Tips Memilih Perguruan Tinggi

Pilihan akan melanjutkan studi pendidikan tinggi biasanya kerap membuat bingung. Kebingungannya, bisa dalam memilih program studi, mau pun di universitas mana yang terbaik Anda menempuhnya. Tak bisa dielakkan, pilihan program studi dan universitas menjadi dua keputusan penting yang harus ditetapkan dengan matang.

Pilihlah program studi yang menurut Anda sangat menarik dan cocok untuk dipelajari. Program studi yang dipilih juga harus sesuai dengan minat dan bakat Anda. Keputusan ini tidak boleh dianggap enteng karena akan memengaruhi masa depan Anda.

Nah, bagaimana dengan memilih sebuah universitas? Anda perlu memperhatikan secara detail dan spesifik. Hal yang perlu diketahui, apakah universitas tersebut menyajikan konten program studi sesuai dengan yang Anda harapkan? Ini menjadi penting karena ada beberapa universitas yang memiliki nama program studi mirip, tapi dengan muatan yang berbeda.

Perhatikan proses belajarnya. Mengetahui proses belajar penting karena Anda mungkin akan menemukan suatu program yang memberikan lebih banyak tugas kelompok daripada ujian. Dengan mempertimbangkan gaya mengajar, Anda akan yakin jika universitas yang Anda pilih memang yang terbaik untuk Anda. Terutama, jika Anda menyadari dari pengalaman sebelumnya bahwa Anda lebih suka atau lebih baik dengan suatu gaya pengajaran tertentu.

Kedua faktor di atas akan membuat Anda yakin telah tepat memilih universitas, baik dari segi konten, maupun gaya mengajarnya. Menentukan suatu unversitas juga harus mempertimbangkan banyak hal.

Salah satunya, fasilitas pendukung saat Anda kuliah. Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti, apakah Anda siap untuk belajar jauh dari rumah dan juga seberapa jauh jarak yang Anda tempuh menuju universitas? Apakah Anda memerlukan kendaraan khusus? Seberapa besar jumlah mahasiswa di universitas itu? Sampai kepada pilihan Anda untuk memilih universitas yang terletak di kota besar atau di  daerah?

Masing-masing orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Akan tetapi, Anda tetap perlu memerhatikan posisi universitas yang akan Anda pilih. Gali informasi mengenai seberapa baik universitas tersebut, khususnya dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan di dunia kerja.

Selain itu, aspek sosial dalam universitas juga perlu diperhatikan. Termasuk unsur-unsur seperti lokasi, biaya hidup, dan fasilitas yang akan mendukung kegiatan Anda selama berada di universitas itu. Sama halnya ketika Anda memilih teman, itu akan sangat membantu khususnya awal masa perkuliahan Anda. Meskipun Anda berada di Uiversitas untuk belajar, para siswa yang paling efektif tahu bagaimana untuk menyeimbangkan kehidupan sosial mereka dengan baik, untuk memastikan bahwa mereka menikmati waktu mereka.

Tidak ada karakteristik khusus yang dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi apakah universitas yang Anda pilih tepat untuk Anda. Hal ini karena setiap orang mencari sesuatu yang berbeda.

Nah kalau sudah tidak ragu-ragu lagi memilih perguruan tinggi sekarang waktunya siswa kelas XII SMA/SMK untuk mendaftarkan diri SNMPTN jalur Undangan tahun 2012 melalui alamat berikut http://undangan.snmptn.ac.id dan bagi yang kurang mampu dalam segi ekonomi dapat mencoba mendaftar jalur bidik misi melalui link berikut http://bidikmisi.dikti.go.id .

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Tips Memilih Perguruan Tinggi

  1. Mochammad mengatakan:

    Informatif sekali tulisannya…
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: