Pendataan.dikmen.kemendikbud : Percepatan Pendataan Online Sekolah

pendataanUntuk mendukung pelaksanaan Program Pendidikan Menengah Universal tahun 2013, diperlukan data satuan pendidikan menengah yang cepat dan akurat. Untuk itu kini sedang berlangsung proses pendataan online dengan menggunakan Program Aplikasi Sekolah (PAS) untuk SMA, SMK, dan SMLB di seluruh Indonesia.

Sampai saat ini masih terdapat sekolah yang belum masuk ke dalam sistem pendataan online dan masih banyak sekolah yang telah terekam di dalam sistem tetapi belum sepenuhnya memasukkan data secara lengkap dan akurat terutama untuk data siswa, guru, dan sarana/prasarana sekolah.

Pendataan Pendidikan Menengah sudah dicanangkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah sejak pertengahan tahun 2012. Sekolah-sekolah jenjang pendidikan menengah diminta untuk segera melakukan sinkronisasi data individual.

Data individual tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk :

  1. Penyaluran Bantuan Operasional Sekolah
  2. Bantuan Siswa Miskin
  3. Tunjangan Guru
  4. Bantuan lainnya yang terkait sarana/prasarana
  5. Penerbitan nomor peserta Ujian Nasional

Dengan ketentuan ini, sekolah harus melakukan sinkronisasi data/update data. Informasi selengkapnya melalui situs pendataan.dikmen.kemendikbud.

Untuk itu, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah meminta kepada seluruh  Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk melakukan verifikasi jumlah dan identitas SMA/SMK/SMLB di wilayahnya masing-masing agar sesuai dengan data referensi sekolah yang terdapat di server Ditjen Pendidikan Menengah. Para Kepala Sekolah juga diminta untuk memasukkan, melengkapi dan meng-apdate data yang diperlukan dengan segera karena hal tersebut sangat penting sebagai syarat untuk bisa mengakses program BOS, BSM, Tunjangan Guru, Bantuan Sarana/Prasarana yang akan mulai disalurkan bulan Februari 2013.

Download Petunjuk Pengisian Pendataan/buku manual pendataan tahun 2013

Download Surat edaran himbauan DIRJEN DIKMEN tentang pendataan online

Sumber : pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

5 Responses to Pendataan.dikmen.kemendikbud : Percepatan Pendataan Online Sekolah

  1. nursari manullang mengatakan:

    Bapak guru! Izin copy pak.. tks sgt bermakna buat pembelajaran.
    Sukses ya pak.

  2. sumartono mengatakan:

    saya salah seorang guru yang mengajar di dua tempat, salah satunya di SMK NEGERI dan satunya lagi di MADRASAH SWASTA,,, yang saya tanyakan, apakah saya berhak unutk mengisi FORM PENDATAAN TUNJANGAN INI atau tidak,, dan kebetulan juga saya sudah tersertifikasi di Madrasah SWASTA tersebut… mohon penjelasnnya pak. terima kasih

  3. ferawati mengatakan:

    sy selaku operator sekolah, apakah kami tidak akan mendapatkan bantuan krn data pas kami belum tuntas? tp kami jg harus menuntut kpd pemerintah jng cm kami yg disalahkan krn kami tdk mendapatkan pelatihan data pas secara detail, kami cuma belajar secara manual

  4. dewi mengatakan:

    sy selaku operator sekolah kesulitan saat akan melakukan sinkronisasi PAS SMA krn muncul tulisan NPSN belum terdaftar, sedangkan kami sdh memiliki NPSN. bagaimana solusinya?

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.844 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: