Bagaimana Menjadi Siswa Berprestasi

Seorang pelajar yang belajar setelah merasa bosan dinasihati, atau karena perintah, instruksi atau bahkan karena diultimatum, tentu saja bukanlah bertanggung jawab. Ia belajar sebagai reaksi dari sebuah ‘ancaman’ luar. Tindakan yang tidak didasarkan pada kesadaran diri. Kendati ia belajar, ia melakukannya secara terpaksa, ia belajar untuk sesuatu di luar dirinya, bukan untuk dirinya. Dalam konteks ini, pelajar bukan belajar tetapi melindungi diri terhadap ‘ancaman’ luar.

Hasil yang diperoleh tentu saja tidak maksimal karena belajar menjadi kamuflase. Sikap seperti ini sangat merugikan diri sendiri. Jelas ini bukan sebuah proses menuju kepada kesuksesan. Belajar karena kesadaran akan pentingnya nilai belajar untuk kesuksesan diri merupakan tindakan proaktif. Belajar sebagai perilaku ‘tanggap’ terhadap kesadaran diri bahwa hidupnya adalah tanggung jawab dirinya.

Kesadaran yang muncul dari dalam diriya, dan ini adalah dorongan intrinsic yang tidak ada satu orang pun dapat menghalanginya. Seseorang yang memiliki dorongan intrinsic untuk belajar, ia akan tetap belajar kendati tidak ada guru di kelas, kendati semua siswa rebut, ia akan terus belajar. Ia sadar bahwa waktu adalah sangat berharga. Ia mengetahui tindakan mana yang benar dan mana yang salah, ia mengerti bahwa keputusannya saat ini akan menentukan kualitas dirinya. Ini lah pribadi yang bertanggung jawab.

Menjadi pribadi yang bertanggung jawab adalah proses, tetapi proses yang dimulai saat ini, di sini. Bukan proses nanti, kemudian dan yang akan datang. Mau menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mulailah sekarang atau kemudian akan menyesal.

Berikut adalah tips bagaimana siswa dapat meningkatkan prestasinya di sekolah

1. Jadilah seorang pemimpin dengan melatih rasa tanggung jawabmu.
Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.

2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.

3. Jangan malu untuk bertanya.
Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal.

4. Kerjakan PR dengan baik.
Jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya.Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya.

5. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan.
Biasakan belajar secara rutin setiap hari. Jadi pada waktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari.

6. Cukup istirahat, makan dan bermain.
Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain.

7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman.

8. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

9. Cari seorang pembimbing yang baik.
Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.

10. Jangan suka mencontek teman.
Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar.

Demikian semoga dapat bermanfaat bagi para pelajar di negeri ini dan jangan lupa selalu berdoa dan mendekatkan diri terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Bagaimana Menjadi Siswa Berprestasi

  1. Ahmad G mengatakan:

    manteb tipsnya… doa’in saya ya bisa jadi siswa berprestasi, pliss ya🙂

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: