Pancasila Kembali Masuk Kurikulum Sekolah ?

MPR: Pancasila akan Kembali Masuk Kurikulum Sekolah

Garuda Pancasila

Wakil Ketua MPR RI, Lukman Hakim Saifuddin berpendapat, wacana pengembalian Pancasila ke dalam kurikulum mata pelajaran di sekolah perlu direalisasikan. Namun, katanya, subtansi dan nilai komperhensifnya harus lebih dinampakkan.

“Iya (perlu dikembalikan) tapi itu harus lebih komprehensif, substantif dimasukkan dalam kurikulum. Kita tidak hanya menyangkut apa Pancasila itu, sejarahnya, lalu tokoh-tokohnya. Yang lebih penting siswa didik diberi kemampuan menjawab kenapa kita harus berpancasila misalnya. Kenapa kita harus menjaga keutuhan NKRI, kenapa kita hidup bersemboyankan Bhineka Tunggal Ika,” tukas Lukman kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2011).

Sebagai upaya penguatan Pancasila sebagai salah satu dari empat pilar kehidupan bangsa dan bernegara, hari ini, Selasa (24/5/2011) Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi tuan rumah dalam pertemuan rutin membicarakan penguatan Pancasila.

“Pertemuan rutin yang bersifat internal MPR, hari ini, hostnya MK membicarakan Pancasila. Lebih menilai Pancasila perlu diseriusi oleh semua pimpinan lembaga negara. Ini dijadikan agenda utama,” terang politisi asal PPP itu.

Jadi, lanjut Lukman, target mata pelajaran Pancasila bisa memberikan kemampuan kepada siswa agar mampu memberikan jawaban atas pertayaan kenapa bangsa Indonesia harus berpegang teguh pada Pancasila.

“Jadi jawaban-jawaban atas kenapa itu harus dititik tekankan sehingga muncul nilai-nilai internal empat pilar berkebangsaan itu. Pertemuan ini hanya ketua saja, Ketua MPR, Ketua MA, Ketua MK, Ketua DPR, dan Presiden,” pungkasnya.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: