Mulai 2013, Tunjangan Profesi Langsung Transfer Rekening Guru

tunjangan sertifikasiSebuah khabar yang sungguh menggembirakan bagi segenap guru-guru di tanah air. Pasalnya mulai tahun 2013 uang tunjangan profesi guru akan langsung disalurkan ke rekening guru, tidak lagi melalui pemerintah kota/kabupaten. Kebijakan ini dilakukan karena penyaluran dana lewat pemerintah kota/kabupaten sering kali dananya terlambat diterima guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah sangat serius menyelesaikan persoalan tunjangan profesi guru yang sering kali uangnya terlambat diterima guru. Mulai tahun ini sebanyak Rp 7,6 triliun tunjangan guru sepenuhnya disalurkan melalui pemerintah pusat. Tunjangan itu meliputi tunjangan fungsional non pns, tunjangan profesi, tunjangan khusus bagi guru di daerah terpencil dan tertinggal, dan tunjangan kualifikasi bagi guru yang melanjutkan ke DIV atau S1. Sebelumnya, pada tahun lalu, sebanyak Rp 5,7 triliun tunjangan guru disalurkan melalui dekonsentrasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (6/2/2013).

Anggaran tersebut dialokasikan bagi sebanyak 629.044 guru. Jumlahnya meningkat dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 610.685 guru. Dari anggaran tersebut, sebagian anggaran digunakan untuk tunjangan fungsional guru non pns daerah atau guru swasta dan yang belum mendapatkan tunjangan profesi karena belum sertifikasi.

 “Alasan ditariknya anggaran fungsional ke pusat supaya efektif. Tahun lalu penyalurannya sering terlambat. Oleh karena itu, (sekarang) ke pusat supaya lebih efektif,” katanya.

Mendikbud menyebutkan, pada tahun ini sebanyak 321 ribu guru akan menerima tunjangan fungsional tersebut. Jumlah ini berkurang dari tahun lalu sebanyak 339.573 guru. Menurut Mendikbud, penurunan jumlah penerima tunjangan ini karena sebagian guru swasta telah mendapatkan tunjangan sertifikasi. “Tunjangan fungsional diberikan kepada guru yang belum sertifikasi,” katanya.

”Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, pemerintah pengambil kebijakan akan menyalurkan langsung dana itu ke tangan guru,” kata Nuh saat evaluasi program pendidikan 2012 dan rencana tahun 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pekan lalu, di Jakarta.

”Kami menyadari ini pekerjaan rumah yang sulit. Kami akan kawal dana itu agar benar-benar sampai di tangan guru,” ujar Nuh.

Dari total anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 337 triliun di tahun 2013, pemerintah mengalokasikan Rp 43 triliun untuk tunjangan profesi guru. Besarnya tunjangan profesi guru satu kali gaji pokok guru.

Banyak potongan

Menanggapi hal ini, Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo berharap, tahun 2013 pembayaran tunjangan profesi guru akan lebih baik.

Dalam soal tunjangan profesi guru, kata Sulistiyo, masalah yang muncul antara lain banyaknya guru yang belum mendapat tunjangan profesi walau sudah lolos sertifikasi. Kalaupun menerima, dana itu sering terlambat hingga enam bulan. Selain terlambat, uang yang diterima guru tak utuh karena dipotong dinas pendidikan daerah dengan berbagai alasan. Kalaupun tidak dipotong, saat pencairan tunjangan profesi, guru diharuskan membeli berbagai perlengkapan pendidikan seperti laptop yang harganya lebih mahal dibandingkan harga pasar.

Sulistiyo juga menyoroti sulitnya guru swasta serta guru honorer mendapat tunjangan profesi. Saat ini dari sekitar 2,9 juta guru di berbagai jenjang pendidikan, sekitar 1,7 juta berstatus guru pegawai negeri sipil (PNS) dan sekitar 1,2 juta guru non-PNS, baik guru swasta, guru bantu, guru honorer, maupun status lainnya.

Dari rencana program pemerintah tahun depan, ujar Sulistiyo, tidak terlihat adanya rencana mengatasi kekurangan guru SD, tenaga administrasi, perpustakaan, dan laboratorium di sekolah. Persoalan tenaga kependidikan ini tidak pernah disentuh pemerintah pusat. ”Meski menjadi urusan daerah, tetap harus ada solusinya ketika daerah tidak menjalankan kewajibannya,” kata Sulistiyo.

 

Sumber : Kompas.com

 

 

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

134 Responses to Mulai 2013, Tunjangan Profesi Langsung Transfer Rekening Guru

  1. Anonymous mengatakan:

    Thanks atas informasinya, sungguh sangat bermanfaat bagi kita guru

    • Anonymous mengatakan:

      apa gak buang buang duwit aja buat tunjangan profesi guru. lebih baik naikan aja 50% buat gaji guru dan yang 50% nya lagi buat bayar guru2 GTT dan PTT. banyak GTT dan PTT yang terlantar. dan sertifikasi saya pikir tak ada gunanya. hanya buang buang duwit.

      • Indah Widyaningrum mengatakan:

        Tetap aja pencairannya tidak tepat waktu. Molooor… Padahal bayar hutang tidak bisa molooor

        • armansyah mengatakan:

          Saya mau bertanya dan minta saran ; sampai sekarang dana tunjangan sertifikasi saya sampai saat ini belum ADA mulai tahun 2013, beberapa kali disdik kab. sudah dihub. jawabannya tunggu aja kalo SK dah ada, Net Present Value,…. nah, mungkin kmana harus ditanyakan … mohon masukannya terima kasih.

        • Anonymous mengatakan:

          sama

  2. arif suswanto mengatakan:

    Kabar yg sangat bagus sekali itu! Terima kasih moga saja kabar tsb bukan kabar burung! TPP langsung cair ke rekening masing2 guru dan moga lancar tiap bulan …

  3. Anonymous mengatakan:

    mudah2n terealisasikn ….amiin…

  4. Anonymous mengatakan:

    semoga kabar ini benar adanya. trima kasih atas kabarnya

  5. Surahno mengatakan:

    Kala terbukti ini baru ada kepedulian, tapi klo tidak janji isapan jempol belaka

  6. nurdin mengatakan:

    orang beriman itu melaksanakan amanah……semoga yang dijanjikan terlaksana dengan baik, amin.

  7. Nursari Manullang mengatakan:

    Terimaka kasih Kepada Bapak Menteri Pendidikan.
    Semoga Dengan Lancarnya Tunjangan profesi Itu, Guru/Dosen Semakin Mencintai Profesinya, Tidak Ada Lagi Guru/Dosen Yang Malas Mengajar, Dan Semua Guru Yang Sudah Menerima tunjangan Itu semoga mau mengevaluasi diri, dan tanggap terhadap perkembangan zaman, demi anak Bangsa (siswa).

    Dan bagi rekan guru/dosen yang belum menerima, sabar….indah pada waktunya.

    Salam Pendidik (Garam Untuk Rakyat Umum)

    • Anonymous mengatakan:

      tapi kabar langsung kerekening hanya isapan jempol, nyatanya sampai sekarang belum terima, dan uangnya masih tetap masuk kerekening pemda

      • aminia kiswardani mengatakan:

        benar….. karena sampai sekarang, sebagian guru di wilayah kabupaten Malang Jawa Timur tri bulan I dan II buuuanyak yang belum cair. Mohon perhatiannya…..

  8. Padi mengatakan:

    Gak benar kalau tunjangan profesi guru tahun 2013 cair dengan cara transfer langsung ke guru, karena PMK tahun 2013 udah turun, sama cara pencairannya dengan tahun lalu bahkan lebih rumit karena uang yang dikucurkan cukup banyak dibanding tahun lalu…

  9. Anonymous mengatakan:

    Sy tidak setuju kalau fungsional hanya guru honor yang 24 jam. Tp semua guru honor yng masuk kategori 2. Jngn lihat jam nya. Tidak adil. Bagaimana dengan sekolah kecil. Apalagi PNS ser dan sertifikasi harus 24 jam. Sy Sangat kecewa.

  10. sasmitojoko@yahoo.com mengatakan:

    Perubahan teknis penyaluran tunjangan guru dari daerah oleh pusat apakah ini menggambarkan bahwa petugas administrasi di pemerintah daerah kurang rapi dibanding pemerintah pusat……..? Guru butuh uang pemerintah daerah butuh dana, pengalihan penggunaan dana dari uang guru jikalau sekali lagi jikalau sepengetahuan pihak guru maka akan menjadi andil guru dalam peran anggaran daerah. Tapi realita yang ada di daerah, wowwwww………..guru tidak tahu dan tidak diberitahuuuuuu…………..! Semoga permasalahan ini menjadi pijakan untuk semua elemen pemerintahan untuk melayani secara prima dan bijaksana………Salam Guruuuuu………..!

  11. yanto mengatakan:

    bagaimana dengan sekolah yang baru mendapatkan ijin orerasional dan belum mengajukan tunjangan fungsional

    • yanto mengatakan:

      kami mengharap mengadakan data ulang dari tingkat RA sampai tingkat MA atau pemerintah pusat bisa cek lembaga yang baru

  12. tedy mengatakan:

    trima kasih tas tunjangan yg hari ni sdah cair…tunjangan fungsional bagi sy sangat membantu banget untuk biaya khidupan keluarga n biaya kuliah sy….!!! fungsional cair langsung melalui Atm tu sangat bagus sekali…sy sangat mendukung 100%…

    • syarif fuad mengatakan:

      kenapa yang lainnya sudah d teransfer kok ada sebagian yang belum di teransfer?????

    • Anonymous mengatakan:

      maaf bapak bagaimana cara bapak mengecek tunjangannya,,,,,?????itu bapak bilang sudah cair..emang bapak guru SD , SMP, atau SMA..trma kasih

  13. Yenita sari mengatakan:

    Apakah yg menerima tunjangan fungsional tu,harus guru honor yang jam mengjarnya 24 jam? Trs,gmana yg tdk 24 jam? Bls y

  14. iwan tekulebu mengatakan:

    Praktek mafia tunjangan telah dilakukan oleh oknum dinas pendidikan konawe dengan modus mengusul data guru yang tidak memenuhi syarat sebagai penerima tunjangan daerah khusus, seakan-akan mereka layak menerima padahal kenyataannya tidak layak. Sehingga pada saat pencairan telah dilakukan,guru-guru tersebut wajib menyetorkan sejumlah uang hingga 50 persen sebagai bentuk trimakasih. Praktek ini telah merugikan guru2 yang benar-benar memenuhi syarat krn tidak diusul krn alasan kuota terbatas

  15. Anonymous mengatakan:

    Tunjangan profesi guru yang tidak sesuai dengan golongan dan masa kerja / berbeda dengan sebelumnya mengurusnya bagaimana ? Golongan saya III / d masa kerja 16 th, seharusnya Rp 2.957.500,00 potong pajak.

  16. bambang sadtiyono mengatakan:

    pada hari ini jumat tgl 12 April 2013 kok tunjangan sertifikasi guru tahun ini belum cair katanya pada tgl 9-16 april 2013 mohon yang kawogan memberikan penjelasan kapan cairnya

  17. nurdianawaty mengatakan:

    Ass. Pak Mendikbud (Muhammad Nuh) dan kendikbud, kenapa tempat Diana mengajar menjadi guru honor di SDN Gedung Harapan Lamsel tidak dapat Tunjangan profesi dan Tunjangan fungsional, padahal Diana sudah ngajar lama sekali Tanggal 1 Januari 2005 (sudah terhitung/ngabdinya 8 Tahun 4 Bulan) dan sudah S1 PAI (tetapi diana ngajarnya guru kelas) dan Kapan ada pembukaan lagi /pendaftaran lagi untuk Tunjangan profesi dan Tunjangan fungsional?.. Wass.

  18. Anonymous mengatakan:

    Kenapa gaji guru bantu tidak cair sampai sekarang? Januari-april.alasan blum dianggarkan. Knapa guru dbodohi dg alasan seperti itu? Miris betul guru bantu ini. Mengajar dg perut kosong

  19. Anonymous mengatakan:

    Terimakasih atas terobosan baru ini, dan semoga berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan pemerintah dan guru, ……. amiiiin,
    Namun tetap harus di awasi baik melalui wartawan dan atau media lain semisal keluhan di internet, Hal ini karena mereka punya kuasa dan banyak cara semisal dikumpulkan dengan acara pembina’an intinya pungli terselubung, dan lain-lain …….. !!!!!??????

  20. AHMAD YANI mengatakan:

    JANGAN BURU-BURU TETAPKAN SK TUNJANGAN KHUSUS,LIHAT KEMBALI DONG DAPODIK YANG MASUK

  21. Anonymous mengatakan:

    setuju seluruh tunjangan guru langsung dari Pusat, karena di kabupaten Jypura ada daftar nama-nama guru penerima tunjangan tahun 2012, tapi tidak diterima sampai sekarang. alasan yg menangani masih daftar usulan.

  22. Anonymous mengatakan:

    terima kasih , jika memang hal ini terealisasi, mudah – mudahan kita sebagai penerima tunjangan sertifikasi akan lebih giat lagi berjuang demi putra putri bangsa yang maju dan berprestasi! amiin

  23. Eni Pujiastuti mengatakan:

    terima kasih , jika memang hal ini terealisasi, mudah – mudahan kita sebagai penerima tunjangan sertifikasi akan lebih giat lagi berjuang demi putra putri bangsa yang maju dan berprestasi! amiin

  24. susiana mengatakan:

    Bagaimana cara melihat perkembangan berita tunjangan profesi guru swasta?

  25. ABDUL mengatakan:

    KALAU PUN PEMERINTAH
    ADIL SEHARUSNYA GAJI TUNJANGAN FUNGSIONAL UNTUKGTT JUGA HARUS DINAIKKAN KALAU BISA SAMPAI 1 JT LAH MINIMUM,KITAKAN SAMA2 HANYA STATUS YANG MEMBEDAKANNYA,,MALAH KERJANYA MANTAP YANG GTT LO

  26. smpn2suradeanonim mengatakan:

    saya guru honorer mengajar di smp negeri di sukabumi selatan, setiap 3 bulan menerima tunjangan fungsional sebesar 800rb, setiap cair dinas pendidikan setempat meminta jatah 200rb, dan kalau cair 6 bulan 1,6 jt maka dinas pendidikan setempat akan meminta bagian 400rb/orang, dinas pendidikan setempat mengancam (lewat kepla sekolah yg disampaikan ke guru hnor yg menerima fungsional) akan mencoret (tdk menerimaa tunjangan fungsional lagi) guru honor yg tidak mau dipotong tunjngan fungsioanlnya. SUNGGUH TIDAK ADIL MASIH ADA SAJA FUNGLI.

    April sekarang tahun 2013 ada peningkatan nominal tunjangan fungsional sebesar 1,7jt masuk ke rekening per tiga blan.Entah berapa rupiah dinas pendidikan meminta jatah sekrng…TOLONG UNTUK YG BERWENANG TINDAK LANJUTI PERMASALAHAN INI. INI TERJADI DI DINAS PENDIDIKAN SURADE.

    • enjoy mengatakan:

      jaman begini masih ada pungli. Yang begitu mah kudu di BOM……:…..

    • Ludi mengatakan:

      Gaji sudah gede ….. eh fungli lagi… fungli lagi, eh ini dinas pendidikan lagi. bukannya memberikan contoh pendidikan yang benar eh fungli lagi…. cape. Dinas pendidikannya sudah gitu bagaimana yang dididiknya eh bagaimana juga dengan anak kita yang didiknya….

  27. deta mengatakan:

    betul teman dirancaekek pun tidak beda para pengurus meminta infaq dari tf 200 rb/orang. padahal mereka sudah makan gaji gede

  28. ludianto mengatakan:

    Trims.atas infonya

  29. Syifa Syahid mengatakan:

    kok lom ada juga transferan uangnya….???
    katanya batasan transfer hari ini tp blum ada jg.
    gmn nich infonya wadul

  30. yanto, s.Pd.I mengatakan:

    saya mengajar kelas III dan masuk kategori 2, tapi kok tidak dapat tunjangan fungsional?

    • Anonymous mengatakan:

      Dr informasi tunjangan profesi guru swasta cair tgl 9 – 16 apri 2013.betulkah?lantas kekurangan tunjangan th 2012 sebanyak 2 bulan bgm?

  31. Fatur Thok mengatakan:

    Ternyata 2013 tunjangan profesi tidak langsung masuk ke rekening.
    Bahkan lebih parah untuk dikdas, gara-gara DAPODIK.

  32. Anonymous mengatakan:

    setuju dan untuk segera di alokasikan

  33. Anonymous mengatakan:

    Kapan cair ? Kok gak terim-terim? Yang gak punya rekening gimana?

  34. eka mengatakan:

    sy heran, dan mau tanya, sudah beberapa kali sy mengajukan pendaftaran untuk sk tunjangan fungsional sampai saat ini tidak ada tanggapan sama sekali dari dinas pendidikan, masa kerja sy sudah hampir 13 tahun bahkan sk sertifikasi sampai saat ini, seolah tidak berguna, masalahny tidak pernah ada pencairan/ sk sertifikasi tidak dibagikan kepada guru yang berhak oleh dinas setempat?

  35. I kadek ariana,S.Pd,SD mengatakan:

    Kami berharap kpd pmerintah agar segera mengangkat guru honorer k2 thn ini,kalo memang masih bnyak kekurangan guru didaerah2 dan kbetulan kmi guru honorer k2.

  36. maesaroh mengatakan:

    sya guru honor alhmdllh mngjr ckp lama hmpr 10thn,n blm prnh mndptkan tunjangan fungsinal apapun dr pertama untuk pngumpulan data sya slalu mngajukan,kbnyakan malah honor yang baru mngjr bbrpa thn yg mndptkannya,hnya skdr ingin tahu bgmna mekanisme dlm memilih yg dpt atau tdknya…trmakasih skdr unek2 yg mengganjal n hrs diperjuangkan mengingat honorer byk membutuhkannya.

  37. pakhamb mengatakan:

    Reblogged this on TempatKu Belajar Berbagi.

  38. Anonymous mengatakan:

    Kpan siih tunjanggan fungsional cair….
    Guru kelaperaaaaan nich…

  39. kkgtikbabat mengatakan:

    Reblogged this on KKG TIK BABAT.

  40. Anonymous mengatakan:

    saya hanor sejak 2007.di SD 27 tapian kandis.kcm.palembayan.kab agam.sumatra barat.tapi belum pernah dapat tunjagan fungsional.saya arna fitria .nuptk(4061761663300063)Data sdh sy masukan ke dinaspendidikan kab.agam.tapi tak ada respon..maff kalau semua ada pihak yg tersinggu.terutama dinas pendidikan.kurang lebih 6 th saya honor.saya tak ada niat untuk meyingung pihak manapun.saya berharap dinas pendikan pusat bisa mempertimbangkan saya.wslam arna fitria.dan afdal fajri

  41. Anonymous mengatakan:

    yang biasa dapatpun skrg ga dapat…
    pemerintah kacrut

    • Anonymous mengatakan:

      woooi kalau gak mau kasih uang tunjangan jangan tunda-tunda dong.bikin orang penasaran ni.

      • guruku mengatakan:

        mau ngasih nggak rela, lepas kepala ekornya dipegang, dr pd ngasih nggak rela yg akhirnya nggak berkah, lbh baik tdk usah skalian jd kita nggak nunggu2, nggak buat dosa, curiga terus sama pemerintah, tp mmg knyataanya gtu. nasibmu guru.

  42. olmas matelesi mengatakan:

    saya guru honor di SD Negeri sudah kurang lebih 9 tahun baru mendengar adanya tunjangan fungsional khusus guru honor pertanyaan saya siapa yang berwenang mengajukan tunjangan tersebut pihak sekolah, upt, atau dinas dan syarat-syaratnya apa untuk mendapatkan tunjangan tersebut atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

  43. lambertus bere lekik mengatakan:

    bagimana dengan ke tambahan 7 persen belum di muat?mengapa begitu?

  44. Anonymous mengatakan:

    mengenai tunjangan daerah khusus,,, kenapa ya,,, ada yg thn lalu dpt,, tp thn berikutnya nggak,,,,

    • Anonymous mengatakan:

      msh mending dpt, sy tunjangannya entah dimakan siapa?
      dlm SK nama jelas tercantum tp nuptk keterangannya dlm pengurusan, alasan se sepele ini membuat sy tdk dpat. padahal sy sdh 3 tahun dpt nuptk. berbagai alasan mudah sj dibuat. siapa yg tahu kebenarannya??

  45. Anonymous mengatakan:

    subsidi daerah khusus untuk guru TK yg d daerah sulit gemana nih kbr nya ? pernah ditanyain ke diknas setempat,, tp jwbnnya gk jelas / simpang siur

  46. diana mengatakan:

    rencana doang, wong sampai sekarang TPP juga gak cair cair, bahkan kekurangan thn 2012 juga gak keluar. kebanyakan rencana yang penting kenyataannya

  47. Anonymous mengatakan:

    Aduh pak kebijakannya sekali lag merugikan guru honor, kemarin terlambat sekarang malah tidak dapa,terlalu banyak peraturan
    t

  48. Armin de Lehman mengatakan:

    Mudah-mudahan dana untuk guru daerah terpencil benar-benar tepat sasaran dan tidak adanya interfensi dinas kabupaten, apabila lewat dinas kabupaten/kota maka orang2 dekatnya yang diutamakan. contoh di kabupaten Manggarai Timur, sekolah yang benar2 terpencil justru guru2nya tidak dapat tunjangan profesi yang sudah disosialisasikan kemarin. dimana yang hadir sosialisi berkisar antara sanak saudara para pegawai dinas PPO kab. Manggarai Timur. jadi, hal ini kalau boleh diusut.

  49. usnaini mengatakan:

    kenapa susah bener ya untuk mendapatkan dana bantuan kualifikasi, mohon di perhatikan naasib guru honor seperti kami ini tunjangan belum cair cair , ngumpul berkas terus tapi kenyatannya nihil ….

  50. astri astuti mengatakan:

    minta pertolongan ke semua pihak yang di atas.
    tolonglah perhatikan kesejahtraan kami,apalagi saya sebagai guru taman kanak-kanak kab cianjur.kami semua merasa tersisihkan,seharusnya pemerintah lihat kebawah,kami pembingbing pondasi dasar anak bangsa.apalagi saya sedang melanjutkan S1,dari mana kami untuk menuntaskn nya,raihlah kami, berilah kami kesejahtraan yang layak kami terima.

  51. Irawati Hutabarat mengatakan:

    pak,tlg perhatikan kami,SKTP kami blm turun sampai saat ini padahal data kami sdh valid 2bln kemarin,tq

  52. unna mengatakan:

    Saya sebagai calon guru sangat tidak setuju dengan apa yg dilakukan Dinas pendidikan,,, banyak guru khususnya guru PAI tunjangan sertifikasinya di ulur-ulur terus oleh dinas pendidikan atau Depag,, terutama di wilayah Lampung.. apalagi jika pencairan dana nya melalui Dinas pendidikan,,, kenapa diharuskan membeli produk tertentu dengan harga yang lebih mahal dari pasaran…??? sungguh sangat memprihatinkan sistem pendidikan di Indonesia… Mohon kepada Kemendikbud agar cepat mengatasi masalah ini…

    • guruku mengatakan:

      nasib d Kutai Barat jg bgtu, bhkan ada pengawas yg pernah menanyakan k bagian keuangan pemkab Kubar kpn pncairan tunjangan profesi guru,, jawabannya sungguh ironis : ”msh bnyak keperluan lain yg lbh pnting”. itu lah potret bobroknya birokrasi d Indonesia, dr dulu guru tdk prnah dhargai.

  53. Eni Pujiastuti mengatakan:

    kena apa yah tunjangan sertifikasi blm turun juga , padahal data dah valid ?

  54. untari mengatakan:

    Yahhh semoga berita itu BENAR. tapi kenyataannya sampe sekarang dana sertifikasi guru TK Kota Tangerang sampai bulan MEI 2013 belum keluar juga. ANEHHHH yang benar mana ya pak.

  55. k3n mengatakan:

    maaf tunjangan fungsional gtt,, ada yang dipersulit pemerinth kab…katanya merugikan negara…padahal daerah banyak butuh guru dan banyak memberdayakan gtt..kok malah pusat beri dana kok dipersulit…

  56. Abu Zahro mengatakan:

    saya mendengar ada kabar, bahwa tunjangan sertifikasi akan di potong sebanyak 1 bulan jika tidak hadir lebih dari 3 hari tiap bulannya… jadi jika perbulannya ada 3 hari lebih maka bulan tersebut tidak mendapat tunjangan sertifikasi guru.. katanya instruksi dari pusat.. apakah betul..?

  57. Amanah mengatakan:

    Lum dpt apa2 br 7 thn didunia pendidikan, ntah kapan ada perhatian dr pihak terkait.

  58. Anonymous mengatakan:

    pemerintah parahhhh
    kapan fungsional akan cair??

  59. TINA mengatakan:

    KASIAN PARA GURU HONOR TERMASUK SAYA,,CUMA BISA MENEGUK AIR LIUR,,
    SEDANGKAN PNS BAHAGIA MENDAPATKAN UANG,TUNJANGAN, SERTIFIKASI N GAJIH YG NAIK
    MUDAH2AN AKU JUGA BISA SEPERTI MEREKA
    ( MENGHARAPKAN YANG TIDAK PASTI )

    • bayu mengatakan:

      memang gtu buk, nasip guru honor slalu dipijak. qt bagaikan sampah yg tiada artinya. bagaimana tidak, apa sih beda qt PNS ma honor dlm hal mengajar?saya pikir sama n bahkan qt lbih rajin dari guru PNS. pi nyatanya mereka yg mendapat hal yg melimpah. udh mini gaji guru honor, pala dpt tunjangan dipotong pulak gi smpi 30-35%. SUNGGUH TERLALU!!!

  60. bayu mengatakan:

    gk betul tu klu dana langsung dr pusat gk da potongan, buktinya saya yg di Kabupaten Serdang Bedagai paling bnyk dlm hal potongan dari dinas klu mendapat tunjangan. sampai2 ada yg dibagi 3, 2 bagian tuk guru yg bersangkutan n 1 bagian dirampas ma orng tu. gmn guru bisa jd lbih baik klu gaji guru za dipotong smpi sgitu. Nauzubillah Minzalik

  61. Andi mengatakan:

    Tunjangan Fungsional itu brp bulan sekali cairnya? dan sampai berlangsung kpn? seterusnya apa hanya untuk tahun 2013 ini aja? karena saya juga mendapatkan insentif dari kabupaten, kata Ka. UPT Dinas Pendidikan saya suru pilih salah satu, yg saya takutkan setelah pilih yg salah satu ternyata yg Tunjangan Fungsional macet karena insentif lancar per 3 bulan meski jumlahnya kecil

  62. Nurmala mengatakan:

    Asmkm..pak sy mau tanya Yg udah keuluar nama and no rekening fungsional kapan cairnya pak

    • Anonymous mengatakan:

      langsung ke bank yang ada di sk tunjangan saja.. tanya ke teller ntar pasti dtunjukan. soalnya dinas daerah tdk tahu tentang itu..

  63. Benedikta Harati mengatakan:

    Kapan dana sertifikasi Guru TK jakbar dan sekitarnya dicairkan ? Karena sampai saat ini belum kami terima..terima kasih.

  64. Siti Chotimah mengatakan:

    kapan dana insentif bagi guru tk malang dicairkan ??? sampai saat ini belum ada di rekening saya

  65. sholikin mengatakan:

    sertifikasi adalah bagus menurut rencana jika berjalan sebenarnya bagi yang bersangkutan, artinya tahu kewajiban dan melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya. tapi menurut saya masih banyak yang cenderung tidak ada perubahan dengan adanya sertifikasi. bahkan banyak GTT/PTT yang bekerja menyelesaikan tugas-tugas lembaga. bisa kita ambil contoh, ada PNS yang sudah sertifikasi dan pegang Guru Kelas, bandingkan dengan GTT yang juga pegang Kelas. disini saya bandingkan GTT tersebut harus kerjakan laporan BOS , Dapodik, dan setiap ada laporan-laporan harian yang juga harus dikerjakan, dari sini dapat kita lihat secara nyata efek negatif pada Siswa yang dipegang GTT tersebut pasti terabaikan dalam KBM. mestinya solusi ada pada kebijakan Kepala Sekolah, tp kenyataannya.??? Yang Terhormat Bpak/Ibu/ yang berwenang….pikirkanlah nasib mereka. terima kasih semua. Maju Terus Pendidikan Indonesia

  66. Marchell Sumardi mengatakan:

    saya sudah bekerja 9 thn sbg pendidik dan sudah mendapatkan tunjangan fungsional (TUFU) periode 2005 – 2008 (4 thn), tetapi knapa 5 thn belakangan ini (2009 s/d sekarang 2013 ) saya jadi dapat PSP-4, ada apa ya??????

  67. Deniria Lavau mengatakan:

    Hingga kini Sy belum dapat no rek.apalagi dananya,karena tdk ada pemberitahuan dari SuDiN maupun instansi lainnya .dinternet tdk ada namanya.padahal. Teman2 semua sdh cair daananya,padahal pemberkasan melulu tp data sy tdk lengkap karena mrk tdk mengetik atau pakai data yg lama?

  68. wahidshell mengatakan:

    semua penuh bohong belaka…….

    orang dinas hanya akan mempermaiankan pegawai kecil yaitu yang belum pegawai negeri….

    Contoh : Kec. Brangsong dan Kab. Kendal.

    hati hati para guru yg blm pns…bisa saja hanya di buat permainan…….

  69. Marfi'ah mengatakan:

    Sangat setuju biar potongan dana pencairan berkurang dan dinas pendikan daerah tidak repot lagi

  70. Anonymous mengatakan:

    saya mengajar sudah enam tahun, jam saya pas 24 JP dan setiap pengumpulan data untuk penerima tunjangan fungsional saya selalu ikut bahkan punya teman teman pun saya yang bantu melengkapi. tapi sampai saat ini, SEKALI PUN SAYA BELUM PERNAH MENERIMA UANG FUNGSIONAL TERSEBUT. MALAHAN TEMAN TEMAN YANG BARU 2 TAHUN MENGAJAR PADA DAPAT SEMUA.

    • ettya mengatakan:

      betul sekali tak ada keadilan.kasihan yg sudah wiyata lama dan bekerja keras tp sasaran justru tidak tepat, yang baru mulai wiyata aja malah sudah menikmati hasil insentif. sayangnya aduan kita tidak pernah digubris oleh pemerintah yang harusnya bertanggungjawab

  71. Anonymous mengatakan:

    katany langsung cair tunjangan profesi ke rekening tp mpe sekarang …….gak da buktinya,mpe malu dtg ke Bank nya.kpn pak cairny tunjangan profesi guru honor yg ngjr di negeri?

  72. Putra bagor mengatakan:

    “Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah sangat serius menyelesaikan persoalan tunjangan profesi guru yang sering kali uangnya terlambat diterima guru. Mulai tahun ini sebanyak Rp 7,6 triliun tunjangan guru sepenuhnya disalurkan dari pemerintah pusat langsung ke rekening guru”
    NGGA PERCAYA BUANGET AKU NICH

  73. Suci mengatakan:

    Aku udah menjadi guru paud di desa terpencil dr th 2008,kita ngerintis dr nol krn melihat banyakny anak anak dan jarak sekolah paud yg sudah ada jauh dan terkendala jalan yg becek/rusak jika hujan.makanya kami mendirikan paud dengan biaya iuran dr wali murid dan sampai sekarang kita guru baru merasakan dapat tunjangan daerah 3kali…kenapa ya

  74. Indah Widyaningrum mengatakan:

    Pelaksanaannya nol besar. Sampai sekarang 14 agustus 2013 tpp triwulan 2 belum cair

    • rain bowfam mengatakan:

      iya bu benar sekali. ibu saya yang mengajar didaerah terpencil belum menerima tunjangan yang di BSM. akan lebih baik dari pusat langsung mengutus KPK untuk menyelidiki aliran dana yang seharusnya hak guru-guru yang masih belum mereka berikan.

  75. Nuryani mengatakan:

    Yth. Bapak Menteri Pendidikan
    Tolong dong diperhatikan nasib guru non pns dibwah naungan kemenag, klau bisa disamakanlah honor kami dengan guru diknas,jauh dibawah umr terutama di bengkalis, sudah sedikit masih dipotog lagi,termakish atas balasannya

  76. Anonymous mengatakan:

    Kapan gaji guru daerah terpencil untuk triwulan ke-3 daerah provinsi
    terimah kasih

  77. Anonymous mengatakan:

    maaf mau tanya,,kalo tunjangan fungsional guru pns/non pns untuk kabupaten sukabumi kapan?

  78. guruku mengatakan:

    Kutai Barat sampai skrg blm trima, klau mmg lngsung dr pusat kok blm trima. kdang org birokrat mnganggap tunjangan profesi guru tu tdk pnting dprcepat pmbayarannya shg dana nya dgunakan utk hal2 lain.

  79. Edo Ferdinand mengatakan:

    mau tanya apakah guru yang bersertifikasi pada saat masih non pns dan diangkat menjadi pns apakah sertifikasinya hilang mohon penjelasannya

  80. edy syukri mengatakan:

    maaf mau bertanya.
    mengapa guru SDN No.228 Pakokko kecamatan Tellulimpoe kabupaten Sinjai Propinsi Sulawesi Selatan tidak lagi mendapatkan tunjangan khusus daerah terpencil untuk tahun anggaran 2013 padahal tahun anggaran sebelumnya kami selalu dapat. mohon penjelasannya. trimakasih.

  81. Ramdan mengatakan:

    aminnnnnnn

  82. Tanpa SK Tugas mengatakan:

    banyak perhitungan kali boss??atau oknumnya mgkin. ma’af kami yg muda ini baru berkecimpung dlm dunia pendidikan sudah dipaksa dgn doktrin-doktrin yg sulit difahami. Hidup PTT

  83. NURMAYANI ARFINA NABABAN mengatakan:

    Sy guru honor dari daerah terpencil.knp ya dana nuptk dr mendikbud tdk lancar pada hal sy cek di bank nama dan nuptk tertera dr pusat.tlg di perhatikan kmi guru non pns ini.sy ucpkan trims

  84. yah … memang harus sabar, ntar juga ada waktunya sendiri…

  85. Vinsensius Namal mengatakan:

    syukur dan terima kasih bagi yang menerima tujangan baik PNS maupun non PNS, dan bersukurlah kalau Bpk/Ibu berada di daerah yang ada sinyal, ketimbang saya, mau mengirim data Dapodik atau aktivasi NUPTK baru2, harus ke bukit untuk cari sinyal, pikul jenset lagi, baik kalo tidak musim hujan, tapi klo musim hujan takut tersambar petir lagi, soalnya saya menggunakan Hp pengganti modem, oleh karena itu kami memohon memfasilitasi kami untuk mempercepat proses pengiriman data dan keadaan sekolah kami.

  86. Anonymous mengatakan:

    kami guru swasta sma dan smk kota pagaralam sudah 9 bulan tunjangan sertifikasi tidak ada ,ditanya ke dinas propensi sumatra selatan tidak dijawap…dan selalu terlambat…….dari dulu

  87. Dominikus mengatakan:

    saya guru non PNS di Kab.manggarai Timur Nusa Tenggara Timur
    dan sudah sertifikasi sejak tahun 2008,tapi saya belum menerima hak saya sejak Nopember 2012 sampai dengan saat ini,saya bingung kok yang lain sudah menerima haknya,tolong jangan sendatkan hak kami.

  88. iin ari mengatakan:

    kayanya sama sa ja pencairan tpp melalui pusat atau daerah pasalnya spai saat inipun masih banyak guru yang belum menerima tpp sesuai jadwal dan pemetintah selalu punya jawaban untuk membela dirinya

  89. sarpiati mengatakan:

    Saya sangat setuju sekali penyaluran dana sertifikasi langsung dari pusat

  90. bambangsadtiyono mengatakan:

    anakku kuliah di UNS minta uang semesteran bulan depan nopember 2013, padahal aku guru swasta bersertifikasi tapi tak ada uang blm cukup,mohon kalau bisa dicairkan bulan depan terima kasih.

  91. ine alya kansa mengatakan:

    Hidup guru, senang buanget dengarnya. Guru yg ngajar di kota kecil lebih bersemangat cari bahan ajar, beli buku baru ntuk anak didik. Kalo tiap bulan langsung ke rekening, kita bisa atur budget bulanan… Nggak ngutang lagi..

  92. Yoelce mengatakan:

    Saya Guru Honorer sudah hampir selesai tahun 2013 tapi dana tunjangan untuk guru honorer tidak pernah saya terima,teman yang lain sudah diterima sejak bulan april kenapa saya belum terima sampai sekarang,,,,apa akan ditransfer atau tidak ?? sering tanya di kantor dinas tapi jawabannya selalu sabar….. entah sabar it sampai kapan..

  93. Anonymous mengatakan:

    Saya Guru Honorer kab. konawe, sertifikasi 2010, NUPTK 3459758659300013, mengapa sertifikasi semester genap 2013 blm cair juga 6 bulan, pdhal data dapodik sudah valid, teman GTT satu sekolah sudah cair semua, apa masalahnya ? mohon penjelasan !

  94. Anonymous mengatakan:

    Sebenerx tunjangan funsional tuk guru non PNS tuh keluarnya brp blan sekali sihh…? Dah tnx ma pihak bank mrka jwb tdk tau

  95. aliefty isnaeny mengatakan:

    Sebenerx tunjangan funsional tuk guru non PNS tuh keluarnya brp blan sekali sihh…? Dah tnx ma pihak bank mrka jwb tdk tau

  96. Ani mengatakan:

    Bagaimana kami yang tdak menerima tunjangan,sementara sk ada

  97. iwan mengatakan:

    kamipun belum menerima tunjangan fungsional tuk non pns dari 2013 sampai saat ini pun belum ada alasan dari pihak dinas pendidikan, bagaimana ni pak tolonglah kami

  98. Badrus syamsi mengatakan:

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Badrus syamsi sukwan di sd mulai 2004 dengan alamat kota sumenep jawa timur, saya mau bertanya , di daerah saya yang saya ketahui ada beberapa sukwan yang dapat tunjangan tapi yang dimaksud bukan tunjangan fungsional entah itu tunjangan apa saya juga kurang mengerti dan itu lumayan besar nominalnya dan yang dapat kata kepseknya memang tanpa ada pengajuan, jadi tolong informasikan pada saya. Karena terus terang saya juga berfikir kenapa saya gak dapat? Trims

    • ibnufajar75 mengatakan:

      tentang tunjangan untuk honorer kebijakannya ada pada daerah masing2, dan sebaiknya pertanyaan ini anda sampaikan di dinas pendidikan di daerah anda

  99. Badrus syamsi mengatakan:

    Badrus di kota sumenep jawa timur. Apakah gtt yang sudah di sk-kan pada tahun 2013 mendapat tunjangan fungsional akan dapat lagi pada tahun berikutnya secara otomatis? Tolong informasinya

  100. kami baca tgl 6/2/2013 kemendikbud mengatakan Tunjangan Sertivikasi GuRu-Guru diambil alih oleh pusat untuk membayar langsung kerekening bapak ibu guru tapi ternyata guru SD Kutai Barat triwulan 4 2013 belum lunas terbayar oleh dinas pendidikan setempat contoh ada guru hanya terima satu/dua bulan saja bahkan ada yang terima satu triwulan / Januari Februari Maret 2013 tolong secepatnya penyelesain pembayaran makasih

  101. herlina mengatakan:

    Guru yang sudah dapat tunjangan khusus thn 2013 dapat. Lgi. Kah. Ya??

  102. Anonymous mengatakan:

    saya Guru Honorer diDaerahProvinsi Bengkulu, Tunjangan Fungsional tahun 2013 sampai sekarang belum diterima

  103. wida mengatakan:

    Pak kapan nasib guru bisa sejahtera insentif guru tidak tepat waktu khususnya guru tk

  104. Justyan Andrie mengatakan:

    saya lebih setuju TPP dikelola oleh Pemerintah Daerah karena tidak ribed lok ada komplain bisa langsung disampaikan tidak seperti sekarang ini dikelola oleh PUSAT malah kacau tidak tepat waktu dan kalau ada data bermasalah kita bingung komplain sama siapa . . .

  105. Anonymous mengatakan:

    aturan dan kabar cuku bagus menyejukan dan memberi angin surga hanya tinggal memperbaiki implemtasi yang membingungkan selalu melenceng dari aturan dan kabar terima kasih

  106. bambangsadtiyono mengatakan:

    Aku bambang sadtiyono guru sma muh 1 ska non pns sdh sertifikasi th 2013/2014 sejak jan sampai sept 2014 blm terima tunjangan profesi th sebelumnya malah lan ancar

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.731 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: