Tips Memilih Sekolah Unggul

Sebentar lagi akan memasuki semester Genap, bagi orang tua yang mempunyai anak di kelas 6, kelas 9, dan kelas 12 sudah molai berpikir untuk memilih sekolah yang baik atau unggul bagi pendidikan anak-anaknya selain juga memikirkan keberhasilan dalam menempuh ujian nasional.

Beberapa tahun terakhir para orang tua dan calon siswa sempat bingung untuk memilih sekolah tempat untuk melanjutkan pendidikannya. Hal ini disebabkan adanya “kastanisasi” sekolah mulai dari sekolah kategori standar, sekolah kategori mandiri, hingga sekolah SBI. Ditambah lagi dengan wacana pendidikan kita kini diperkaya oleh seperangkat kosa kata yang maknanya berimpitan: sekolah percontohan, sekolah percobaan, sekolah unggul, sekolah akselerasi, dan sejenisnya.

Berikut adalah sedikit tips bagi orang tua dalam memilihkan sekolah bagi anak-anaknya diantaranya :

1. Visi dan misi sekolah harus jelas.
Kebanyakan sekolah kita belum mampumengartikulasikan visi dan misinya. Visi adalah pernyataan singkat, mudah diingat, pemberi semangat, dan obor penerang jalan untuk maju melejit.
2. Komitmen sekolah tinggi untuk menjadi unggul.
Indikatornya adalah staf administrasi, guru, dan kepala sekolah memiliki tekad yang mendidih untuk menjadikan sekolahnya sebagaisekolah unggul dalam segala aspek, sehingga semua siswa dapat menguasai materi pokok dalam kurikulum.

3. Kepemimpinan yang mumpuni.
Tidak dipungkiri baik dan buruknya suatu sekolah 80 % ditentukan oleh kepala sekolahnya. Kepala sekolah adalah “sentral” sekolah.Kepala sekolah adalah “pemimpin dari pemimpin” bukan “pemimpin dari pengikut.
4. Kesempatan untuk belajar dan pengaturan waktu yang jelas
Semua guru mengetahui apa yang mesti diajarkan. Alokasi waktu yang memadai dan penjadwalan yang tepat sangat berpengaruh bagi kualitas pengajaran.
5. Lingkungan yang aman dan teratur
Sekolah unggul bersuasana tertib, bertujuan, serius, dan terbebas dari ancaman fisik atau psikis, tidak opresif tetapikondusif untuk belajar dan mengajar.
6. Hubungan yang baik antara rumah dan sekolah
Para orang tuamemahami misi dan visi sekolah. Mereka diberi kesempatan untuk berperan dalam program demi tercapainya visi dan misi tersebut.
7. Monitoring kemajuan siswa secara berkala
Kemajuan siswa dimonitor terus- menerus dan hasil monitoring itu dipergunakan untuk memperbaiki perilakudan performansi siswa dan untuk memperbaiki kurikulum secara keseluruhan.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: