KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN, TANGGUNG JAWAB SIAPA …..?!

Masalah dunia pendidikan, khususnya mengenai peningkatan mutu pendidikan dari siswa memang merupakan hal yang pelik sekaligus menarik untuk dibicarakan. Apalagi akhir-akhir ini banyak pemberitaan yang kurang baik dikalangan dunia pendidikan seperti tindak kekerasan pelajar. Apakah fenomena tersebut memang semata-mata merupakan ketidakmampuan guru didalam mendidik siswanya, atau apakah ada faktor lain yang menyebabkan timbulnya kenakalan bagi para pelajar. Seperti yang kita ketahui bersama, banyak anggapan dikalangan masyarakat bahwa kemajuan dunia pendidikan tergantung dari sekolah, terutama menyangkut kualitas tenaga kependidikan terutama guru yang berada di sekolah tersebut.

Anggapan semacam ini tidak sepenuhnya tepat, karena pada dasarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan dan situasi belajar siswa yang dapat berakibat pada suasana pembelajaran siswa dimana pada akhirnya juga akan mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan di suatu daerah. Disamping itu juga keberadaan siswa di lingkungan sekolah tidak lebih dari tujuh jam setiap harinya. Waktu ini relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan waktu yang ada dalam sehari.

Oleh karena itu tidaklah bijaksana apabila tanggung jawab kemajuan dunia pendidikan hanya tertumpu pada sekolah, terutama pada keadaan guru. Kalau kita kaji lebih dalam, ada empat faktor yang saling mendukung agar kemajuan dalam dunia pendidikan dapat dioptimalkan.

Pertama, kondisi sekolah. Sekolah sebagai instansi yang merupakan wadah bagi peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan secara formal. Oleh karena itu sekolah mempunyai peran yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas pendidikan di suatu daerah. Maka beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sekolah atau tenaga pendidikan adalah selalu meningkatkan dan mengembangkan potensi yang ada, baik dari segi guru maupun siswanya. Sebagai contoh guru selalu mengembangkan strategi mengajar dengan cara menggunakan model-model pembelajaran yang bervareasi, sehinga siswa tertarik dan termotivasi untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran. Disamping itu juga perlunya perhatian khusus oleh guru untuk membantu siswa mengatasi permasalahannya yang dapat menghambat kemauan belajarnya.

Kedua, keadaan keluarga. Keadaan suatu keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan sikap dan kepribadian siswa. Karena itu sudah selayaknya orang tua selalu mengontrol dan memperhatikan perkembangan pendidikan putra putrinya. Sementara itu kalau kita lihat masyarakat Kota Pagar Alam pada umumnya, banyak orang tua yang menyerahkan tanggung jawab pendidikan pada sekolah. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Kota Pagar Alam hidup dari berkebun kopi. Sehingga pengawasan anak di rumah kurang, karena ditinggal oleh orang tuanya untuk bekerja di kebun kopi, sementara anak-anaknya ditinggal di rumah tanpa ada pendampingan dari orang tua. Hal ini mengakibatkan anak-anak terlalu bebas untuk beraktivitas di rumah tanpa adanya pengawasan. Padahal perlu kita sadari bahwa keberadaan anak di rumah membutuhkan perhatian dan bimbingan dari orang tua, tidak semata-mata anak tercukupi kebutuhan ekonominya.

Yang perlu diupayakan orang tua untuk peningkatan pendidikan putra putrinya diantaranya sebagai berikut : a. Menghargai dan memotivasi putra putrinya untuk selalu meningkatkan kemampuan didalam belajarnya. b. Memberi kebebasan berkreasi bagi anak-anaknya, namun tetap memberikan pengawasan didalam perkembangannya. c. Memberikan suasana keakraban dan kebersamaan dengan anak-anaknya dirumah, sehingga anak merasa betah dan nyaman di rumah. d. Mendorong dan melatih kemandirian terhadap anak dengan memberikan tugas-tugas tertentu. e. Memberikan pujian dan penghargaan apabila anak-anaknya dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.
Ketiga, lingkungan masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat sekitar juga sangat berpengaruh bagi perkembangan tingkah laku dan kepribadian siswa. Oleh karena itu orang tua perlu sekali memberikan perhatian lebih pada pergaulan putra putrinya. Hal ini dikarenakan apabila seorang anak sampai salah didalam memilih pergaulan, maka akan sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan pendidikannya. Namun orang tua juga tidak boleh terlalu ketat dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya, yang perlu adalah memberikan kebebasan pada anak-anaknya dalam bergaul dan tetap memberikan pengawasan tanpa anak merasa diawasi.

Kondisi lingkungan masyarakat yang ikut menunjang peningkatan kemajuan dunia pendidikan mempunyai cirri-ciri sebagai berikut : a. Adanya kondisi masyarakat yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya yang tidak didapatkan atau dipelajari di sekolah. b. Memberikan kesempatan bagi siswa diwaktu luangnya untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. c. Dapat memberikan pengalaman baru bagi siswa mengenai cara-cara berinteraksi dengan orang lain yang sifatnya meningkatkan imajinasi dan kreativitas siswa.
Keempat, pemerintah. Peran serta pemerintah, khususnya di Kota Pagar Alam dengan adanya program pendidikan gratis hingga tingkat SMA dan pembangunan infrastruktur sekolah sangat menunjang peningkatan kemajuan dunia pendidikan di sekolah. Disamping itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan pemerintah Kota Pagar Alam agar peningkatan kualitas pendidikan ini dapat optimal, diantaranya : a. Penyeleksian siswa berprestasi baik dalam bidang akademik, olahraga maupun kesenian dengan cara mengadakan berbagai even lomba seperti cerdas cermat, karya ilmiah, olahraga maupun seni antar sekolah secara periodik dan berkelanjutan, sehingga siswa selalu termotivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya karena adanya harapan untuk mengikuti lomba. b. Memberikan penghargaan berupa beasiswa prestasi bagi siswa yang mempunyai prestasi baik dalam bidang akademik, olahraga maupun kesenian. c. Menciptakan kondisi masyarakat belajar, seperti jam wajib belajar pada waktu-waktu tertentu sehingga siswa selalu merasakan suasana belajar dimanapun dia berada. d. Memberikan penghargaan pada tenaga kependidikan yang merupakan ujung tombak kemajuan dunia pendidikan, apabila mempunyai prestasi yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Sekali lagi tanpa adanya kerja sama yang baik dan sinergi dari keempat faktor pendukung kemajuan dunia pendidikan mustahil akan adanya peningkatan pendidikan secara optimal. Akhirnya marilah kita bersama-sama saling bahu-membahu untuk berupaya meningkatkan kualitas dunia pendidikan sesuai dengan tugas dan proporsi kita masing-masing. Ditambah lagi dengan adanya kemajuan dan perkembangan dunia teknologi dewasa ini maka tantangan terhadap kemajuan dunia pendidikan juga semakin berat. Namun dengan tekad dan semangat kita semua bukan tidak mungkin kualitas pendidikan di Kota Pagar Alam dapat sejajar bahkan melebihi daerah lain. Amin ….

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: