Menghadapi Kurikulum 2013 Dengan Mengadakan Pelatihan Master Teacher Bagi Guru

master teacherKonsep pelatihan para guru dalam menghadapi kurikulum 2013 akan dilakukan dengan menggunakan metode master teacher. Guru-guru berprestasi dan memiliki skill atau kemampuan mengajar yang baik akan dilatih terlebih dahulu untuk kemudian menyampaikan ilmu yang didapat kepada guru yang lain. “Bisa guru juara lomba nasional, guru teladan nasional, guru terbaik di sekolah-sekolah swasta, negeri, sekolah internasional, ada juga sebagian dosen dan praktisi sebagai pelatih. Mereka yang akan memberikan pelatihan ke guru-guru yang akan menjadi master teacher,” jelas Mendikbud Mohammad Nuh di ruangannya, pada Selasa (11/12) lalu.

Tiga hal yang penting dalam pelatihan guru ini adalah materi pelatihan, target guru yang dilatih, dan metode pelatihan yang digunakan. Guru yang mendapat prioritas pelatihan adalah guru kelas I, IV, VII, dan X dengan materi seputar konsep kurikulum baru. “Sebenarnya, opsinya kan ada beberapa terkait teknis pelaksanaan. Tetapi, kemungkinan besar adalah diterapkan pada kelas I, IV, VII, dan X,” ujar Menteri Nuh.

Ia menjelaskan, setiap pelatihan nantinya akan selalu ada pre-test dan post test. “Dari situ kita lihat master teacher terbaik. Sehingga kita punya stok master teacher,” katanya. Salah satu tujuan konsep master teacher ini adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri guru, dan memotivasi guru  untuk berprestasi.

Guru-guru yang akan dipilih untuk mengikuti pelatihan menjadi master teacher tidak hanya berasal dari kota besar, tetapi juga dari tingkat kabupaten. “Kita ingin membangun atmosfer supaya guru berlomba untuk berprestasi. Karirnya tidak hanya berupa tunjangan profesi, pangkat, tapi ada status yang lain, yaitu master teacher,” tutur Menteri Nuh.

Pelatihan guru akan dilakukan secara paralel dengan pelatihan master teacher, yaitu berupa angkatan. “Begitu angkatan satu master teacher selesai dan dinyatakan qualified, dia langsung terjun ke lapangan, training guru-guru di mana-mana,” terang Mendikbud. Sementara angkatan master teacher yang pertama melakukan pelatihan untuk guru-guru, pelatihan angkatan kedua untuk master teacher terus dilakukan, dan seterusnya. Dalam menjalankan pelatihan guru tersebut, Kemdikbud akan terus menjamin quality control para guru yang menjadi peserta pelatihan.

Sumber : Kemendikbug.go.id

 

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

9 Responses to Menghadapi Kurikulum 2013 Dengan Mengadakan Pelatihan Master Teacher Bagi Guru

  1. wenny alsam mengatakan:

    Jika sistem ini yang akan dijalankan maka saya sangat yakin akan membawa dampak yang baik dan lebih terasa pada pelatihan yang akan diberikan, secara pribadi sih saya pernah ikut pada sebuah pelatihan yang kalo saya lihat polanya hampir sama dengan apa yang akan diterapkan oleh pemerintah sekarang, saat itu kebetulan di handle oleh IALF BALI dalam sebuah program ENGLISH LANGUAGE TEACHERS TREANING FOR ISLAMIC SCHOOL (LAPIS-ELTIS) program kemitraan Australia dan Indonesia dalam hal ini kementrian agama dalam rangka peningkatan kualitas guru madrasah dalam pengajaran bahasa inggris dan sebagai object sekaligus subject dalam kegiatan tersebut betul-betul mampu lebih tepat sasaran dibandingkan dengan pelatihan2 yang bersistem lain yang pernah saya ikut .

  2. Aris Haryanto mengatakan:

    Mohon informasi pelatihan untuk sosialisasi kurikulum 2013, mksh

  3. Ping-balik: Download Paduan Bintek Implementasi Kurikulum 2013 « Pagar Alam dot Com

  4. Ping-balik: Wow 666 instruktur kurikulum baru Direkrut Kemendikbud | Pagar Alam dot Com

  5. Ping-balik: Download Paduan Bintek Implementasi Kurikulum 2013 | Rachmat_Suryadi

  6. Ping-balik: Nasib Guru TIK Setelah Kurikulum 2013 Diberlakukan | Pagar Alam dot Com

  7. Ping-balik: Bagaimana Nasib Guru TIK Setelah Kurikulum 2013 Diberlakukan • Guraru

  8. Ping-balik: Nasib Guru TIK Setelah Kurikulum 2013 Diberlakukan | KKG TIK BABAT

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.665 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: