Powerpoint 3 : Cara Menggunakan Trigger

Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai trigger dalam powerpoint. Trigger ini dapat digunakan untuk interaksi dalam bahan ajar powerpoint. Prinsip kerjanya adalah ketika tombol navigasi di klik, maka trigger akan bekerja dengan menampilkan gambar atau animasi maupun video yang hendak kita tampilkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pemanfaatan trigger dalam media presentasi powerpoint :

1. Pilih layout dari sebuah slide pada powerpoint yang akan di beri trigger dan buatlah shape (tombol navigasi) sebanyak yang dibutuhkan sesuai dengan keinginan kita.

2. Masukkan sebuah gambar atau animasi maupun video yang akan digunakan sebagai trigger dari sebuah folder yang sudah ditentukan.

3. Buatlah animasi sebagai trigger dengan cara mengklik gambar tersebut, kemudian tekan menu animation dan pilih tombol custom animation.

4. Pastikan gambar yang dipilih sudah benar, kemudian tekan tombol add effect -> entrance ->pilih effect yang diinginkan.

5. Untuk pengaturan trigger klik tombol custom animation -> tekan tombol trigger -> pilih start effect on click of -> pilih kotak pertama (animasi 1 ) -> ok.

6. Jika trigger sudah berhasil dibuat, maka akan terlihat icon tangan dan pada jendela animasi terdapat tulisan trigger…

7. Ulangi pembuatan trigger berikutnya dengan langkah-langkah seperti diatas. Tujuannya adalah pada saat animasi ke-2 muncul maka animasi ke-1 hilang. Begitu sebaliknya. Caranya berikan animasi exit dalam trigger animasi ke-2 pada saat animasi ke-1 muncul, sebaliknya masukkan animasi exit pada animasi ke-1 dalam trigger animasi ke-2. Ubah animasi exit dari keduanya mulai strat menjadi with previous.

Demikian sedikit tutorial mengenai bagaimana cara penggunaan trigger dalam presentasi menggunakan powerpoint. Semoga bermanfaat….

 

Artikel Lainnya :

 

 

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Powerpoint 3 : Cara Menggunakan Trigger

  1. yantisragi mengatakan:

    sungguh salut … dedikasi Pak Ibnu Fajar dalam membelajarkan masyarakat … terima kasih saya ikut belajar dari bapak … guru masyarakat, dimana2 menebar ilmu … smg Allah membalas kebaikan bapak … salam dari Pekalongan (Apriyanti Arifin)

  2. asna mengatakan:

    terima kasih… tulisan anda sangat membantu saya.🙂

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: