Daya Tarik Amerika Untuk Melanjutkan Studi

Tidaklah merupakan hal yang mengherankan, jika dari tahun ke tahun mahasiswa dari luar Amerika selalu meningkat untuk menimba ilmu di Amerika. Sesuai dengan pemberitaan VOA Indonesia edisi 21 November 2012 yang berjudul Jumlah Mahasiswa Asing di AS Semakin Bertambah Banyak. Dari hasil laporan Open Doors edisi terbaru yaitu suatu proyek gabungan antara Departemen Luar Negeri dan Institut Pendidikan Internasional, sebuah organisasi pendidikan dan pelatihan non-profit.

Hasil laporannya menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6 % dari tahun sebelumnya, dimana negara China, India, dan Korea merupakan negara yang paling banyak mahasiswanya yang melanjutkan study di Amerika. Hal ini dimungkinkan karena adanya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup di negara-negara tersebut. Walaupun Indonesia tidak termasuk tiga besar, namun mahasiswa Indonesia juga relatif lebih banyak dibanding di negara-negara lain.

Sebenarnya apa yang menjadi daya tarik dari perguruan tinggi di Amerika, sehingga banyak mahasiswa dari luar Amerika yang mendambakan dapat melanjutkan study di sana. Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut, antara lain :

1. Tingkat keamanan yang terjamin.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa negara Amerika merupakan negara besar yang mempunyai tingkat keamanan yang stabil. Hai ini tentu merupakan jaminan yang baik, apalagi untuk menuntut ilmu memerlukan kenyamanan dan ketenangan yang optimal, sehingga hasil belajarnya juga optimal.

2. Kualitas Pendidikan.

Tidak perlu diragukan lagi akan kualitas pendidikan di Amerika khususnya perguruan tingginya, sebagai contoh Stratford University, Western International University, St Cloud State University, Oregon State University, dan masih banyak yang lainnya.

3. Reputasi

Di samping memiliki banyak universitas berkualitas tinggi dan diakui di seluruh dunia. Gelar dari universitas – universitas di Amerika umumnya akan dipandang lebih bergengsi dibandingkan universitas dari negara lain.

4. Pola Pengajaran

Pola pengajaran perguruan tinggi di Amerika memungkinkan mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah di luar jurusan yang dipelajari, hal ini memungkinkan jika jurusan yang diambil tidak cocok bisa langsung berpindah jurusan tanpa ada kerugian waktu.

5. Kesempatan Kerja

Karena mempunyai reputasi yang tidak diragukan, maka alumni dari perguruan tinggi Amerika akan lebih mudah untuk mendapatkan peluang kerja.

6. Kemudahan Untuk Mendapat Visa Pelajar.

Amerika memberi kemudahan-kemudahan bagi para pelajar dan mahasiswa dari luar Amerika untuk melanjutkan studinya dengan mempermudah mendapatkan visa pelajar di bandingkan dengan negara lain.

Di samping enam alasan tersebut di atas tentu saja masih banyak alasan pribadi lain yang menjadikan seseorang ingin melanjutkan studi di Amerika.

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Daya Tarik Amerika Untuk Melanjutkan Studi

  1. gomudaonline mengatakan:

    yah, pendidikan diluar negeri sana memang ketat dan kualitasnya bagus bagus. sayapun ingin sekali pergi study abroad… semoga terlaksana… by the way Amerika terutama Harvard sedikit tercoreng karena ada mahahsiswa yg nyontek…. namun demikian dapat ditangani dengan baik dan tegas

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: