Cara Instalasi Aplikasi GeoGebra

geogebraBeberapa waktu yang lalu saya posting tentang GeoGebra Free Software Matematika Untuk Pembelajaran Interaktif. Terus untuk instalasi aplikasi GeoGebra dapat anda simak pada postingan saya kali ini. Aplikasi GeoGebra merupakan aplikasi untuk pembelajaran Matematika yang baik karena mempunyai beberapa keunggulan diantaranya : merupakan operasi komputasi yang riil, fitur-fiturnya terus dikembangkan, dapat dieksplorasi oleh pengembangnya, multi platform, mudah cara penggunaanya, gratis (open source) serta mendapat dukungan yang luas dari komunitas.

GeoGebra merupakan salah satu aplikasi yang berjalan pada Java Runtime, sehingga sebelum melakukan instalasi GeoGebra komputer harus terlebih dahulu diinstal program Java Runtime Environtment (JRE). Jika komputer belum terpasang JRE ini maka aplikasi GeoGebra tidak dapat dijalankan. Java Runtime Environtment (JRE) dapat didownload disini.

java1

Instalasi Java Runtime Environtment (JRE)

Pertama kali bukalah situs java.com. Setelah itu pilih menu Download sehingga akan tampil layar seperti berikut :

java2

Pada tampilan ini sebenarnya kita dapat langsung mendownload installer JRE dengan mengklik tombol yang bertuliskan Agree and Start Free Download. Akan tetapi sebaiknya kita memilih file installer yang lebih fleksibel yaitu dengan memilih link all Java Download here.

java3

JRE dapat berjalan pada platform dan sistem operasi yang berbeda seperti Windows, Linux, Solaris, Mac, dll. Pilih installer yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Selain itu, apabila muncul pilihan untuk men-download file installer yang online atau offline sebaiknya pilih installer yang bersifat offline sehingga saat instalasi kita tak perlu koneksi Internet.

Khusus untuk platform Windows, JRE kompatibel dengan sistem operasi Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows Server 2003 or 2008. File yang telah diunduh dapat dijalankan dengan mengklik dua kali dan diikuti proses instalasinya.

java4

Instalasi Aplikasi GeoGebra

Setelah Java JRE selesai di-download dan diinstal, langkah selanjutanya adalah menginstal aplikasi GeoGebra. Installer aplikasi GeoGebra tersedia disini. Untuk mendownload file ini silahkan masuk ke situs tersebut kemudian pilih link Installer. Software ini juga suport dalam Bahasa Indonesia.

geogebra2

Installer GeoGebra juga tersedia dalam beberapa platform berbeda. Pilih installer yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

geogebra1

Setelah installer selesai didownload kemudian jalankan instalasi dan ikuti langkah instalasi sampai sampai selesai. Selamat mencoba…

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

3 Responses to Cara Instalasi Aplikasi GeoGebra

  1. Ping-balik: Area Kerja Dan Tool Pada Aplikasi GeoGebra | Pagar Alam dot Com

  2. Ping-balik: Tentang Area Kerja Pada Aplikasi Geogebra • Guraru

  3. Ping-balik: Area Kerja Dan Tool Pada Aplikasi GeoGebra | Sigit Widodo

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.731 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: