Lomba Mathematic Innovative Kerjasama Microsoft Partner In Learning dan P4TK Matematika

Math gameSalah satu pendekatan pembelajaran Matematika yang saat ini telah terbukti menjadi pembelajaran yang efektif adalah dengan memanfaatkan TIK sebagai perangkat bantu visualiasasi Matematika. Salah satu implementasi TIK dalam pembelajaran adalah Multimedia Pembelajaran Inovatif (MPI). MPI dapat dijadikan sebagai sebuah sarana visualisasi bagi guru dan berperan besar bagi proses pembelajaran siswa mandiri.

Sebagai salah satu upaya untuk lebih meningkatkan motivasi pembuatan materi-materi yang berkiblat pada MPI dan juga mendukung kemajuan pendidikan nasional di Indonesia. Microsoft Partner In Learning dan P4TK Matematika Yogyakarta mengadakan kompetisi inovasi pembelajaran matematika yang merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diberi nama Mathematic Innovative Competition (MATIC) dengan sasaran seluruh guru matematika di Indonesia.

Adapun tujuan dari kompetisi tersebut adalah untuk Meningkatkan kreativitas guru-guru Matematika Indonesia dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sebagai alternatif pembelajaran berbasis ICT (ICT Based Learning) yang dibuktikan kebermanfaatannya dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas.

1. Peserta
Peserta adalah guru Indonesia yang mengajar Matematika dan masih aktif mengajar di TK/RA/PAUD, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK atau sederajat.

2. Waktu Pelaksanaan Lomba
Kegiatan dilaksanakan 20 Desember 2012 hingga 26 Februari 2013 dengan rincian:

  • Pengumpulan Karya Terakhir : 20 Januari 2013
  • Masa Penjurian: 21 Januari 2013 – 16 Februari 2013
  • Pengumuman Finalis and Award : 25 Februari 2013

3. Tempat Pelaksanaan
Kegiatan dilakukan secara online melalui kanal website http://inovasi.pil-indonesia.com dan http://p4tkmatematika.org

4. Persyaratan

Syarat Administrasi :

  • Lomba bersifat perorangan.
  • Peserta adalah Guru Matematika TK/RA/PAUD, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK/MAK atau sederajat yang masih aktif mengajar.
  • Peserta mengisi dan melengkapi formulir isian lomba secara digital kemudian diunggah di Skydrive.
  • Formulir isian lomba harus disertai referensi penelitian terdahulu dan lampiran-lampiran lain yang dibutuhkan.
  • Peserta membuat pernyataan originalitas karya di atas kertas bermaterai yang ditandantangani yang bersangkutan dan diketahui kepala sekolah (berstempel). Surat tersebut discan dengan format jpg dan diunggah di SkyDrive.
  • Karya lomba tidak mengandung unsur SARA.
  • Semua karya yang diterima panitia menjadi hak panitia.

Syarat Karya :

  • Hasil karya diramu dalam komponen multimedia seperti animasi atau video pembelajaran.
  • Setiap isi yang dipaparkan di dalam MPI memuat indikator, materi utama, materi tambahan, latihan, rangkuman, soal latihan/contoh soal dan evaluasi.
  • Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  • Apabila dalam pembuatan MPI peserta perlu mencuplik karya orang lain sebagai referensi/bahan pelengkap sajian, maka peserta harus mencantumkan sumber cuplikan tersebut.
  • Karena dirancang untuk pembelajaran yang fleksibel (self learning) maka MPI tersebut harus dapat dijalankan dan dipelajari secara mandiri oleh siswa.
  • Peserta harus memiliki akun Live ID atau Office 365
  1. Peserta yang merupakan anggota komunitas COMMIT, MGMP, atau alumni diklat P4TK Matematika dapat menggunakan akun email komunitas Office 365 @xyz.p4tkmatematika.org.
  2. Peserta lain yang belum memiliki akun di P4TK Matematika dapat menggunakan Live ID yang dapat dibuat secara mandiri di http://account.live.com
  • Peserta harus mendaftarkan diri ke komunitas Internasional Partner In learning dengan menggunakan akun Live ID atau Office 365 yang sudah dimiliki. Proses registrasi Office 365 dapat dibaca di http://inovasi.pil-indonesia.com.
  • Seluruh hasil karya diunggah ke media penyimpanan online di SkyDrive. Proses pengunggahan SkyDrive hasil karya dapat dibaca di http://inovasi.pil-indonesia.com.
  • Karya yang dikembangkan disarankan menggunakan perangkat pembelajaran dari Microsoft Learning Suite yang dapat diunggah secara Cuma-Cuma di tautan http://www.pil-network.com/Resources/Tools/ .
  • Konfirmasi hasil karya tidak dilakukan melalui email melainkan melalui formulir submisi online yang ada di http://inovasi.pil-indonesia.com .
  • Karya yang dilombakan tidak pernah menjadi juara pada lomba yang sama di tingkat Nasional atau lebih tinggi (internasional) sebelumnya.
  • Peserta bukan pemenang pada NITC Microsoft Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya.
  • Bagi karya yang menjadi juara, apabila dikemudian hari ternyata terbukti bahwa karya tersebut adalah tidak original dalam ide dan kreasi (dibuatkan orang lain) maka Microsoft Indonesia berhak mencabut gelar kejuaraan dan yang bersangkutan wajib mengembalikan semua hadiah serta menyampaikan permohonan maaf di surat kabar nasional.

Demikian informasi lomba Mathematic Innovative Competition (MATIC) ini saya sampaikan, semoga banyak rekan-rekan guru matematika yang berminat untuk ikut berpartisipasi.

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

3 Responses to Lomba Mathematic Innovative Kerjasama Microsoft Partner In Learning dan P4TK Matematika

  1. Aneka HOT mengatakan:

    Melu ora ya?😆

  2. Ping-balik: Alhamdulilah Saya Menang Dalam Mathematic Innovation Competition | Pagar Alam dot Com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: