KOMPONEN PORTOFOLIO GURU

Komponen Portofolio

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 18 Tahun
2007 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan, komponen portofolio
meliputi:
1. kualifikasi akademik,
2. pendidikan dan pelatihan,
3. pengalaman mengajar,
4. perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran,
5. penilaian dari atasan dan pengawas,
6. prestasi akademik,

7. karya pengembangan profesi,
8. keikutsertaan dalam forum ilmiah,
9. pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial, dan
10. penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.
Kualifikasi akademik yaitu tingkat pendidikan formal yang telah
dicapai sampai dengan guru mengikuti sertifikasi, baik pendidikan gelar
(S1, S2, atau S3) maupun nongelar (D4 atau Post Graduate diploma), baik
di dalam maupun di luar negeri. Bukti fisik yang terkait dengan komponen
ini dapat berupa ijazah atau sertifikat diploma.
Pendidikan dan Pelatihan yaitu pengalaman dalam mengikuti
kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam rangka pengembangan dan/atau
peningkatan kompetensi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik,
baik pada tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, maupun
internasional. Bukti fisik komponen ini dapat berupa sertifikat, piagam,
atau surat keterangan dari lembaga penyelenggara diklat.
Pengalaman mengajar yaitu masa kerja guru dalam
melaksanakan tugas sebagai pendidik pada satuan pendidikan tertentu
sesuai dengan surat tugas dari lembaga yang berwenang (dapat dari
pemerintah, dan/atau kelompok masyarakat penyelenggara pendidikan).
Bukti fisik dari komponen ini dapat berupa surat keputusan/surat
keterangan yang sah dari lembaga yang berwenang.
Perencanaan pembelajaran yaitu persiapan mengelola
pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam kelas pada setiap tatap muka.
Perencanaan pembelajaran ini paling tidak memuat perumusan
tujuan/kompetensi, pemilihan dan pengorganisasian materi, pemilihan
sumber/media pembelajaran, skenario pembelajaran, dan penilaian proses dan hasil belajar. Bukti fisik dari sub komponen ini berupa dokumen
perencanaan pembelajaran (RP/RPP/SP/RPI) yang diketahui disahkan oleh
atasan. Dokumen ini dinilai oleh asesor dengan menggunakan format
sebagaimana tercantum dalam Buku II halaman 25 – 26.
Khusus untuk guru bimbingan dan konseling, dokumen ini berupa
program pelayanan bimbingan dan konseling yang akan dilaksanakan.
Program bimbingan dan konseling ini memuat: nama program, lingkup
bidang (pendidikan/belajar, karier, pribadi, sosial, akhlak mulia/budi
pekerti), yang di dalamnya berisi tujuan, materi kegiatan, strategi,
instrumen dan media, waktu kegiatan, biaya, rencana evaluasi dan tindak
lanjut. Bukti fisik dari sub komponen ini berupa dokumen program
pelayanan bimbingan
pendidikan/belajar, karier, pribadi, sosial, akhlak
mulia/budi pekerti yang diketahui/disahkan oleh atasan. Dokumen ini
dinilai oleh asesor dengan menggunakan format sebagaimana tercantum
dalam Buku II halaman 27 – 29.
Pelaksanaan pembelajaran yaitu kegiatan guru dalam
mengelola pembelajaran di kelas dan pembelajaran individual. Kegiatan ini
mencakup tahapan pra pembelajaran (pengecekan kesiapan kelas dan
apersepsi), kegiatan inti (penguasaan materi, strategi pembelajaran,
pemanfaatan media/sumber belajar, evaluasi, penggunaan bahasa), dan
penutup (refleksi, rangkuman, dan tindak lanjut). Bukti fisik yang
dilampirkan berupa dokumen hasil penilaian oleh kepala sekolah dan/atau
pengawas tentang pelaksanaan pembelajaran yang dikelola oleh guru
dengan format sebagaimana tercantum dalam Buku II halaman 30 – 32.
Khusus untuk guru bimbingan dan konseling, komponen
pelaksanaan pembelajaran yang dimaksud adalah kegiatan guru
bimbingan dan konseling (konselor) dalam mengelola dan mengevaluasi
pelayanan bimbingan dan konseling yang meliputi bidang pelayanan
bimbingan pendidikan/belajar, karier, pribadi, sosial, akhlak mulia/budi
pekerti. Jenis dokumen yang dilaporkan berupa: agenda kerja guru
bimbingan dan konseling, daftar konseli (siswa), data kebutuhan dan
permasalahan konseli, laporan bulanan, laboran semesteran/tahunan,
aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling (pemahaman, pelayanan
langsung, pelayanan tidak langsung) dan laboran hasil evaluasi program
bimbingan dan konseling. Bukti fisik yang dilampirkan berupa fotokopi
rekaman/dokumen laporan kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling
yang disahkan oleh atasan. Dokumen ini dinilai oleh asesor dengan
menggunakan format penilaian sebagaimana tercantum dalam Buku II
halaman 33 – 35.
Penilaian dari atasan dan pengawas yaitu penilaian atasan
terhadap kompetensi kepribadian dan sosial, yang meliputi aspek-aspek:
ketaatan menjalankan ajaran agama, tanggung jawab, kejujuran,
kedisiplinan, keteladanan, etos kerja, inovasi dan kreativitas,
kemamampuan menerima kritik dan saran, kemampuan berkomunikasi,
dan kemampuan bekerjasama dengan menggunakan Format Penilaian
Atasan sebagaimana tercantum pada Buku II halaman 36 – 37.
Prestasi akademik yaitu prestasi yang dicapai guru, utamanya
yang terkait dengan bidang keahliannya yang mendapat pengakuan dari
lembaga/panitia penyelenggara, baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota,
provinsi, nasional, maupun internasional. Komponen ini meliputi lomba
dan karya akademik (juara lomba atau penemuan karya monumental di
bidang pendidikan atau nonkependidikan), pembimbingan teman sejawat
(instruktur, guru inti, tutor), dan pembimbingan siswa kegiatan ekstra
kurikuler (pramuka, drumband, mading, karya ilmiah remaja-KIR, dan lainlain).
Bukti fisik yang dilampirkan berupa surat penghargaan, surat
keterangan atau sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga/panitia
penyelenggara.
Karya pengembangan profesi yaitu suatu karya yang
menunjukkan adanya upaya dan hasil pengembangan profesi yang
dilakukan oleh guru. Komponen ini meliputi buku yang dipublikasikan pada
tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau nasional; artikel yang dimuat dalam
media jurnal/majalah/buletin yang tidak terakreditasi, terakreditasi, dan
internasional; menjadi reviewer buku, penulis soal EBTANAS/UN;
modul/buku cetak lokal (kabupaten/kota) yang minimal mencakup materi
pembelajaran selama 1 (satu) semester; media/alat pembelajaran dalam
bidangnya; laporan penelitian tindakan kelas (individu/kelompok); dan
karya seni (patung, rupa, tari, lukis, sastra, dan lain-lain). Bukti fisik yang
dilampirkan berupa surat keterangan dari pejabat yang berwenang
tentang hasil karya tersebut.
Keikutsertaan dalam forum ilmiah yaitu partisipasi dalam
kegiatan ilmiah yang relevan dengan bidang tugasnya pada tingkat
kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, atau internasional, baik
sebagai pemakalah maupun sebagai peserta. Bukti fisik yang dilampirkan
berupa makalah dan sertifikat/piagam bagi nara sumber, dan
sertifikat/piagam bagi peserta.
Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial
yaitu pengalaman guru menjadi pengurus organisasi kependidikan,
organisasi sosial, dan/atau mendapat tugas tambahan. Pengurus
organisasi di bidang kependidikan antara lain: pengurus Forum
Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS), Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG),
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Ikatan Sarjana Pendidikan
Indonesia (ISPI), Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI),
Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN), dan Ikatan Sarjana
Manajemen Pendidikan Indonensia (ISMaPI), dan Persatuan Guru Republik
Indonesia (PGRI). Pengurus organisasi sosial antara lain: ketua RT, ketua
RW, ketua LMD/BPD, dan pembina kegiatan keagamaan. Mendapat tugas
tambahan antara lain: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua jurusan,
kepala laboratorium, kepala bengkel, kepala studio, kepala klinik
rehabilitasi, dan lain-lain. Bukti fisik yang dilampirkan adalah surat
keputusan atau surat keterangan dari pihak yang berwenang.
Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan yaitu
penghargaan yang diperoleh karena guru menunjukkan dedikasi yang baik
dalam melaksanakan tugas dan memenuhi kriteria kuantitatif (lama waktu,
hasil, lokasi/geografis), kualitatif (komitmen, etos kerja), dan relevansi
(dalam bidang/rumpun bidang), baik pada tingkat kabupaten/kota,
provinsi, nasional, maupun internasional. Bukti fisik yang dilampirkan
berupa fotokopi sertifikat, piagam, atau surat keterangan.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: