Tentang Android dan Komputasi Matematika

andro5Beberapa waktu yang lalu saya membuat postingan dengan judul Belajar Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Android Gratis, kali ini saya masih tertarik tentang aplikasi androit tersebut khususnya yang berkenaan dengan matematika. Mengingat saat ini persaingan tablet atau smartphone dari vendor-vendor ternama dengan memberikan layanan-layanan yang menarik bagi para penggunanya. Selain itu memang penggunaan tablet atau smartphone semakin meningkat karena praktis bisa dibawa kemana-mana.

Ternyata saat ini sistem android juga dapat melakukan komputasi matematik yang cukup memadai baik melalui tablet atau smartphone  antara lain dapat melakukan komputasi ala Matlab, Mathematica/Maple, pemrograman C, penulisan dokumen matematik dengan sistem LaTeX, dll.  Yang tak kalah menggembirakannya, sebagian besar berupa free applications alias gratis. Berikut beberapa aplikasi terkait yang layak dicoba.

1. Matlab Like

Dapat diunduh secara gratis yang merupakan cloning Matlab untuk sistem Android yaitu ADDI

andro1

Lebih dari sebuah kalkulator ilmiah yang berguna untuk memecahkan masalah yang kompleks Computing. Berbasis Java dan open source dengan banyak fungsi dan dapat mengurai serta menjalankan File m. (coba “edit / sdcard / test.m”). Aplikasi sejenis ADDI yang bisa digunakan adalah Mathmatiz. Untuk fungsi-fungsi Matlab, ADDI telah mengintegrasikan lebih lengkap, namun Mathmatiz mempunyai disain antar muka (GUI) serta fasilitas visualisasi grafik yang lebih bagus.

2. Mathematica/Maple Mini

MathStudio adalah aplikasi matematika yang paling komprehensif yang tersedia untuk ponsel Android dan tablet(bisa juga untuk iPad, Windows). Tersedia perintah-perintah baku Mathematica/Maple dengan fasilitas grafik 2 maupun 3 dimensi. Selain itu MathStudio merupakan aplikasi serbaguna yang tersedia di Android Market, diantaranya dapat digunakan untuk :

andro2

  1. Kalkulator, mulai dari perhitungan dasar hingga perhitungan kalkulus, MathStudio adalah kalkulator ilmiah berfitur lengkap dengan lebih dari dua ratus fungsi.
  2. Aljabar, mathStudio ini didukung oleh MobileCAS, sehingga memberi jawaban dengan cepat dan akurat tentang bentuk-bentuk aljabar.
  3. Kalkulus, untuk memecahkan turunan, integral, dan lainnya.
  4. 2D grafik, mathStudio grafik fungsi 2D, parametrik, kutub, implisit, kontur, bidang vektor, fraktal dan gambar dengan kecepatan yang mengagumkan dan akurasi.
  5. 3D grafik, membuat grafik fungsi 3D, parametrik, bola, silinder dan bidang vektor.
  6. Statistika, plot daftar data numerik dalam menyebarkan, histogram, kotak, plot probabilitas. MathStudio bahkan termasuk paket analisis regresi canggih, memilih dari fungsi regresi beberapa atau membuat sendiri.

Tidak seperti aplikasi matematika lainnya, MathStudio tidak memerlukan koneksi internet aktif, sehingga penggunaannya lebih praktis dan bisa digunakan walaupun tidak terkoneksi dengan internet.

3. C\C++

Jika anda seorang C/C++ programmer ?  Jangan khawatir!  Anda dapat membuat aplikasi sendiri di ponsel Android, dan menjalankan mereka (bahkan tanpa akses internet: compiler sedang offline). Dengan C4droid Anda dapat merancang dan mengkompilasi program C/C++

andro3

Aplikasi ini menggunakan TCC dan uClibc (atau GCC dengan libc Bionic dengan plugin), sehingga memiliki dukungan penuh dari ANSI C dan ISO C99. C4droid dapat digunakan untuk tujuan pendidikan atau untuk berlatih di C / C + + bahasa.

4. LaTeX

LaTeX telah menjadi standar penulisan dokumen matematis.  Anda yang telah terbiasa dengan typesetting LaTeX dapat bekerja di sistem Android dengan mengunduh VerbTex secara gratis.  VerbTex akan mengkompilasi dokumen anda secara online.

andro4

Masih banyak aplikasi-aplikasi terkait matematik yang tersedia di Android.  Semuanya tentu diharapkan akan dapat meningkatkan efisiensi proses komputasi matematik, baik secara numerik maupun simbolik. Selamat mencoba….

Sumber : kuthaardana.com

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: