Facebook Akibatkan Pelajar Malas dan Bodoh

facebookJejaring sosial di kalangan pelajar adalah suatu hal yang sudah menjadi kebutuhan primer pada diri mereka. Seperti misalnya facebook, twitter, maupun beberapa jejaring sosial lainnya. Bagi pengguna Facebook yang masih sekolah yang notabene berkategori sebagai berhati-hatilah! Menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University, semakin sering Anda menggunakan Facebook, semakin sedikit waktu Anda belajar dan semakin buruklah nilai-nilai mata pelajaran Anda.

Begitu tertulis dalam laporan studi yang mengambil sampel 219 mahasiswa Ohio State University tersebut. Namun penulis laporan mengatakan, laporannya hanya memperlihatkan kemungkinan hubungan antara penggunaan Facebook dan menurunnya nilai-nilai yang Anda peroleh di sekolah.

Faktanya, jika Anda pengguna Facebook, kemungkinan besar Anda selalu ingin mengetahui status yang dikabarkan oleh teman-teman Anda. Kenikmatan semangkuk baso, asyiknya irama jazz, foto-foto pesta teman-teman dekat Anda, dan pertanyaan-pertanyaan yang berharap mendapatkan komentar karena Anda ingin memastikan seseorang di jaringan pertemanan Anda sedang membaca tulisan Anda memang sangat menggoda hati dan juga menyita waktu Anda. Akhirnya, Anda mungkin terpicu untuk menulis hal-hal tak penting, membaca hal-hal sepele, dan juga berpikir secara tak cerdas.

Untunglah bukan itu yang dilaporkan oleh peneliti Ohio State University. Namun disebutkan bahwa 65% mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut. Yang menarik, 79% dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan laman tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Namun yang terpengaruh adalah nilai ujian.

Sebagai guru ataupun orang tua tentulah bijaksana jika kita melarang menggunakan jejaring sosial tersebut. Yang perlu dilakukan kita sebagai pendidik adalah ikut memanfaatkan jejaring sosial tersebut, misalnya facebook dengan membuat sebuah group yang digunakan sebagai sarana pembelajaran. Misalnya saja sebagai sarana penugasan bagi siswa dapat kita lakukan melalui group yang kita buat tersebut. Hal ini tentu dapat meminimalisir penggunaan sosial media secara sia-sia dan bisa lebih bermanfaat.

Sumber : Kompas.com

 

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Facebook Akibatkan Pelajar Malas dan Bodoh

  1. Fefen mengatakan:

    Menurut Saya FB Tidak Menyebabkan Seseorang Menjadi Bodoh Atau Malas, Karena Jaman Dulu Byk Juga Yang Bodoh Dan Malas Padahal Blm Ada FB?

  2. kidzib mengatakan:

    😀 FB adalah alat. Alat ya bagaimana kita memanfaatkannya. Salam santun

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: