Tawaran Mendikbud Bagi Sekolah Yang Siap Melaksanakan Kurikulum 2013

krklm 2013Kurikulum 2013 merupakan salah satu kebijakan dari kemendikbud yang banyak menciptakan pro dan kontra baik dari segi perencanaan maupun pelaksanaannya. Terlepas dari itu semua pihak kemendikbud tidak bergeming dan akan tetap melaksanakan kurikulum 2013 ini. Kemudian dari sekolah pelaksana yang ditunjuk sebagaimana postingan saya sebelumnya (Pelaksanaan dan Daftar Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013), ternyata kemendikbud menawarkan kepada sekolah-sekolah lain yang tidak masuk dalam daftar diberi kesempatan melaksanakan kurikulum 2013 ini melalui koordinasi dinas pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

Berikut ini adalah terlampir surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor 0128/MPK/KR/2013, kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Surat-Mendikbud krlm 2013

Mengenai Buku pegangan Kurikulum 2013 nantinya dapat juga diakses melalui laman Rumah Belajar dengan alamat http://belajar.kemdikbud.go.id. “Naskah buku pegangan sudah siap, setelah nanti diserahkan ke percetakan, akan dipublikasikan juga di Rumah Belajar. Dalam implementasi Kurikulum 2013 ini pemerintah akan mencetak buku dan membagikan secara gratis, sebanyak jumlah peserta didik sasaran implementasi. Buku pegangan terdiri dari buku pegangan untuk siswa dan buku pegangan guru.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, untuk jenjang SD kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama. Namun, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak 5 buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.

Adapun buku untuk jenjang SMP meliputi agama, PKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, prakarya, bahasa Inggris, serta pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan. Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang wajib, tetapi yang dicetak baru tiga mata pelajaran yaitu sejarah, bahasa Indonesia, dan matematika.

Artikel Lainnya :

About these ads

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Tawaran Mendikbud Bagi Sekolah Yang Siap Melaksanakan Kurikulum 2013

  1. Hari mengatakan:

    Ujian nasional jangan dijadikan kriteria kelulusan, tapi sbgai kontrol mutu dan pemetaan saja. Yg hanya dijadikan lampiran nilai siswa mengikuti Ujian akhir Nasional, soal lulus tidaknya anak guru lebih tahu kemampuan anak didiknya. Maka akan tercipta siswa dan guru yang berkarakter JUJUR dan BERTANGGUNGJAWAB. Saat ini baik guru dan siswa sudah diambang tidak jujur dan tidak bertanggung jawab, karena nilainya tidak sesuai kemampuan anak (dikatrol) hanya utk bisa lulus dan menjaga muka sekolah dihadapan yang lain, itu sangat memprihatinkan, sbgai generasi bangsa.

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.551 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: