Cara Mudah Membuat E-Learning dengan Moodle

Moodle adalah salah satu Learning menagement system yang paling populer saat ini. Hampir setiap sekolah atau perguruan tinggi, yang memanfaatkan E-Learning sebagai Media pembelajaran/perkuliahan, menggunakan sistem Moodle ini.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Moodle, seperti mengatur dan mengelola hak akses user (siswa/guru), membuat dan mengelola Courses (mata pelajaran), mengatur dan mengelola Bahan ajar (resource), mengatur dan mengelola Aktivitas (Activity), mengatur dan mengelola Nilai (Grades), menampilkan nilai (score) dan transkrip, sampai membuat sertifikat ketuntasan untuk siswa, membuat semua sekolah, bahkanguru berlomba-lomba membangun sistem ini di sekolahnya, baik yang langsung terhubung ke Jaringan Internet, maupun yang berbasis Intranet (LAN).

Mdl2.com, adalah sebuah situs yang menyediakan Situs berbasis LMS Moodle versi 2.x secara gratis. Jadi kita hanya perlu mengetikkan nama situs yang kita inginkan dan alamat email, selanjutnya anda akan dibangunkan sebuah sekolah elektronik (e-Learning) berbasis Moodle yang dilengkapi dengan hak istimewa sebagai Administrator.

E-Learning yang anda bangun melalui sistem ini mempunyai fitur yang sama persis bahkan lebih powerful dari pada sistem Moodle yang anda bangun sendiri baik secara manual maupun secara instant melalui cpanel/softacolous.

Karena anda diberi hak akses sebagai administrator, maka anda bisa melakukan apapun, sesuai dengan permission yang dimiliki oleh seorang Administrator.

Hal lain yang menyenangkan adalah, kalau biasanya untuk menggunakan beberapa module/plugin kita harus menginstal terlebih dahulu, maka pada E-learning Moodle yang anda bangun melalui mdl2.com, beberapa module / plugin sudah siap dan langsung bisa anda manfaatkan, seperti module certificate, attendance, real time quiz dan seterusnya.

Kelebihan lain adalah, akses situs yang cepat, bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan E-learning Moodle yang anda bangun secara manual. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa situs yang dibangun menggunakan sistem ini cenderung sangat lambat aksesnya.

Jadi jika sekolah/anda ingin memanfaatkan E-Learning mengunakan sistem Moodle, akan tetapi belum mempunyai domain/hosting. Atau jika anda sudah mempunyaihosting tetapi masih ada kendala pada instalasinya, maka anda bisa membangun E-learning Moodle melalui situs ini yang menyediakan Server/hosting gratis untuk menyimpan E-Learning sekolah/anda. Selanjutnya anda tinggal menambahkanhyperlink yang menuju ke URL yang telah anda dapatkan dari mdl2.com ini atau me-redirect domain anda ke URL ini

Karena saya yakin anda tertarik, maka silahkan ikuti jejak langkah saya berikut untuk memulai membangun E-Learning Moodle dalam sekejap.

1. Bukalah browser anda dan ketikkan pada Address bar URL http://www.mdl2.com/
2. Maka halaman mdl2.com akan ditampilkan dan isilah formulir berikut :
Pada Site name : isilah dengan nama domain e-learning anda, misalnya elearningsman2mlg, atau nama anda, paksule, misalnya.
E-Mail : isilah dengan nama e-mail anda (untuk konfirmasi username dan password administrator)
Security code : isilah dengan kode yang tampil di atasnya.
3. Selanjutnya klik Activate your site, dan tunggu sebentar sampai anda mendapatkan email konfirmasi username dan password serta URL Elearning anda.
4. Bukalah email anda, dan buka email yang anda dapat dari mdl2.com. Pada email tersebut anda akan diberi username dan password.
5.  Klik URL E-learning yang ada pada email tersebut. URL itulah yang akan membawa anda menuju e-learning moodle yang sudah siap anda gunakan. URL yang anda dapatkan berupa nama situs anda dan diakhiri dengan .mdl2.com
6. Loginlah menggunakan username dan password yang sudah anda dapatkan.
Saatnya mengatur dan mengisi e-learning moodle dengan materi pelajaran atau kuis atau lainnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

5 Responses to Cara Mudah Membuat E-Learning dengan Moodle

  1. fathur mengatakan:

    Mantaps artikelnya…
    Terima Kasih
    Sudah banyak membantu saya…

    Salam
    Fathur-Tangerang

  2. Kelik Irvan mengatakan:

    Gagal pak. Keluar tulisan ’email invalid’ padahal benar. begitu masuk moodle.org baru bisa daftar.

  3. Mbah_Keyu mengatakan:

    Top Markotoop….

  4. Anonim mengatakan:

    Terima kasih, Pak Ibnufajar. Bermanfaat sekali…

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: