Peringkat Indonesia oleh PISA, Apakah ini Cerminan Pendidikan Kita ?

Apakah itu PISA (Program for International Student Assessment) ? PISA berdiri sejak akhir 1950-an oleh Asosiasi Internasional untuk Evaluasi Prestasi Pendidikan (IEA). Banyak metodologi PISA yang mengikuti contoh Tren Matematika Internasional dan Studi Ilmu (TIMSS, dimulai pada tahun 1995).  PISA bertujuan untuk menguji literasi dalam tiga bidang kompetensi: membaca, matematika, ilmu pengetahuan.

PISA disponsori, diatur, dan dikoordinasikan oleh OECD. Rancangan, pelaksanaan, dan analisis data didelegasikan kepada sebuah konsorsium internasional penelitian dan lembaga pendidikan yang dipimpin oleh Australian Council for Educational Research (ACER). ACER memimpin dalam mengembangkan dan melaksanakan prosedur sampling dan membantu dengan hasil sampel pemantauan di negara-negara. Instrumen penilaian yang fundamental bagi Reading PISA, Matematika, Sains, Pemecahan masalah, berbasis komputer pengujian, latar belakang dan kuesioner kontekstual sama-sama dibangun dan disempurnakan oleh ACER.

Untuk memenuhi persyaratan OECD, setiap negara harus menarik sampel minimal 5.000 siswa. Di negara-negara kecil seperti Islandia dan Luksemburg, di mana terdapat kurang dari 5.000 siswa per tahun, kelompok usia seluruh diuji. Beberapa negara menggunakan sampel yang jauh lebih besar dari yang dibutuhkan untuk memungkinkan perbandingan antar daerah.

Satu dan skala yang sama digunakan untuk mengekspresikan kesulitan item dan kompetensi siswa. Prosedur scaling disetel sedemikian rupa sehingga distribusi posteriori kompetensi siswa, dengan bobot yang sama diberikan kepada semua negara-negara OECD, telah berarti 500 dan deviasi standar 100.

Penilaian peringkat oleh PISA dimulai tahun 2000, 2003, 2006, dan 2009. Berikut ini peringkat PISA pada tahun 2009

Sumber : wikipedia.org

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: