Tragedi Merapi … Bencana atau Peringatan ..??

Sumber: VIVAnews
Kepala Riset Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, mengimbau agar semua pihak terutama masyarakat sekitar gunung Merapi Yogyakarta untuk tetap berhati-hati. Meski terlihat tenang pada hari ini, Merapi masih menyimpan bahaya.

Setelah aktivitas tinggi dan pada akhirnya erupsi pada Selasa 26 Oktober 2010 kemarin, Merapi kini memang terkesan tenang. Hal itu juga diakui oleh Surono.

Parameter gempanya memang turun, gugurannya juga menurun, tapi bukan berarti tidak akan terjadi erupsi lagi. Kami akan mempelajarinya lebih dalam lagi,” kata Surono ketika dihubungi VIVAnews, Rabu 27 Oktober 2010.

Mempelajarinya pun, tambah Surono, harus sangat hati-hati. Setiap tahapan mesti dicermati betul dan dianalisa dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi.

“Jangan sampai keliru. Kita harus hati-hati. Ini bukan pekerjaan yang bisa dilakukan dengan buru-buru. Setelah aktivitas tinggi, lalu terjadi letusan, kemudian langsung diam. Ini ada apa, ya masih kami pelajari, dan justru sekarang harus lebih hati-hati,” kata Surono.

Yang jelas, Surono mengingatkan agar tetap waspada. Jangan lengah karena Merapi terkesan sudah tenang. “Diamnya ini ada apa, apakah mengumpulkan tenaga lagi, belum kita ketahui. KIta tidak boleh lengah, bencana justru terjadi karena kita lengah,” kata Surono.

Erupsi Merapi kemarin menewaskan 29 orang, termasuk wartawan VIVAnews, Yuniawan Nugroho, dan juru kuncu Merapi, Mbah Maridjan. Erupsi juga membuat puluhan ribu warga mengungsi.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: