Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2013

DAK pendidikan 2013Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan tahun anggaran 2013 diperuntukkan bagi SMA dan SMK dalam rangka menunjang program Pendidikan Menengah Universal yang bermutu dan merata serta mencapai Standar Nasional Pendidikan.

Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2013 merupakan tahun pertama dialokasikannya dana pembangunan Pendidikan Menengah yang disalurkan langsung ke Rekening Kas Umum Daerah (kabupaten/kota) melalui pemindahbukuan dari Rekening Kas Pemerintah. Alokasi DAK Bidang Pendidikan Menengah Tahun Anggaran 2013 untuk SMA dan SMK sebesar Rp. 4.016.520.000.000 (empat triliun enam belas milyar lima ratus dua puluh juta rupiah).

Kabupaten/Kota yang berhak menerima DAK bidang pendidikan Tahun anggaran 2013 untuk alokasi SMA sebanyak 441 Kabupaten/Kota dan alokasi SMK sebanyak 434 Kabupaten/Kota. Penentuan Kabupaten/Kota dan besarnya alokasi dana ditentukan atas dasar kriteria umum, kriteria khusus, dan kriteria teknis yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan berdasarkan PP Nomor 55 tahun 2005. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berkewajiban memberikan data teknis yaitu jumlah sekolah yang rusak, kebutuhan perpustakaan, kebutuhan laboratorium, kebutuhan peralatan laboratorium, kebutuhan buku teks pelajaran dan kebutuhan buku referensi di setiap Kabupaten/Kota yang akan menjadi penerima DAK untuk dijadikan kriteria teknis oleh Kementerian Keuangan.

Penggunaan DAK bidang Pendidikan Menengah pada tahun 2013 diprioritaskan sebagai berikut :
1. Penggandaan dan distribusi buku teks pelajaran diprioritaskan untuk seluruh peserta didik kelas X tahun pelajaran 2013/2014 sesuai dengan kurikulum 2013.
2. Rehabilitasi ruang belajar rusak berat termasuk dengan perabotnya.
3. Pengadaan sarana dan prasarana peningkatan mutu pendidikan terdiri atas:

  • Pengadaan Peralatan Laboratorium;
  • Pengadaan Buku Referensi;
  • Pembangunan Laboratorium; dan
  • Pembangunan Perpustakaan.

Semoga dengan program ini mendorong Pemerintah Daerah untuk memiliki komitmen yang lebih tinggi dalam membangun pendidikan di daerahnya masing-masing. Selanjutnya untuk detail penjelasan DAK bidang Pendidikan Menengah tahun 2013 dapat dilihat pada Juknis terlampir yang bisa di download disini.

Sumber : dikmen.kemendiknas.go.id

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

3 Responses to Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2013

  1. edy mengatakan:

    tlng kirimkan contoh membuat proposal bansos Gan………………….

  2. Anonymous mengatakan:

    SAYA : MUJIONO PENGAWAS SMA / SMK KAB. BANYUASIN, SUMSEL, KOMENTAR SAYA : MOHON SEKOLAH SWASTA YANG MEMPUNYAI POTENSI BERKEMBANG AGAR MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH SWASTA TIDAK KETINGGALAN DENGAN SEKOLAH NEGERI LEBIH DI PERHATIKAN ( mINIMAL DISAMKAN DENGAN SEKOLAH NEGERI) KARENA SELAMA INI SEKOLAH SWASTA KURANG MENDAPAT PERHATIAN. DALAM HAL BANTUAN SARANA DAN PRASARANA..

  3. Vinsensius Namal mengatakan:

    saya tenaga admin dan guru TIK di SMP Negeri 1 Macang Pacar, lebih soe lagi di sekolah kami pak, selama ini kami pinjam 4 ruang SDK pacar yang sudah reot untuk 4 rombongan belajar, jaraknya dari sekolah induk 1 km lebih, saya mewakili teman2 guru dan kepsek untk memohon bantuanya.

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.731 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: