Perilaku Pelajar sekarang, Salah Siapa ?

Seperti yang kita saksikan bersama akhir akhir moral para pelajar dan pemuda kita seakan-akan menunjukan kemunduran, dalam arti banyak tindakan yang dilakukan mereka kurang patut di contoh, sebagai contoh perilaku siswa terhadap gurunya kurang hormat dan terkesan masa bodoh.

Oleh karena itu dengan adanya pendidikan berkarakter akan dapat mengurangi dampak buruk dari perilaku siswa sehari-hari. Namun yang lebih penting lagi adalah perlu adanya keteladanan dari sosok orang tua dan guru-guru yang harus dapat menjadi contoh buat diri mereka.

Karena pada dasarnya ada beberapa hal yang mendasari pembentukan karakter siswa kita yang harus diperhatikan diantaranya :

1. Pendidikan Awal

Pendidikan awal ini di dapat dari keluarga, ketika awal pembentukan ini anak di bekali dengan pendidikan agama dan aklak mulia yang cukup, seperti sopan santun, akhlak mulia dan moral yang kuat, maka pendidikan ini akan terus membekas pada anak untuk bekal di kemudian hari.

2. Pengaruh lingkungan atau pergaulan.

Pemilihan lingkungan yang baik merupakan pendidikan lanjutan ketika anak sudah bisa berinteraksi dengan orang sekitar, karena seseorang bisa saja mengadopsi perilaku orang-orang yang berada di sekitarnya.

3. Media massa.

Media masa sering sekali menampilkan hal-hal yang terlalu lebih terbuka, di samping itu juga di dalam internet banyak menyajikan sesuatu yang belum waktunya di konsumsi oleh anak-anak di bawah umur, yang efeknya mereka meniru-nirukan hal yang kurang pantas.

4. Pendidikan Formal

Adanya kemajuan jaman ini dunia pendidikan ingin sekali berpartisipasi dalam kemajuan, sehingga untuk setiap sekolah seolah-olah ingin menonjolkan pelajaran unggulan, tetapi sanyangnya pelajaran unggulan tersebut bukanlah pelajaran Pendidikan Agama dan aklak mulia, melainkan melajaran yang dianggap akan mendukung kemajuan ilmu pengerahuan dan teknologi yang tanpa memperhatikan aspek perilaku dan sikap siswa.

5. Adanya kebebasan dalam menyampaikan pendapat

Kebebasan untuk menyampaikan pendapat adalah hal yang sangat baik dan positif, namun untuk sebagian orang disalah artikan bahwa menyampaikan pendapat bebas sebebas-bebasnya tanta memperhatikan kepentingan orang lain.

Dari uraian diatas mari kita sama-sama berpikir dan bertindak untuk memperbaikai sikap dan tingkah laku pelajar dan pemuda kita agar namtinya mereka mempunyai karakter yang akan membentuk karakter bangsa kita yang saat ini sepertinya sudah sangat mahal untuk mendapatkannya.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: