Pemutakhiran Data NUPTK, yang wajib diikuti oleh PTK.

nuptkNUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006. Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementrian lainnya, antara lain:

  • Sertifikasi PTK
  • Uji Kompetensi PTK
  • Diklat PTK, dan
  • Aneka Tunjangan PTK

Cara Mengunduh Formulir Verval PTK

  1. Buka alamat http://padamu.kemdikbud.go.id
  2. Pada kolom unduh formulir isi Nama atau NUPTK anda dan isi daerah/lokasi dari sekolah induk anda. Kemudian klik cari data.
  3. Pilih jawaban sesuai, pertanyaan 1 tentang posisi anda sekarang (pengawas atau guru) dan pertanyaan 2 Aktif atau tidak di sekolah induk saat ini. Kemudian klik unduh A01.
  4. Simpan file A01 yang sudah diunduh.

Mengapa harus VerVal Ulang NUPTK 2013?

  1. NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 – 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
  2. BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
  3. Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
  4. Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.

Apa manfaat bagi PTK?

  1. Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  2. Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  3. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate.

Prosedur Verval ulang untuk PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan)

alur-01

Alur ini menggambarkan prosedur awal yang dijalani oleh PTK, dalam pengambilan Formulir. PTK mengisi dan melengkapi berkas prasyarat yang tercantum dalam formulir. Setelah Formulir diserahkan dan diperiksa oleh Petugas, PTK mendapatkan Tanda Bukti VerVal lv.1

alur-02

Alur ini dijalani oleh PTK setelah mendapatkan Tanda Bukti VerVal Level 1 dari petugas. PTK melakukan pengisian. Formulir Data Rinci secara online pada situs http://padamu.siap.web.id. Akun untuk login dan mengakses formulir online tersebut tertera didalam Tanda Bukti

Prosedur untuk Petugas (Admin / Operator)

alur-03

Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Dinas Pendidikan setelah menerima Formulir A02 / A03 / A04 dari PTK. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Formulir A01 untuk PTK yang menyerahkan Formulir A02 & A03, sedangkan untuk PTK yang menyerahkan Formulir A04, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1

alur-04

Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah setelah menerima Formulir A01 dari PTK. Setelah formulir diverifikasi, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal lv.1 kepada PTK. Jika data PTK tidak ditemukan dalam sistem, maka petugas memberikan Formulir A02 kepada PTK.

alur-05

Alur ini dijalani oleh Petugas di lokasi Sekolah maupun di lokasi Dinas Pendidikan, setelah menerima Pengajuan VerVal berupa KODE VerVal dari PTK. Setelah melakukan verifikasi dan validasi hasil isian PTK, petugas memberikan Tanda Bukti VerVal Lv. 2 kepada PTK.

Perhatian : Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan) diwajibkan melakukan pemutakhiran NUPTK. Bagi PTK yang tidak melakukan pemutakhiran data NUPTK, otomatis akan dinyatakan TIDAK AKTIF.

Sumber : padamu.kemendikbud.go.id

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

56 Responses to Pemutakhiran Data NUPTK, yang wajib diikuti oleh PTK.

  1. Rocky Winata mengatakan:

    paling lambat kapan?

  2. Irawati Hutabarat mengatakan:

    saya sdh coba tu,data sy sdh valid ktnya pak,tq

  3. MAHALUDIN mengatakan:

    Era Globalisasi skrg baru terasa, biarpun kami jauh dari Ibukota, biarpun ada di pedalaman, tentu saja kami hrs bisa mengikuti tuntutan Zaman,…. hrs ada upaya keras dari semua pihak,… “Semoga Sukses,…”

  4. herma candra mengatakan:

    Belum ada sosialisasinya wacana ini ya…

  5. ibnufajar75 mengatakan:

    Buat bapak/ibu mulai hari ini 20 Mei 2013 sudah dapat mengunduh formulir A01 untuk proses verval ulang NUPTK 2013

  6. sahril mengatakan:

    bagaimana kalau data sudah pemutahiran data tapi masih ada juga salah, contohnya nama NUPTK. Apa bisa pada pemutahiran data tahun 2013 bisa mengubahnya ya ? atau harus buat NUPTK yang baru?

  7. sam goldsmith mengatakan:

    Aw, this was an extremely nice post. Taking a few minutes and actual effort to make a very good article… but what
    can I say… I put things off a lot and don’t manage to get anything done.

  8. Great beat ! I wish to apprentice while you amend your web site, how can
    i subscribe for a weblog website? The account aided me a applicable deal.

    I had been tiny bit familiar of this your broadcast provided brilliant transparent idea

  9. human growth hormone mengatakan:

    Its like you read my mind! You appear to know so much about
    this, like you wrote the book in it or something.

    I think that you could do with a few pics to drive the message
    home a little bit, but instead of that, this is great blog.
    A fantastic read. I’ll certainly be back.

  10. AMAT SOBIRIN mengatakan:

    saya gx bs unduh formulir..data tidak ditemukan..semua punya temen2 guru jg

  11. ibnufajar75 mengatakan:

    Buat rekan-2 yang tidak dapat menemukan formulirnya silakan klik link berikut ini
    http://padamu.kemdikbud.go.id/#!/unduh

  12. Anonymous mengatakan:

    kok kepsek saya formulir nya A03 pk???sdngkan punya guru gurunya A01,,ap yg mmbedakannya??trims

  13. heri ucah mengatakan:

    Sbnrnya apa bedanya formulir A01 dn A03 trmksh…
    Kalbar ketapang

  14. Nurdin Mks mengatakan:

    barusan aku d dowload A03x tapi belum ada sosialisasi dr ktr dinas pendidikan.

  15. Anonymous mengatakan:

    kalo non pns gmn?apa ada ketentuan kalo verivikasinya pns dulu…lalu non pns yang sudah punya nuptk kapan?makasi

  16. anggi maha putri mengatakan:

    untuk pengajuan NUPTK baru,,bagaimana caranya pak????

  17. cesynkoi mengatakan:

    ko ga bs dibuka?

  18. alya mengatakan:

    pak saya sudah aktivasi akun sekolah, tapi saya lupa alamt email nya,bagaimana caranya agar saya bisa membuka login sekolah

  19. Anonymous mengatakan:

    pak saya coba untuk mengunduh formulir kok ngak bisa pak?

  20. lucy mengatakan:

    pak kok ngak bisa di unduh formulirnya?

  21. Anggih ratna palupi mengatakan:

    bagaimana unduh formulir NUPTK pak susah banget! bls dong

  22. Halima mengatakan:

    Asalam alaikum, pak! Bagaimana dengan pengusulan nuptk tahun 2012, setelah di cek yang nampak hanya nama tidak ada nomornya, kira_ kira apa masalahnya? Tolong informasinya yach?

  23. Rupina,s.pd mengatakan:

    Kab.Barito Timur

  24. Anonymous mengatakan:

    aduh susah banget sih aktivasinya, gimana caranya biar cepat ya…..

  25. Anonymous mengatakan:

    gimana klo ada guru yang mengajar d dua sekolah?apkh NUPTK aya bisa d dua sekolah tersebut?

  26. Anonymous mengatakan:

    klo NUPTK nya DAH aktif d sekolah Dasar, apa akan menggangu pada tunjangan sertifikasi d MADRASAH ALIYAH klo guru tersebut dah lulus d ALIYAH?

  27. Anonymous mengatakan:

    klo NUPTK nya DAH aktif d sekolah Dasar, apa akan menggangu pada tunjangan sertifikasi d MADRASAH ALIYAH klo guru tersebut dah lulus d ALIYAH?mohon d jawab

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Kok bisa begitu sih…
      Menurut saya tidak berpengaruh terhadap sertifikasi jika sertifikatnya memang mengajar di Aliyah dan jam mengajarnya terpenuhi, namun sebaiknya NUPTKnya juga diperbaharui lagi agar sesuai…

  28. risa herdiyana mengatakan:

    maaf pak, kalo guru baru seperti saya berarti tdk usah download fomulir di padamunegeri.kemdikbud kan ?? karna disitus trsbt hanya diperuntukkan untuk pemuktahiran data ptk yang sudah memiliki nuptk kan ?? mohon penjelasannya..

  29. mely rahmawati mengatakan:

    Saya tdk bisa mengunduh formulir nya & data NUPTK saya tidak ditemukan

  30. Aladi alamsyah mengatakan:

    Bagai mana cara pemuktahiran data nuptk dan kapan akhir pemutakhiran data ? Balas

  31. Aladi alamsyah mengatakan:

    Nama : ALADI ALAMSYAH ,NUPTK : 8442761663200022 ,kecamatan cengal,kabupaten ogan komering ilir, SDN 1 SUNGAI JERUJU, NPSN 10608998

  32. Anonymous mengatakan:

    kenapa formulirnya tidak bisa di temukan ?

  33. Anonymous mengatakan:

    pak, bagaimana bentuk tanda bukti VerVal level 1 ?

  34. Anonymous mengatakan:

    Pak, saya membuka website http://padamu.kemdikbud.go.id tapi mucul tulisan seperti ini (Situs padamu.kemdikbud.go.id yang Anda kunjungi saat ini tidak aktif atau terjadi kesalahan ketik)

  35. Anonymous mengatakan:

    Punya saya sudah bintang 3 tapi datanya ternyata masih ada yang salah, bagaimana cara memperbaikinya??

  36. Punya saya sudah bintang 3 tapi masih ada data yang salah, bagaimana memperbaikinya??

  37. Anonymous mengatakan:

    yg honor ikut pemuktakhiran pak?

  38. Bani mengatakan:

    Saya honor mulai th 1988 sampek sekarang NUPTK ada dan ulai 2007 sampek 2012 dpt tunjangan fungsional tapi 2013 kok gak keluar apa maksutnya?

  39. Taufik Akhsan mengatakan:

    Pak Sy seorang honorer,sy blm punya nomer nuptk,sy sudh unduh formulir A05 truz sy isi smua isian smpe bintang 3,tp kok nomer nuptkny kosong sewaktu dicetak,atau memang tidak ada ya pmbuatan nomer nuptk bagi yg blm punya. Trima kasi.

  40. nurul mengatakan:

    bagaimana pak cara selanjutnya untuk formulir A03(setelah di unduh)?

  41. 6035-7386-4020-0053 mengatakan:

    tolong melalui padamu data guru seharusnya dinas pendidikan membenahi data guru,guru hanya mengumpul data/mengajar

  42. Mince Griapon mengatakan:

    pak saya seorang honerer belum punya NUPTK terus sdh sy isi formulir A05 dengan segala persyaratannya sdh terus ketrangnya bilang unduh formulir kok tidk bisa caranya bagaimana?

  43. murtie mengatakan:

    askom pak, bnr gak kl formulir A01_A04 hy diisi bg ptk lm sdgkan guru ckp A05 sj ud ckp?

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.554 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: