Fasilitas Google untuk Membuat Naskah Matematika Secara Online

Google memberikan fasilitas untuk membuat dan menyimpan file dokumen secara online. File-file dokumen tersebut bisa berbentuk dokumen teks (word processor), presentasi, lembar kerja (spreadsheet), dan file PDF. Selain itu, file-file berbentuk gambar dan video juga bisa disimpan.

Khusus untuk file PDF dan yang berbentuk gambar, Google menyediakan fasilitas untuk mengubahnya menjadi file berbentuk naskah sehingga bisa diedit kembali tulisannya. Proses pengubahan ini biasa disebut dengan OCR (Optical Character Recognition) yang akan mengenali pola-pola berbentuk karakter huruf dan mengubahnya menjadi teks. Untuk file-file yang diunggah (upload) dengan format dokumen teks, presentasi, dan lembar kerja yang ingin diolah lebih lanjut, Google menyediakan fitur untuk mengubahnya dalam format yang dikenal oleh Google.

Selain menyimpan file dengan cara mengunggah (upload) file yang sudah jadi ke internet. Google juga menyediakan fasilitas membuat dokumen-dokumen seperti file teks, presentasi, lembar kerja, dan gambar berbentuk vektor (drawing) secara online. Dokumen yang kita buat dapat kita share (digunakan bersama) kepada pengguna lain sehingga pengguna yang kita beri hak dapat mengedit dokumen tersebut secara bersamaan. File yang telah kita simpan di internet itu, jika kita butuh dapat kita buka dan olah kembali di manapun Anda berada dan menggunakan komputer apapun. Asalkan ada akses internet di dari komputer yang kita pakai.

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini, Anda harus mempunyai account di Google yang akan digunakan untuk masuk (login) ke Google. Setelah masuk, cari tautan (link) dengan nama Documents. Jika Documents tidak terlihat di tautan di bagian atas laman Google, cobalah cari di bagian more (untuk Google berbahasa Inggris/google.com) atau selengkapnya (untuk Google berbahasa Indonesia/google.co.id). Anda akan mendapatkan tampilan sebagai berikut (contoh ini tampilan berbahasa Indonesia). Selamat mencoba…

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Fasilitas Google untuk Membuat Naskah Matematika Secara Online

  1. Visit Website mengatakan:

    I do agree with all the ideas you have presented in your post.
    They are very convincing and will definitely work.
    Still, the posts are very short for newbies. Could you please extend them
    a little from next time? Thanks for the post.

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: