Menyelesaikan Soal Matematika dengan WolframAlpha

Istilah “Matematika itu sulit” bagi sebagian siswa sekarang ini bisa teratasi dengan adanya kemajuan dunia IT. Beberapa materi pembelajaran Matematika seperti aljabar,trigonometri, dan kalkulus bisa dengan mudah diselesaikan. Sebagai contoh dalam menyelesaikan soal matematika kian menjadi mudah, caranya kita bisa menggunakan salah satu software matematika dan  menyelesaikan soal matematika secara online. Salah satu situs yang menyediakan layanan penyelesaian soal secara online adalah WolframAlpha.
Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara menggunakan situs tersebut :
  • Buka WolframAlpha.
  • Tuliskan soal yang akan diselesaikan pada kotak yang tersedia. Misal kita akan menyelesaikan persamaan kuadrat  x2 – 6x + 5 > 0. Ketiklah x^2-6x+5>0 pada kotak yang tersedia seperti gambar berikut ini

  • Tekan Enter atau klik tanda “sama dengan” yang berwarna merah dan terletak di pojok kanan atas kotak.
  • Tunggu beberapa saat maka penyelesaian akan muncul. Perhatikan gambar di bawah ini

Sangat mudah bukan…??? Namun bagi siswa/siswi yang menggunakan software ini harap dengan bijaksana menggunakannya. Maksudnya dalam menyelesaikan pekerjaan Matematika janganlah berorientasi pada hasil, namun yang perlu lebih diperhatikan adalah bagaimana proses penyelesaian dalam memperoleh jawaban tersebut.

 

Artikel Lainnya :

 

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Menyelesaikan Soal Matematika dengan WolframAlpha

  1. Anonymous mengatakan:

    makasih om.. izin coba dan share ya om..

  2. sindy mengatakan:

    seorang petani memerlukan paling sedikit 30 unit zat A dan 24 unit zat B untuk pupuk tanaman lahanya. kedua zat kimia itu dapat di peroleh dari pupuk cair dan pupuk padat. setiap botol pupuk cair seharga Ro.20.000; mengandung 5 unit zat A dan 3 unit zat B , sedangkan setiap kantong pupuk padat seharga Rp.16.000; mengandung 3 unit zat A dan 4 unit zat B. buatlah model matematika, sehingga petani dalam membeli dua jenis pupuk tersebut mengeluarkan biaya seminimal mungkin, kemudian cari himpunan penyelesaian dan jumlah uang yang di keluarkan seminimal mungkin !
    tolong bantu

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.733 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: