Teknologi Tepat Guna ICT di Sekolah

Lab Komputer

Teknologi Tepat Guna (TTG) sudah ada di semua sekolah di Indonesia, guru-guru hanya perlu belajar caranya menggunakan TTG secara efektif. Ini Peran SDM Teknologi Pendidikan (TPers) yang sangat dapat membantu negara kita sekarang.

Mari Kita Menggunakan Strategi / Metodologi TTG (Yang Berbasis-Pedagogi):
(TTG Adalah Cara Terbaik Untuk Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan)

Kayaknya kita sudah dicuci-otak dan hanya memikirikan teknologi yang canggih, padahal dengan rasio “satu komputer untuk 2.000 siswa”, mengapa dipikirkan?

Kita sebagai Profesional di Bidang Teknologi Pendidikan adalah bertanggungjawab untuk membantu guru-guru maupun siswa-siswi di lapangan sekarang, dan TTG bersama PAKEM dapat menciptakan pembelajaran yang standar dunia.

Mata Pelajaran TIK (ICT) adalah penting untuk semua anak-anak dan kebanyakan sekolah belum mempunyai cukup komputer untuk melaksanakan itu saja. (mungkin pada tahun 2015, mungkin🙂. Tetapi masih akan jauh sekali dibawah kebutuhan untuk menggunakan “TIK di semua sekolah Untuk Pembelajaran” . (Mungkin bisa pada tahun 2020-2030, padahal semua teknologi sekarang akan ketinggalan jaman (obsolete) dan perlu diganti, kan?). Dan Biaya Perawatan Berapa? Banyak sekolah di desa (maupun di kota saja) sudah sulit melaksanakan perawatan dasar, kan?

“Puluhan ribu sekolah dalam keadaan rusak atau ambruk termasuk 70% sekolah di DKI Jakarta – Di Jakarta Saja, 179 Sekolah Tidak Layak Pakai! – Hampir 80% Gedung Sekolah di Pesawaran Rusak, dll”, “Jumlah ruang kelas (SD dan SMP) rusak berat juga meningkat, dari 640,660 ruang kelas (2000-2004 meningkat 15,5 persen menjadi 739,741 (2004-2008).” (ICW)

Pilihan Teknologi Tepat Guna adalah sangat terkait dengan Keadaan dan Tujuan Pendidikannya. Pembelajaran Berbasis-ICT Di Kelas Sekolah Umum Barangkali Adalah Pilihan Teknologi Yang Paling Tidak Tepat Guna Karena Infrastrukturnya Tidak Ada, Mahal Sekali, Biaya Perawatan Mahal Sekali.

Apakah, Pembelajaran Berbasis-ICT Di Sekolah

SANGAT PENTING:
Belajar Caranya Menggunkaan TTG dengan baik (dan ilmunya) adalah cara yang juga terbaik untuk menyiapkan guru untuk menggunakan teknologi canggih, kalau ada.

Walapun saya mempunyai 8 komputer, kalau saya mengajar pikiran utama selalu adalah “apa strategi yang terbaik dan bagaimana pelajar saya akan paling aktif dalam pembelajarannya”, dan strategi-strategi saya jarang menggunakan komputer. Komputer hanya adalah “salah satu alat yang dapat dipakai atau tidak”.

Mari kita membantu sekolah dan siswa-siswi kita sekarang dengan TTG.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Teknologi Tepat Guna ICT di Sekolah

  1. trying to find you on facebook

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: