Cara Membuat Account PNSMail

pns4Mulai 1 Januari 2014 nanti PNS wajib memakai email khusus dalam urusan surat menyurat elektronik yang menyangkut kepentingan kedinasan. Hal ini bertujuan untuk menekan terjadinya potensi kebocoran yang menyangkut dokumen negara. Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) melarang penggunaan domain email umum seperti gmail, yahoo mail, dan sejenisnya.

Aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB 6/2013 ini berlaku efektif mulai 1 Januari 2014 nanti. Adapun domain yang digunakan yaitu ….@pnsmail.go.id atau yang dimiliki masing-masing pemerintah dengan alamat (nama instansi masing-masing).go.id. Di antara fasilitas yang disiapkan adalah kapasitas penyimpanan mulai dari 1 GB dan bisa diperbanyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Memiliki sistem portal email untuk menerima email eksternal (di luar domain pnsmail.go.id). Juga memiliki proteksi virus, spam, dan sejenisnya.

Kemudian bagi PNS yang menggunakan email resmi ini harus membuat user name sesuai dengan nama asli dan berikut ini adalah langkah-langkahnya

1. Buka alamat http://pnsmail.go.id/ kemudian klik daftar

PNS1

2. Kemudian isi form pendaftaran antara lain : nama lengkap, username (nama.anda@pnsgmail.go.id), pasword, NIP, email saat ini, nomor telpon, instansi, alamat instansi, propinsi, kabupaten/kota. Jika semua data sudah diisi dengan benar tekan enter. Maka permohonan email anda akan diproses, silakan tunggu email balasan yang akan terkirim di alamat email anda saat ini (Waktu tidak dapat dipastikan). Berikut ini email balasannya

Akun email Anda sudah bisa digunakan. Silahkan login dengan username dan password
yang telah Anda buat.
Jika membutuhkan bantuan, Anda bisa menghubungi admin@pnsmail.go.id. Terima Kasih.

Admin
http://pnsmail.go.id

3. Jika anda sudah mendapat email jawaban seperti di atas, maka account pnsmail anda sudah bisa digunakan dengan cara login terlebih dahulu sesuai dengan username dan pasword. Jika login anda benar maka akan muncul tampilan sebagai berikut

pns2

4. Setelah anda klik gambar pesan, anda dapat memulai mengirim pesan anda seperti halnya pada email umumnya

pns3

Semoga ini dapat membantu para PNS yang mengalami kesulitan dalam membuat accout pnsmail….

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat http://ibnufajar75.wordpress.com

14 Responses to Cara Membuat Account PNSMail

  1. kaboki mengatakan:

    Apakah Email saya yg saya pakai ini untuk melaporkan data kedinasan saya.Trim’Ks.

  2. Bandaro mengatakan:

    Kemana harus menghubungi karena saya ingin mengubah sedikit alamat email yg sudah terlanjur daftar seperti alamat.saya@pnsmail.go.id menjadi a.saya@pnsmail.go.id, karena ini lebih ringkas dan praktis.

    Saya sudah hubungi admin@pnsmail.go.id, tapi tidak ada tanggapan, apa punya kontak yg lain? Terimakasih.

  3. agus siswanto mengatakan:

    Pak saya sudah punya akun khusus pns mail dan sudah dikonfirmasi bahwa akun saya sudah bisa digunakan dengan username agus.siswanto dan pasword yang sudah benar, tapi sampai sekarang saya coba menggunakan akun email untuk login tidak bisa. apa memang sampai sekarang belum bisa digunakan?

  4. Anonymous mengatakan:

    pak
    saya suda daftar pnsmail,
    tapi saya lupa username sama pasword nya.
    bagai mana pak solusinya
    ketika mau ngedaftar ulang
    sudah tidak bisa lagi.
    karena NIP. sudah terdaftar pak.
    jadi bagai mana pak solusinya??

  5. Anonymous mengatakan:

    Salam…
    saya mencoba membuat akun baru di @pnsmail.go.id, tapi saya terkendala ketika saya memasukkan username.
    kotak username tidak aktif pada saat di klik, sehingga username tidak dapat diisi.
    mohon bantuan dan penjelasannya pak….
    salam… yantie, SDN 4 Dewantara

    • Anonymous mengatakan:

      pak saya ingin membuat akun baru di pns mail.go.id tapi saya juga punya kendala yang sama ketika saya memasukan username kotak nya tidak mau di klik saya mohon pak bantuan nya.
      salam dari instansi kami cabang kejaksaan negeri muara enim di pendopo

  6. Anonymous mengatakan:

    saya udah membuat mail di pnsmail.go.id, tapi setelah dibuka keluar invalid username, bagaimana cara memperbaikinya.terima kasih jawabannya

  7. Anonymous mengatakan:

    SY SUDAH MEMBUAT PNS EMAIL TP ALAMAT YANG SAYA MASUKKAN SALAH. Bgm cara merevisi?

  8. Harsi mengatakan:

    saya mencoba membuat akun pnsmail tapi saat memasukan NIP, tertulis NIP sudah teregistrasi, padahal nip yg saya masukan benar, sesuai data di kartu pegawai yang dikeluarkan BKN dan sudah saya cek d situs BKN juga benar itu NIP saya, bagaimana solusinya??

  9. Anonymous mengatakan:

    Maaf pak mau tanya, saya ingin membuat akun pnsmail. Tapi isian usernamenya gak aktif sehingga selalu gagal. Gimana cara mengatasainya.

  10. dwi hartono mengatakan:

    saya udah buat email di pnsmail.go.id, tp waktu mengisi instansi salah gimana cara merubahnya, bisakah email saya dihapus lagi

  11. subagiyo mengatakan:

    pak,saya sudah bikin pnsmail tapi kok pas masukan akun email tidak bisa.
    terus dimana solusinya ?
    tolong balas diemail saya ini.
    b4giyo@yahoo.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.733 pengikut lainnya.

