NISN Tidak Valid Menghambat Pendaftaran SNMPTN 2013

snmptn 20122013Tugas rutin tahunan saya yaitu mendaftarkan siswa/i di sekolah saya untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan tahun 2013. Namun tahun ini ada yang mengesalkan saya, pasalnya ada 91 siswa yang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidak valid dari 272 siswa kelas XII saat ini. Permasalahan tidak validnya data juga baru kami ketahui setelah kami mencoba mendaftarkan siswa/i kami pada pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Tentu saja hal ini menjadi hambatan kami dalam mengentri data siswa di sekolah kami pada pengisian PDSS. Dan saya yakin NISN yang tidak valid tidak hanya terjadi di sekolah kami saja dan pasti terjadi juga di sekolah lain.

Berikut ini contoh NISN yang valid dan tidak valid dari siswa kami :

nisn tidak ada

Gambar NISN tidak valid

NISN ADA

Gambar NISN yang valid

Akhirnya dengan terpaksa kami tunda dulu pendaftaran atau pengisian PDSS dari sekolah kami. Adapun langkah yang kami lakukan saat ini adalah mendaftarkan kembali ke-91 siswa kami yang NISNnya tidak valid dengan mengajukan NISN baru. Bagi sekolah yang mengalami nasib sama dengan kami, bisa download formulir pengajuan NISN ( formulir A1) disini. Kemudian isikan daftar nama-nama siswa yang NISNnya tidak valid, kemudian dikirim melalui email ke alamat nisn_pdsp@yahoo.com.

Kami hanya bisa berharap semoga saja NISN yang kami ajukan segera terbit, mengingat waktu pengisian PDSS pada 17 Desember 2012 s.d. 8 Februari 2013. Sehingga siswa yang NISNnya tidak valid masih bisa kami daftarkan melalui jalur SNMPTN tersebut, karena diantara mereka ada beberapa siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik.

Terkait NISN  tidak valid tersebut, ada seorang kawan guru yang mengaku sudah berupaya mempertanyakan permasalahan itu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta mencoba menghubungi call center SNMPTN 2013. Namun, katanya, hingga saat ini tidak ada tanggapan.

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

76 Responses to NISN Tidak Valid Menghambat Pendaftaran SNMPTN 2013

  1. SEOrang Warga mengatakan:

    Bagus sekali postingan ini pak. Seandainya saja semua atau sebagian besar guru di Indonesia bisa mengelola blog seperti ini betapa bahagia dan bangganya kami sebagai wali murid kepada para pendidik seperti bapak. Salam hormat dan tetap semangat untuk terus berkarya ya pak..

  2. SEOrang Warga mengatakan:

    Bagus sekali informasi yang disampaikan pada postingan ini pak. Seandainya saja semua guru bisa mengelola blog sebagus ini, betapa bangganya kami sebagai wali murid memiliki anak yang menjadi anak didik seorang pendidik seperti bapak.

  3. Abdul Rauf mengatakan:

    maaf pak,,, untuk NISN nya sudah dapat belum,,,, jika sudah mohon tipsnya??? terima kasih

  4. seira mengatakan:

    malam pak, mau tanya,
    saya siswa kelas XII,
    pada kartu NISN saya, terdapat kesalahan penulisan nama, tetapi bila dicek di web nisn, nisn saya dan nama saya ada, tp ya itu penulisan namanya salah. apa ini bisa berakibat fatal ya utk UN? lalu apa yg harus saya lakukan? saya sudah melapor ke petugas TU, tp sepertinya petugas TU jg krg mengetahui. mohon bantuannya pak, terima kasih.

  5. mau nanya ,NISN ku kan 9940612526 tapi saat pengisian PDSS sekolah mengganti NISN ku menjadi 2790000000,apakah itu tidak berpengaruh untuk UN,dan penfaftaran SNMPTN..

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa NISN anda tidak valid, sehingga sekolah menggunakan NIS sekolah pada saat entri data PDSS. Untuk UN dan SNMPTN nggak ada pengaruhnya, tenang saja

  6. shany carolina mengatakan:

    maaf pak saya mau nanya NISN saya kan 9973231962 tapi di skhu saya salah , saya mau daftar SMA Negeri , apa akan menghambat diterima di SMA Negeri
    Terima Kasih sebelumnya

  7. Anonim mengatakan:

    maaf pak saya juga mau tanya jika tempat lahir saya di nisn itu salah tidak sesuai dengan ijazah apakah ada pengaruhnya nanti dalam snmptn ?

  8. Anonim mengatakan:

    Permisi
    maaf sebelumnya mohon dibaca sebentar pak🙂
    Jika Nama saya berbeda dengan nama di NISN,Hanya berbeda 1 kata
    apakah berpengaruh dalam pendaftaran2 di perguruan tinggi ??????
    Terima Kasih
    Mohon Jawabanya🙂

  9. dimas.m. mengatakan:

    Maaf pak saya mau tanya, saya dari sekolah dapat NISN 9946279881. setelah saya cek diweb ternyat pada nisn tersebut nama saya salah nama saya berubah menjadi dhimas muji sedangkan nama asli saya dimas muji pangestu,,,
    setelah saya cari dgn nama asli saya ternyata ketemu dengan data2 nama dan tgl lahir yg betul tetapi dengan nomor yg berbeda yaitu 9942364835,.. bagaimana itu pak? apakah akan bermasalah?

  10. Abdul Malik Ibrahim mengatakan:

    Assalamu ‘Alaikum,
    Maaf Pak, Saya mau tanya. saya dari sekolah dapat NISN yaitu 9981385735. waktu saya Check di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data, tidak ada dan tidak valid. bagaimana itu, Pak?

  11. afrida mengatakan:

    Assalamualaikum,
    Saya ingin bertanya, di nisn saya nama saya ada yang salah disalah satu hurufnya,apakah itu juga berdampak saat saya mendaftar SNMPTN karena saat ini saya kelas XII?
    Mohon bantuannya
    terima kasih

  12. Anonim mengatakan:

    Saya mau nanya, tolong di jwab pak .
    skrg saya kls XII , pada NISN saya terdapat kesalahan nama dari Purnama menjadi Permata . itu bagaimana ? apakah ada akibat yg fatal untuk UN, PDSS dan SNMPTN pak ?

  13. Anonim mengatakan:

    NISN saya sama dengan NISN teman saya
    (alumni SMP yang sama) dan nama dia yang tertera di Dapodik. Dan saya bingung harus Bagaimana! saya ingin mendaftar SMPTN 2014 tapi karena NISN tidak valid dan apesnya hanya saya yang bermasalah jadi saya di blacklist dari pengisian PDSS. saya tidak tahu apa masih ada kesempatan untuk saya mendaftar SMPTN !

  14. Mega mengatakan:

    jika NISN nya tidak bisa diperbaiki karena waktunya sudah sangat mepet.
    apa dengan cara memakai NIS dan di tambah 000 seperti komentar bapa yang di atas apakah bisa dan efektif?

  15. ahmad ghozali mengatakan:

    ass wr wb. pak nin saya tidak valid. tapi sekolah sudah memberikan pdds ke saya dan bisa login. apakah nisnnya yang tidak valid perlu diperbaiki, sedangkan pddsnya bisa saya buka.

  16. ass wr wb. pak nisn saya tidak valid. tapi sekolah sudah memberikan pdds ke saya dan bisa login. apakah nisnnya yang tidak valid perlu diperbaiki, sedangkan pddsnya bisa saya buka.

    • Ibnu Fajar mengatakan:

      NISN kalau tidak valid sebenarnya tetap diperbaiki walaupun nggak bermasalah pada PDSS, tapi nanti ada utk kepentingan lain seperti penerbitan ijazah

  17. art mengatakan:

    pak… saya kelas XII, biodata saya salah pada nisn tepatnya bulan lahir, saya ingin mengikuti SNMPTN apakah biodata yg salah tersebut berpengruh trh saya akan masuk SNMPTN???

  18. pak .
    saya kelas XII . pada pengisian pdss login siswa untuk pendaftaran jalun SNMPTN nama saya kurang 1 huruf di pdss tersebut.
    apakah itu bisa berakibat buruk atau menghambat saya masuk melalui SNMPTN.
    Mohon petunjuknya
    Terima kasih pak.

  19. Nasrullah,S.Pd mengatakan:

    As.Al.Wr.Wb…., sebaiknya pada penulisan NISN di ijazah agar dicek betul, jangan sampai NISN yang ditulis tidak valid atau bahkan bisa saja NISN milik orang lain. terutama dari SD karena dasar penulisan Ijazah di SMP dan SMA. (kalau memang tidak valid lebih baik dikosongkan saja dulu dari pada bermasalah nantinya, setelah mendapatkan NISN yang valid baru ditulis ). salam…

  20. echa mengatakan:

    ass wr.wb
    mau tanya pak , kan nmr ujian saya blm turun tp saya udah daftar SNMPTN dan saya sudah dapat kartu pendaftaran .apakah nanti nmr ujian bisa mempengaruhi SNMPTN pak ?

  21. eka sri fadhilah mengatakan:

    klo semisal nomor ujiannya salah itu berpengaruh gak pak sama seleksi SNMPTN ?
    soalnya nomor ujian sya blm turun tp sya udah daftar SNMPTN udah dpt kartu pendaftaran juga pak gmna ?

  22. racel mengatakan:

    pak nomor ujian yang dicantumkan salah tapi sudah di finalisasi, apakah akan berpengaruh pada penerimaan snmptn ?

  23. Licia Audina mengatakan:

    pak, data saya di pdss sudah diverifikasi, namun setelah di cek di web nya kemendikbud, nisn saya tidak valid apakah ini bermasalah dengan snmptn saya, pak?
    mohon sarannya..

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Yg berpengaruh terhadap SNMPTN nilai raport dan UN serta data yang valid. Kalo pendaftaran di SNMPTN belum difinalisasi data anda masih bisa diperbaiki lagi

      • khaidarwafiq mengatakan:

        Kalo sudah di finalisasi dan di lock bagaimana pak ? Apakah sudah tidak bisa di perbaiki lagi.. Saya sudah verifikasi dan sudah di tutup PDSSnya.. Namun NISN saya ternyata tidak valid.. Setelah saya cek di web ternyata beda NISN ,.. Apakah itu sangat berpengaruh dengan SNMPTN saya ? Terima kasih.

  24. Aliza mengatakan:

    Ass , ,
    pak saya ingin brtanya nama pserta snmptn saya kan slah , dan sya jg siswa peserta bidikmisi , waktu lapor dgn phak sklah , di anjurkan pda data bidikmisi nama sya harus sesuai dgn nama pda pserta snmptn , , apakah nanti berpengaruh pda UN , dan SNMPTN?
    Trimakasih pak sblumnya ,

  25. april mengatakan:

    kalau NISN siswa salah, apa bisa diperbaiki? sedangkan pdss sudah diverifikasi. Mohon bantuannya.

  26. permisi pak
    saya mau bertanya pak, pada saat pengisian data formulir snmptn saya diminta untuk mengisi NIS saya, tapi saya kurang teliti saya mengisi kolom tersebut dengan NISN saya.
    apakah itu dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya saya di PT tersebut?
    mohon bantuannya pak
    terimaksih sebelumnya.

  27. permisi pak
    saya mau bertanya pak, pada saat pengisian data formulir snmptn saya diminta untuk mengisi NIS saya, tapi saya kurang teliti saya mengisi kolom tersebut dengan NISN saya dan data tersebut sudah saya finalisasi
    apakah itu dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya saya di PTN tersebut?
    Mohon bantuannya pak.
    terimaksih sebelumnya

  28. Anonim mengatakan:

    Assalamualaikum Pak.
    begini pak NISN sayakan 9963280563 tapi setelah saya mencek NISN saya di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/. biodata saya tidak sesuai pak, mulai dari nama, jenis kelamin, tgl lahir, dan tempat lahir saya salah semua pak. tidak sesuai dengan biodata asli saya. apakah ini berpengaruh dalam penerimaan SNMPTN?
    di mohon balas pak.

  29. Irena mengatakan:

    Nama saya berbeda 1 huruf di data yg dimasukkan dengan data yg didaftarkan.
    Gimana itu,berpengaruhkah dengan snmptn ?

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Kalo menghambat sih nggak juga, namun jika nanti ditrima buat surat keterangan dr kesalahan namanya…

      • Azdiyafi U mengatakan:

        Pak, nama sayakan Azdiyafi, tapi di NISN namanya Azdiafi. Apakah itu bisa berdampak buruk pada nilai UN? & kalo UN pas mau ngisi namanya apakah Azdiyafi/Azdiafi?
        Terima kasih.

  30. Rahad mengatakan:

    mau tanya pak
    kalo nisn nya diganti dengan nis ditambah 00000, misalnya 1955500000 apakah mempengaruhi penilaian snmptn?

  31. nova rosdiana mengatakan:

    Asslankum wr,wb pak,anak saya kls 6 SDN BAMBU APUS 2 TANGSEL.mau pesantren hrs ada NISN,saya tanya kesekolah blum ada.pihak sekolah tdk bsa bantu karna anak saya pindahan dr cianjur saat kls 4,mhon bantuannya pak wslm.

  32. mugi santoso mengatakan:

    selamat siang pak,
    pak, nisn nasional saya yang tertulis di lapor sekolah berbeda dengan nisn yang tertulis di data snmptn 2014( nisn yang dikasih sekolah ). apa dampaknya terhadap snmptn pak, saya telah lulus snmptn di sebuah ptn, saya takut hanya karena nisn yang berbeda, gugur hak saya diterima di ptn tersebut pak. mohon pencerahannya,,,,

  33. mugi santoso mengatakan:

    selamat siang pak,
    pak, nisn nasional saya yang tertulis di lapor sekolah berbeda dengan nisn yang tertulis di data snmptn 2014( nisn yang dikasih sekolah ). apa dampaknya terhadap snmptn pak, saya telah lulus snmptn di sebuah ptn, saya takut hanya karena nisn yang berbeda, gugur hak saya diterima di ptn tersebut pak. mohon pencerahannya,,,,

    • Yusuf Pratama mengatakan:

      saya juga mengalami hal yang sama dengan anda mas.. saya baru sadar NISN yg dikasih sekolah berbeda sama NISN saya yg tertera di rapor.. apa yg akan terjadi mas?

      • Damar mengatakan:

        saya juga sama. nisn snmptn berbeda dengan nisn un, ketika saya cek di web snmptn memang benar data saya, tapi ketika dicek di dapodik itu nisn orang lain

  34. fadhil mengatakan:

    Kalau saya salah nama di nisn
    Apa lapor nya ke sekolah SD atau SMA ?

  35. Hery Alex Mercer mengatakan:

    pak saya mau tanya NISN saya ada 2 di sd sama smp parahnya lagi kedua NISN tersebut tidak valid sedangkan sebentar lagi ada ujian nasional jadi apa yang harus saya lakukan mohon bantuanya.
    mohon maaf sebelumnya trimakasih..

  36. saya mau tanya jika nama pada nisn kurang 1 kata gimana mempengaruhi ujian nasional atau snmptn atau tidak? mohon jawabannya

  37. Tolong Cepat di balas Ya Pak

  38. Sahlina Adha Lubis mengatakan:

    assalamu’alaykum pak, sekarang saya kelas XII nama di nisn saya kurang dengan yang ada di ijazah. mis: NAMA di NISN : SAHLINA ADHA
    NAMA di IJAZAH: SAHLINA ADHA LUBIS
    apakah itu berakibat fatal saat mendaftar snmptn pak?
    mohon jawabannya pak🙂

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Wslmn…
      Pertanyaan sejenis sepertinya sudah banyak disampaikan di komentar sebelumnya, kalau nama yang nggak lengkap sepertinya nggak ada masalah, tp jika NISNnya yang berbeda silakan konfirmasi ke admin sekolah untuk disesuaikan

  39. Siti nurlaelatul mengatakan:

    Ass ..
    Tangal lahir saya salah ,saya sudah kelas IX . Mau mengikuti UN ,,
    bagaimana ppak ??

  40. Anonim mengatakan:

    Maaf pak sebelumnya. Saya mau tanya
    awalnya nisn sd saya tahun lahirnya 99 padahal aslinya 98. Tahun nisn.nya tidak di rubah
    kemudian ijazah sd saya jg 99 tp sudah di ubah 98.
    Saya sekarang kelas 10 smkn.
    Ijazah smp saya tahunnya 98.
    Dan ahirnya nisn saya tidak invalid. Terus gimana pak?
    Kan nisn bwt un nantinya ??
    Mohon di balas pak makasih

  41. CCC mengatakan:

    Assalamualaikum pak sya mau tanya, syakan mU verivikasi nilai di pdss tpi saat sya akan login nisn saya tidak ditemukan, lalu sya harus bagaimana?

  42. siti mardtiah mengatakan:

    assalamualaikum pak saya mau nanya, pdss saya gak bisa di buka katanya NISN tidak di temukan, padahal di data dapodik nisn saya benar.nah itu gimana pak solusinya

  43. Anonim mengatakan:

    Ass pak
    saya mau nanya apakan kode pos dengan nomor telpon tu terpengaruh dalam pendaftaran snmptn ?

  44. Yusuf Pratama mengatakan:

    Assalamualaikum pak saya mau tanya..
    Saya dapat NISN dan password untuk PDSS dari sekolah, NISN saya tersebut baru saya sadari ternyata berbeda dengan NISN yang tertera pada kartu SD saya pak (ada NISNnya).. Saya coba cek di website nisn.data.kemdikbud.go.id dengan NISN saya yg baru dikasih ini, itu valid, muncul nama saya pak.. Lalu bagaimana pak? Apakah NISN yg saya pakai yg terlanjur ini atau harus saya ganti seperti NISN yg sebenarnya? Apakah akan berakibat fatal pak untuk pendaftaran SNMPTN saya?
    Mohon penjelasannya pak, terima kasih

  45. marina mengatakan:

    Permisi mau tanya
    Klo NISN smp sama NISN di ijasah sma beda itu harus gimana ya?
    Saya alumni dan mau mendaftar diperguruan tinggi
    Saya baru tau sekarang
    Mohon bantuannya

  46. veronica debora mengatakan:

    Assalamualaikum pak maaf sebelumnya
    Mau tanya, kalau penulisan tanggal lahir ada yang salah .itu apakah berpengaruh thdp snmptn ?

  47. Rika mengatakan:

    Maaf pak saya mau nanya
    Saya kan mengikuti snmptn
    Jadi saya salah memasukkan NIS
    yang saya masukan malah NISN
    Apakah berpengaruh terhadap penilaian pak?
    Sekian terimakasihh

  48. aul mengatakan:

    pak kalau saya salah masukkin nis, malah masukkinnya nisn itu berpengaruh ga?

  49. Siti Sofiyah mengatakan:

    assalamualaikum pak
    saya sudah lulus 2 tahun yang lalu dari SMA dan sya baru tau kalo Nisn yang ada di raport smp sy tidak valid saat saya cek di kemdikbud.. sedangkan sekarang sya mau mendaftar di perguruan tinggi swasta.. apakah akan berpengaruh? atau tidak pak.. tolong balasanya ya.. terima kasih

  50. julia mengatakan:

    kalau no NISN saya berbeda dengan no NISN di ijazah apakah akan berakibat fatal jika UN ? Mohon dibalas ..

Terima Kasih Atas Komentar Anda

