Informasi OSN Guru 2013

osn guruDalam rangka membangun komitmen guru dalam peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran dan menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK dan PMP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2011 menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional Guru (OSN-Guru).

Kegiatan OSN-Guru dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional dengan mekanisme:

  • Pada tingkat kabupatenlkota seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Materi soal disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota berdasarkan kisi-kisi/cakupan materi yang ditetapkan oleh Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. Materi soal mencakup kompetensi pedagogik dan profesional atau penguasaan bidang studi, dilaksanakan antara bulan Mei-Juni 2013.
  • Pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Materi soal disiapkan oleh Pusat Pengembangan Profesi Pendidik. Materi soal mencakup kompetensi pedagogik dan profesional atau penguasaan bidang studi, dilaksanakan pada bulan Juli 2013.
  • Pada tingkat nasional seleksi dilakukan melalui:

  1. Tes tertulis penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional, tes eksperimen, dan presentasi pembelajaran berbasis eksperimen untuk lPA, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  2. Tes tertulis penguasaan kompetensi pedagogik dan ‘ profesional, workshop pembelajaran, dan presentasi pembelajaran untuk Matematika.
  3. Materi seleksi dan soal disiapkan oleh Pusat Pengembangan Profesi Pendidik.

Untuk Bidang yang direncanakan akan dilombakan:

  • Guru kelas SD
  • Matematika : untuk guru$MP-dan guru SMA/SMK mata pelajaran Matematika.
  • lPA  : untuk guruSMP mata pelajaran lPA.
  • Fisika : untuk guru SMA mata pelajaran Fisika.
  • Kimia : untuk guru SMA mata pelajaran Kimia.
  • Biologi : untuk guru SMA mata pelajaran Biologi.

Persyaratan Peserta
a. Guru unggul/mumpuni dilihat dari kompetensi pedagogik dan profesional:

  • Kompetensi pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya;
  • Kompetensi profesional tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya.

b. Guru yang menghasilkan karya kreatif atau inovatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan menuangkannya ke dalam risalah singkat dengan sistematika dasar terlampir. Karya kreatif atau inovatif tersebut tercermin dari:

  • Proses dan produk pengembangan (inovasi) dalam pembelajaran IPA, Matematika, Fisika, Kimia atau Biologi;
  • Proses dan produk atau penemuan teknologi tepat guna dalam bidang lPA, Matematika, Fisika, Kimia atau Biologi.
  • Peserta OSN-Guru tingkat nasional, diwajibkan menyerahkan:

a) Risalah sesuai dengan sistematika yang tertuang pada Pedoman Pelaksanaan OSN-Guru Tahun 2013 (akan disampaikan pada awal tahun 2013).
b) Satu karya ilmiah/karya pengembangan profesi perorangan yang pernah dihasilkan (bukan skripsi, thesis atau disertasi).

Adapun Kegiatan OSN-Guru Tingkat Nasional Tahun 2013 direncanakan akan dilaksanakan bersamaan dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke Xll untuk siswa pada bulan September 2013 di Bandung, Jawa Barat. Semoga bermanfaat…

Download lnformasi Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional Guru (OSN-Guru) Tahun 2013

 

 

 

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.857 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: