Powerpoint 1 : Cara Membuat Hyperlink

Pembuatan presentasi dengan menggunakan Power Point 2007 lebih mudah daripada versi sebelumnya karena fitur-fitur yang disediakan dalam bentuk icon-icon yang tinggal klik. Namun demikian akan sedikit membuat bingung jika kita sudah terbiasa dengan versi sebelumnya. tapi jangan kuatir, hanya dengan sedikit waktu untuk mempelajarinya kita akan terbiasa, dan tentu saja akan lebih mudah.

Menu ini dirancang mudah dalam menemukan fitur dan perintah dengan kategori yang tidak menyulitkan serta kumpulan grup yang saling berkaitan satu sama lain. Hemat waktu dan cukup memudahkan dalam membuat presentasi. Satu lagi fasilitas terbaru adalah membuat hyperlink.

Tombol navigasi ini digunakan untuk mempermudah menuju ke slide yang lain atau untuk aksi tertentu. Meskipun tombol hyperlink yang dibuat dengan PowerPoint tidak secanggih flash namun untuk bentuk dan fungsi yang sama dapat kita buat. Langkah-langkah untuk membuat tombol navigasi di PowerPoint 2007 adalah sebagai berikut.

1. Klik menu Insert – Shape – pilih Rounded Rectangle

2.  Buat bentuk tombol pada slide dengan ukuran disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Tambahkan text dengan klik kanan pada tombol kemudian pilih Edit Text

4. Berikan efek pada tombol yang telah dibuat dengan cara mengaktifkan Drawing Tools kemudian pilih menu-menu yang ada pada Shape Styles. Sebagai contoh saya memberi efek bayangan pada tombol yaitu dengan klik menu Shape EffectsReflection

5. Selanjutnya memberikan fungsi hyperlink pada tombol dengan klik menu Insert kemudian pilih Action. Sehingga muncul kotak dialog Action Settings

6. Setelah muncul kotak dialog Action Settings, pada Tab Mouse Click pilih Hyperlink to: ke arah mana tombol tersebut akan menuju.

7. Beri tanda centang pada Play sound: kemudian pilih sound yang diinginkan jika ingin menambahkan efek suara pada saat tombol diklik. Berikan pula tanda centang pada Highlight click untuk membuat efek tombol berubah warna saat diklik.
8. Klik OK dan selesai. Semoga bermanfaat.

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Powerpoint 1 : Cara Membuat Hyperlink

  1. Ping-balik: Cara Membuat Template dan Slide Master Pada Microsoft Powerpoint « Pagar Alam dot Com

  2. Nursari Manullang mengatakan:

    Terima kasih Pak,sgt Membantu.

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: