Paparan Mendikbud dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Tentang UN 2013

Mendiknas M Nuh

Mendiknas M Nuh

Secara pribadi saya menulis artikel ini oleh karena saya tidak begitu paham dengan isi dari paparan mendikbud dalam jumpa pers akhir tahun ini, sehingga menggelitik saya untuk menuangkan dalam artikel ini. Mengenai tema dari paparan ini secara pribadi indah sekali membacanya, namun maksud dari tema tersebut dengan isi pemaparannya menjadi bingung menterjemahkannya. Adapun tema dari paparan tersebut adalah “Membeli masa depan dengan harga sekarang”. Keren khan ??

Dalam kesempatanini saya lebih cenderung menggarisbawahi tentang pelaksanaan ujian nasional 2013 yang akan datang. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa hingga detik ini POS UN 2013 belum ada, hingga saat ini baru ada kisi-kisi UNnya saja sedangkan POS UN 2013 belum dikeluarkan oleh BSNP. Hal ini menurut saya pribadi dimungkinkan tentang adanya perubahan kebijakan kemendikbud yang akan menyelenggarakan UN2013 sebanyak 20 paket.

Menyikapi akan hal ini, juga dalam pernyataan jumpa pers ini salah satunya mengenai pelaksanaan Ujian Nasional 2013. Pada halaman 77 dijelaskan tentang peningkatan mutu UN dan pemanfaatannya. Disana tertulis semangat perbaikan UN adalah untuk meningkatkan kredibilitas dan prestasi, serta sebagai “passport” untuk melanjukan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu UN juga untuk pemetaan, sebagai landasan perbaikan mutu pendidikan secara merata (mempersempit standar deviasi antar wilayah). Pertanyaan saya apakah dengan pelaksanaan UN dapat mengatasi pemerataan kualitas pendidikan di wilayah Indonesia yang mempunyai permasalahan yang kompleks dan beragam ?

Selanjutnya pada halaman 78 menjelaskan perbedaan UN 2012 dan UN 2013 sebagai berikut

UN 2012 2013

Disini terlihat bahwa keterlibatan pihak perguruan tinggi sampai pengawasan terhadap pelaksanaan ujian pada paket C. Juga jumlah paket soal yang dari 5 paket menjadi 20 paket. Mengenai penggadaan soal yang semula terpusat menjadi terpusat security printing. Apakah dengan cara ini juga akan memperbaiki Ujian Nasional ?

Untuk lebih jelasnya silakan anda download isi paparan mendikbud ini disini.

sumber : kemendiknas.go.id

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Paparan Mendikbud dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Tentang UN 2013

  1. Sembito mengatakan:

    UN itu bagus untuk pendidikan tapi kalau tidak bisa mengatasi kebocoran soal soal nya lebih baik jangan diselenggarakan hanya menghabiskan uang rakyat

  2. fitri binti abdurachman mengatakan:

    makasih bnyak buat infonya cz ini sangat brguna buat saya

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: