesia malluuuu ,maluu krna bnyk yg tidak lulus –
    Terimakasih

  77. Dedy rinaldy mengatakan:

    5 paket aj byk yg tdk lulus…
    Ap lagi 20 paket sungguh menegangkn
    Tp yaac menurut qu zhi xg ptg rajin belajar pasti lulus

  78. Anonymous mengatakan:

    semestinya pemerintah berpikir panjang,
    lihat kedepannya dengan membuat UN 20 paket,
    apa yang bakal terjadi pada siswa dan siswi dari setiap daerah, kota, dan dari sekolah mana pun, juga apa yang terjadi pada indonesia
    apakah pemerintah sudah siap mendengar negara indonesia paling banyak yang tidak lulus
    semestinya pemerintah berpikir dahulu baru bertindak
    semua manusia memiliki kekurangan dan kelebihan
    jadi belum tentu setiap siswa yang menjalankan UN itu lulus
    semestinya yang menilai adalah guru-guru dari setiap sekolah
    karena para guru lebih paham akan kemampuan anak didiknya
    bukan pemerintah

    saya harap pemerintah membaca semua coment kami ini..

  79. ILOK mengatakan:

    takkala’ bnuh ma’…
    mngkin dngan jlan itu diknas bsa merasa lebih merasa puas. . .

  80. niuk mengatakan:

    pada rame-rame disini pada tau artinya 20 paket dan 5paket ndak??

  81. MN mengatakan:

    Pemerintah boleh saja mengeluarkan hasil pendapatnya, tapi lihat lh potensi murid yg tinggalnya di pelosok desa, tidak sm yg tinggal di kota, sudah pasti pengetahunnya tdk sama krn di desa masih banyak tdk mengetahui teknologi yg berkembang di zaman skrg, sedangkan soal UN yg katanya 20 paket rasanya itu tdk wajar harap di pertimbangkan kembali. terima kasih

  82. icha mengatakan:

    bener menanggulangi kecurangan dan juga menambah org bunuh diri dan stress karenanya..

  83. Patria Reppi mengatakan:

    Bikin anak Indonesia menderita aja klo 20 paket,apaan nih.??? pikirannya emangnya dimana smpe bikin 20 paket.???? Sadiss bangett.!!!

  84. kadek mengatakan:

    Untung dah Wktu ujian 2011-2012 gk 20 pAkEt. BuAt. Yg ujiAn zkarang. Met berjuang

  85. indriya mengatakan:

    pemerintah semaunya sendiri !!
    gk pernah mkirin gimana sulitnya kami menghadapi 20 paket itu !!!
    PEMERINTAH YANG EGOIS

  86. dejavu mengatakan:

    dasar pemerintah byk gayanya…. da pikir kh bwt pelajar d kampung yg sarana dan prasarananya trbatas bwt blajar gara2 byk pejabt2 yg suka gendutin perut mreka sendiri, pikir dong emank dh banyk yg pemerinth bkn bwt menunjang mutu pendidikan khususnya yg add d pedalaman kampung trpencil dsr sok tp dk punya otak ……. mungkin mao mengalihkan prhatyan dr byk kasus korupsi nya kalie.$…..

  87. dwd myhero mengatakan:

    Keadilan di negeri ini ibarat sendal jepit kita yg sangat membuthkan kamu tk pernah melihatnya dan kita tidak pernah tau keadilan itu mulia karena uang ,kekuasaan ,dan para mafia itu lah pemenangnya..HADAP KIRI

  88. Anonymous mengatakan:

    Saya siswa SMA 3 k0nsel jg trasa trtekan dgn kbijakan ini,,,apa lg nilai ujian sdah m’njadi bhan pertimbangan d’ perGuruan tingGi

  89. hasanudin mengatakan:

    Salam Sejahtera untuk semua.
    Untuk Pemerintah harap dikaji ulang pelaksanaan UN sebagai penentu kelulusan sekolah. Dengan pertimbangan pelaksanaan di lapangan yang tidak sesuai harapan dan menghabiskan dana tidak sedikit. Lebih baik dialihkan untuk pebelian buku-buku yang bermutu mengenai motifasi belajar, tentang akhlak moral, agama. pengetahuan kewirausahaan dan jiwa kebangsaan untuk dibaca secara continue, dipahami dan di praktekkan untuk membentuk karakter bangsa yang “Tanggap, Tanggon dan Trengginas”. Untuk para pendidik Selalu Optimis dan Yakin akan kemampuan para peserta didik kita tidak lupa untuk selalu mendoakan supaya menjadi anak Sholih dan Sholihah dan generasi penerus bangsa yang berbudi luhur serta pantang menyerah demi meraih cita2 yang mereka impikan.
    untuk peserta didik semua hendakah belajar dengan rajin dan tekun, karena amanah orang tua, guru dan pemerintah terletak pada Anda semua. Paket UN yg begitu banyak tuk menguji sebatas mana kemampuan kita? toh jika yg pertama belum berhasl yang ke 2 masih ada, namun selalu optimislah dengan ujian pertama Anda LULUS 100% dan tidak mengulang atau ikut paket C/B. Yakin dan yakinlah semuanya pasti kan terlalui dengan baik selama dilakukan dengan sepenuh hati, sabar, dan peuh kecintaan. “Usaha tanpa Doa Bohong, Doa tanpa Usaha Sombong”. Demikian, Semoga Peserta Didik di Indonesia ujiannya LULUS 100% Semua. Amien.
    by. Choirul arek ReOg

  90. Anonymous mengatakan:

    Walah walah . . . . .
    Semua temen yg ada di seluruh indonesia yg akan menempuh UN
    Apakah sudah siap 20 paket ? ? ?

    Duh emang enak ya kalo jadi pemerinta . Ngatur” tanpa melihat kelapangan. . . .?

    Bru 1 thun udah di tmbah 15 paket . .
    Gmana kalo 5 thun mendatang ? ? ?
    Bisa jadi 75 paket waow wow

    untuk rmah skit siap” di perbesar ruangan sakit jiwanya

  91. rafi mengatakan:

    kenpa tahun ini di ada kan 20 paket???
    kurang kan lah agar saya bisa memikir tidak berlipat-lipat?_???

  92. mitha mengatakan:

    apa-apaan si pemerintah di indonesia ini,apa tak ada upaya yg lbh optimal,seharusny mereka mempermudah bukannya mempersulit,jika ada insiden buruk kan pemerintah juga yg malu apalagi jika berita.a menyebar ke negara lain,baru aku lihat di indonesia saja pemerintahnya tdk menaungi aspirasi dari para pelajar mudanya,Memalukan soal yg dibuatpun tak jelas

  93. Ria mengatakan:

    Pemerintah boleh mengadakan UN, jika perlu smua siswa d Indonesia beda soalnya.
    Namun tolong jangan d batas hasil UNnya, mau nilai 2, 3, 4 yg pntg tidk nol. Seperti jaman dulu, masak makin modern makin bodoh pemerintah ini.
    jika nanti d buat seleksi masuk PTN,. Malah bagus karna menggunakan nilai asli, dan nampak siswa pandai n yg tidak. Yg nilai rendah “suruh siapa tak belajar”
    Dgn sistem seperti itu namanya menghambat masa depan org. Tidak masuk PTN kan masih ada PTS
    Yg penting tamat dulu dari SMA

  94. a.r.f.aljundi mengatakan:

    Seharusnya pemerintah Ȋ̊tƱ menjadikan pelajar …bukan terlantar,paket c bareng dengan pelaksanaan UN,trus klo gk lulus harus nunggu satu tahun,ini bukan amerika yg bisa kayak gitu,seharusnya menambah paket soal ituu bertahap dong,jangan langsung 20 paket,,ini bukan menjadikan siswa belajar,tapi membuat siswa tertekan…
    Saya anak kelas 12 ipa…dan saya tertekan

  95. dian lesmana mengatakan:

    mnrt saya 20 pakt sangat brat bgi plaja SMA coba di introgasikan lagi tentang 20 paket

  96. fhyra mengatakan:

    nih pemerintah tdk pikir panjang yah ? jika mereka yg mengerjakan soal 20 paket, apakah mereka juga bisa ? coba sj kalian jadi kami ? jika banyak yg tdk lulus maka makin banyak angka pengangguran di indonesia !

  97. Anonymous mengatakan:

    Pemerintah enak banget ngasih un tiba” 20 paket gimana ga pusing kita belajarnya pak , coba bayangin kasih keringanan dikit kek masa selama kita 3 tahun belajar dan kelulusan kita tergantung pada un mana sekarang 20 paket ga adil banget upaya kita sia” dong

  98. Yolla mengatakan:

    Pak pemerintah masa tahun sekarang 20 paket kasih keringanan dong pak ga adil banget sama tahun kemaren” yang 5/4 paket

  99. Yolla mengatakan:

    Pak masa tahun sekarang 20 paket?

  100. bimo mengatakan:

    20 paket..selo. yg penting kta belajar n berdoa.oke!!!

  101. dhion smansa dupit mengatakan:

    kami hanya bisa menerima dgn lapan dada klu memang jadi 20 paket
    Dan kami hanya bisa berdoa dan belajar agar semuanya lulus

  102. Anonymous mengatakan:

    lagian kan walaupun 20 paket kita cuma ngerjain 1 doang gak semuanya kita kerjain. percuma mau 20 paket juga karna kecurangnnya dari DINAS sendiri. un tdk menentukan murid itu pintar atau tidak

  103. alamsyah mengatakan:

    mikir.y cuma dapet uang ja..

  104. Anonymous mengatakan:

    asslam…
    dengan rasa hormat….
    apkah kptusan 20 paket baik untuk siswa se tanah air……., bnyak kmampuan otak anak yg krang maupun lebih……………, 12 thun sekolah pa hrus d hmbat 4 hri dan 8 jam dlm 20 paket…………
    smga kptusan itu baik untuk semua…..

    yng pnting kita berdo’a dn bljar , brusaha smaksimal mungkin….

  105. Anonymous mengatakan:

    kita cma bsa mnrima…

    pa blh buat

    yakin lw kita bisa

  106. ojik mengatakan:

    kenapa sih pemeritah eguwis banget napa nggak mikirin sekolah-sekolah yang ada di pelosok sarana dan perasarananya belom tercukupi bgaimana bisa jawap soal un yang 20 paket

  107. Anonymous mengatakan:

    Pemerintah ,memang tdk adil.
    Masa yg tahun ini menjadi 20 paket.sedng kn yg thun kmaren aja 5 pket.kalau pemerintah ingin mningkat kn pendidikan d indonesi tdk sprti itu cara nya..
    Coba jgn mkirin korupsi , uang yg yg d tngan pemerintah itu di sodkoh kn d skolah yg kurang mampu.. Itu tjuan nya sudah mningkt kn pendidikan d indonesia,dri bntuan trsbut..
    Org kalau sudah smakin pintar kox jd kex gk punya otak..

  108. Anonymous mengatakan:

    tidak adil pemerintah knpa harus memakai barcode dan soal tidak sma dgn soal kiri dan kanan kita …
    Pmrnth tidak adil…
    kalao brgtu crnya ,mndng Ujian nasional itu gak usah ada d dunia ne…
    Buat stress …
    Siapa setuju barcode tdk ada”’?????
    Siapa stju soal pket tdk 20variasi…??

  109. liana mengatakan:

    tidak adil pemerintah knpa harus memakai barcode dan soal tidak sma dgn soal kiri dan kanan kita …
    Pmrnth tidak adil…
    kalao brgtu crnya ,mndng Ujian nasional itu gak usah ada d dunia ne…
    Buat stress …
    Siapa setuju barcode tdk ada”’?????
    Siapa stju soal pket tdk 20variasi…??

  110. hamdan mengatakan:

    andai saja UN di tiadakan dan kelulusan siswa di berikan kepada pihak sekolah , mungkin gak ada lagi kecurangan . dengan 20 paket apa pemerintah bisa menjamin kelulusan 100%? itu tidak mungkin , kasian dengan siswa/siswi yang tidak lulus , pasti mereka akan bunuh diri. apa pemerintah akan bertanggung jawab dengan semua itu ? kapan indonesia bisa jadi negara maju kalo begini caranya ? seharus nya pemerintah berfikir dulu sebelum melakukan sesuatu . pemerintah tidak akan bisa bertanggung jawab atas korban korban yang bunuh diri akibat frustasi karna tidak lulus . kalo memang pemerintah bisa menanggung semua korban yang meninggal akibat bunuh diri karna un, silahkan lakukan un dengan 20 paket . saya selaku siswa merasa sangat tertekan dengan semua ini . tolong pemerintah pertimbangkan semua ini .
    urus dulu masalah negara yang belum selesai , pendidikan akan maju kalo seandainya pemerintah bertindak dengan sebijak bijak nya . jgn mentingin diri sendiri.

  111. adlan mengatakan:

    Knp mesti 20 paket sih ?? Nanggung, bila perlu pengawasnya ganti pakek DENSUS 88 yang pegang senjata di tiap bangku peserta UN . Yang goyang sedikit atau noleh sedikit kepalanya langsung tembak mati di tempat. Kan kalo kayak gitu gak banyak siswa yang bunuh diri karna gak lulus dan gak banyak pengangguran di negara ini . #depresioverdosis

  112. alib barokah mengatakan:

    kenapa harus 20 paket membuat saya mederita otak saya aja pejabat dan pemerintah seharus nya mensikapi nya UN di tahun 2013 ini begitu berat rasanya uji coba 3x aja saya cumak dapat nilai 3,25 membuat saya derop saja..

  113. brown bags mengatakan:

    This is a topic which is near to my heart… Thank you!
    Where are your contact details though?

  114. Anonymous mengatakan:

    Saya sbgi pelajar juga merasa tertekan dg 20 paket UN thn ini tpi mw bgaimna lgi ini sudah mnjdi peraturan pemerintah mw gk mw qta hrus mngikuti.a,,,,shrusx pemerintah mlhat thn” yg llu hnya 5 pket sja msih bnyk yg blm mengcukupi nilai standar apa lgi 20 pket hmm….

  115. Anonymous mengatakan:

    Memang pemerintah otaknya sudah koplak,ktanya sih meminimalkan kcurangang.pd hal dg sistem paket soal yang sekarang malah mmbuat kcurangan itu lebih besar…lau d lihat dr pngalaman yang sudah2,siswa siswi jika mngerjakan dg cara jujuran pasti tidak banyak yang lulus…itu malah mmbuat anak dan ortu jdi gila…bunuh diri,

  116. brown bags mengatakan:

    Excellent website you have here but I was wondering if you knew of
    any discussion boards that cover the same topics talked
    about in this article? I’d really love to be a part of group where I can get feed-back from other experienced people that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Thank you!

  117. Orang flores mengatakan:

    PEMERINTAH GA TAU DIRI……….CUMA TAU MEMENTINGKAN KPRIBADIANNYA SNDRI……

  118. Beni Ansyah mengatakan:

    saya keberata atas perubahanpaket un 2012-2013

  119. Beni Ansyah mengatakan:

    kenapa mendadak sekali perubahan paket soal un kenepa

  120. Muhamad mengatakan:

    Haduuh,,,,,coba liat siswa yang panik sma un kebanyakan prustasi dan sbagian musrik karna belain lari ke dukun gx mkirin akibat yang akan terjadi sma siswa,,,,bukan hanya merusak negara tpi merusak kepercyaan agama,,,miris.

  121. TEAA mengatakan:

    UN 2013 KACAU.. SOAL TERLAMBAT DATANG, SOAL SALAH TEMPAT, SOAL SALAH MAPEL.. KERTAS JELEK, APA BISA DENGAN 20 PAKET YANG KATANYA MENAIKAN MUTU PENDIDIKAN ? KALAU BEGINI HANYA MENGHANCURKAN MUTU PENDIDIKAN… KELAHIR 95/94/93 SELALU JADI KELINCI PERCOBAAN.. INDONESIA MAKIN TERTINGGAL !!!!!!!

  122. agie mengatakan:

    ok kalo soalnya enak, kalo pait..

  123. Baju Bayi mengatakan:

    Wow, superb blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is great, as well as the content!. Thanks For Your article about UN SMA Tahun Ajaran 2012/2013 Jadi 20 Paket dan Hasil UN Untuk Seleksi Masuk PTN | Pagar Alam dot Com .

  124. Buku Soal mengatakan:

    Rasanya sangat tidak adil dengan soal yang berbeda beda gitu…

  125. Anonymous mengatakan:

    pemerintah jangan membuat siswa siswi kewalahan! Dari X11 ipa.

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.554 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: