Area Kerja Dan Tool Pada Aplikasi GeoGebra

Gebra1Pada postingan kali ini saya mencoba berbagi tentang cara penggunaan GeoGebra yaitu mengenai area kerja dan tool yang ada pada Aplikasi GeoGebra. Namun ada baiknya anda melihat bagaimana Cara Instalasi Aplikasi GeoGebra jika anda belum memilikinya. Mengenai kata GeoGebra sendiri adalah GeoGebra merupakan kependekan dari geometry dan algebra. GeoGebra pertama kali dikembangkan oleh Markus Hohenwarter dari Austria dan dirilis sebagai perangkat lunak opensource sehingga dapat dimanfaatkan secara gratis dan bebas untuk dikembangkan.

Area Kerja Pada Aplikasi GeoGebra

Tampilan Aljabar, Toolbar, Sumbu koordinat, Input Bar, CAS, Spreadsheet, Graphics 2D/3D dapat dimunculkan atau disembunyikan melalui Menu Bar yaitu pada bagian View Menu. Namun untuk Graphics 3D merupakan fitur baru yang masih dalam ujicoba dan mulai didukung oleh GeoGebra Versi 5 Beta.

Adapun masing-masing tampilan tersebut secara detailnya sebagai berikut :

  • Tampilan Aljabar (Algebra View) – deskripsi objek pada tampilan grafik yang ditampilkan.
  • Tampilan Grafik (Graphics View)- tempat untuk kontruksi, gambar, grafik yang ditampilkan (area kerja).
  • CAS (Computer Algebra System) merupakan fasilitas yang mulai dimasukkan pada GeoGebra Versi 4.0. Fitur ini digunakan untuk melakukan perhitungan aljabar.

Gebra2

  • Graphics 2D – mirip tampilan Graphics View, bedanya untuk tampilan Graphics 2D ini apabila diaktifkan akan memunculkan jendela baru. Setiap kali kita memasukkan persamaan atau perintah pada Inbut Bar maka hasil grafiknya akan muncul pada jendela ini.

Gebra3

Menu, Toolbar Dan Tool

Seperti pada aplikasi lain, menu bar GeoGebra berada pada bagian atas terdiri atas menu File, Edit Options, Tools, Window dan Help. Di bawahnya terdapat Toolbar yang berisi menu untuk membangun, menggambar, mengukur dan memanipulasi objek. Pada setiap kategori yang ada di Toolbar terdapat beberapa tool lain yang tersembunyi, untuk menampilkannya kita dapat mengklik tanda panah kecil di bagian kanan bawah setiap kotak tool yang ada di Toolbar.

Gebra4

  • Menu Bar – digunakan untuk mengelola file, edit file dan pengaturan modifikasi.
  • Toolbar – alat-alat yang digunakan untuk menggambar, membangun, mengukur dan memanipulasi objek.

Tool yang sedang aktif ditandai dengan adanya kotak biru pada tool tersebut. Selama Tool itu sedang aktif kita bisa menggunakannya untuk melakukan tugasnya. Sehingga anda tidak perlu mengklik lagi untuk membuat objek yang sama. Setiap tool yang ada dan sedang aktif akan dijelaskan nama Tool disamping kanan dari Toolbar itu sendiri.

Demikian pengenalan mengenai area kerja dan Toolbar yang ada pada Aplikasi Geogebra, semoga di waktu yang akan datang saya dapat membuat postingan tentang bagaimana menggunakan aplikasi GeoGebra dalam membuat beberapa konstruksi geometri maupun penggunaan lainnya…

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: