Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013

Semester Ganjil tahun pelajaran 2012/2013 hampir usai. Tentunya siswa-siswi kelas 6 SD, kelas 9 SMP, maupun kelas 12 SMA/SMK sudah mulai mempersiapkan ujian nasional. Namun hingga saat ini BSNP belum menerbitkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN. Hal ini banyak menimbulkan kecemasan oleh banyak pihak mulai dari siswa, guru, dan orang tua.

Ini disebabkan adanya pernyataan dari Bapak Menteri Pendidikan Nasional M Nuh yang menyampaikan bahwa jumlah paket soal untuk UN 2012/2013 ada 20 macam. Kecemasan tersebut bisa anda lihat pada komentar-komentar dari postingan artikel saya UN SMA Tahun Ajaran 2012/2013 Jadi 20 Paket dan Hasil UN Untuk Seleksi Masuk PTN. Hal ini saya anggap wajar adanya kekhawatiran tersebut, bukannya siswa tidak sanggup untuk mengikuti ujian nasional namun yang menjadi kegelisahan adalah adanya standar yang sama untuk semua sekolah di Indonesia.

Bisa dibayangkan, dalam satu kabupaten/kota saja ada bermacam kategori sekolah mulai dari sekolah yang katanya RSBI sampai dengan sekolah yang belum berstandar. Namun untuk kelulusan dari ujian nasional sama, apa ini adil ?? Apalagi kalau ruang lingkupnya adalah Indonesia…

Namun para siswa tetap harus siap untuk menghadapi ujian nasional tahun ini, walaupun POS UN 2012/2013 belum ada hingga saat ini paling tidak BSNP sudah mengeluarkan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2012/2013 mulai dari tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK. Minimal ini sebagai modal para siswa untuk mempersiapkan lebih awal dalam menghadapi ujian nasional. Dan sepertinya siswa tidak perlu khawatir yang berlebihan, walaupun soalnya ada 20 paket melihat kisi-kisi untuk tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah kisi-kisi ujian nasional tahun pelajaran 2012/2013. Untuk download bisa anda klik link berikut :

  1. Kisi-kisi Ujian Nasional SD/MI tahun pelajaran 2012/2013
  2. Kisi-kisi Ujian Nasional SMP/MTs dan SMA/MA/SMK tahun pelajaran 2012/2013

Buat para pelajar tetap semangat belajar karena untuk megetahui kompetensi kalian memang perlu diadakan ujian, maka tunjukkan bahwa kalian itu mampu dan kompeten.

Sumber : bsnp-indonesia.org

Artikel Lainnya :

Iklan

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

40 Responses to Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013

  1. Riski anisa says:

    “Bikin pusing 7 keliling%”

  2. Anonim says:

    Dak penting

  3. junita anggraeni says:

    sebenarnya un tu g’ adil

  4. 20 pket itu tdak msalah, yg pnting plajr itu hrus giat dlm blajr, agar prcya diri dlm mngisi lembr krjany.

    • anonim says:

      wah yang bener ..cara pengajaran aja masuh ambur adul. suatu yang sangat sulit bagi kami yang berada di perdesaan yang cara pengajaran yang masih minim…..jangan kan kami yang membuat keputusan pun belum tentu bisa jawab soal yang banyak dan susah dan dalm jangka waktu yang sedikit.

  5. hamdan margolang says:

    Sebenarnya UN itu bagus, namun pelaksanaannya kurang jujur. mudah-mudahan tahun 2013 ini pelaksanaan UN lebih jujur lagi sebagaimana mendikbud menegaskan UN 2013 tanpa pengawas. itu artinya apakah pelaksanaan UN benar-benar jujur.

  6. kaylazeh says:

    Saya guru Matematika SMA. UN 20 paket gak ada masalah. yang menjadi masalah adalah standar soal UN yang terlalu tinggi untuk ukuran sekolah-sekolah di daerah-daerah. Kemendiknas gak bisa di salahkan sepenuhnya dalam menetapkan standar soal, mereka menilai dari kelulusan tiap tahunnya meningkat dengan soal-soal yang disajikan, kenyataan dilapangan dari tahun ke tahun UN di curangi, guru yang jawab soal. Menurut saya, UN tetap berlanjut dengan 20 paket atau lebih, kelulusannya gak dipengaruhi oleh nilai UN, jadi sekolah gak merasa terbebani, gitu lho…

  7. Anonim says:

    Saya siswa SMA kelas XII,,
    menurut saya bisa2 saja 20 paket soal, itu semua kan kuncinya harus belajar, tetapi Apa alasannya UN sampai 20 paket mengapa dari 5 paket tidak mengawali 10 atau 15 paket dan langsung ke 20 paket soal…?

    • ifha says:

      betul kata anonymous ,mengapa harus 20 paket,kok dari 5 paket langsung meningkat tiba-tiba 20 paket,,

  8. ifha says:

    mau download kisi-kisi ,,ngga bisa,,,terus 20 paketttttttt lagii.

  9. robii says:

    yang bener adja 20 pakettt
    alasanya apa sihhhh sampai 20 pakettt

    • Anonim says:

      saya wakil dri…siswa smp yelah siap menghadapi ujian akhir ….tetapi ba.xk hal sya ucapkan pda tmn” sya bhwa jngan takut menghadpi ujian.x dngan bljr giat pzty bsa mencapai sukses aminnnnnnnnnnnnnnnnnn…..salam

  10. Ayu Ridhoni says:

    izin dowld ya …thanks

  11. laili fitriana says:

    wow harus semangat belajar….
    fighting !!!!!

  12. Anonim says:

    Entooog mak mane nia un ni ase dd klulus gara dua puluh paket ni lok mane h tini

  13. Kasmir juliansa says:

    Kance”semoga kite lulus gale walaupu kite adapi ni due pule paket kite same”bedoa

  14. Ping-balik: Tentang POS UN 2013 « Pagar Alam dot Com

  15. muhamad ramdani says:

    20 paket,? insya allah dani bisa !

  16. cithus says:

    gila 20 paket???
    pa gk mati thu??

  17. yusuf says:

    20 paket??
    bkin pusing kepala,,,gx bsa d.kurangi apa???

  18. sahri says:

    masa 20 pket cah????????
    mbok kwe ae seg nggarap,,jal izo rag????

  19. Dos santos says:

    Un ini bisa membuat seluruh siswa-siswi stres..

  20. Pusing 20 paket..???!!
    Blajar,bljar dan belajar.
    Teruusss

  21. Anonim says:

    Sungguh sungguh pusiiiing
    lebih dri 7 keliling

  22. nurul says:

    kenapa mesti di buat 20 paket,, kenapa UN nya tidak di hapuskan saja

  23. jangan tanya mengapa ,, lebih baik persiapkan diri , berdo’a dan usaha ..

  24. Anonim says:

    Jujur guw bener2 pusing sAmpai2 gw jdi emosih…..pusing….pusing…..pusiiiiiiiiiing…….

  25. Anonim says:

    20 paket gampaaangg thuu….
    gk ush susah”….

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: