Kompetisi Bagi Pelajar Berprestasi

osn-tileAda banyak kompetisi yang diperuntukkan bagi siswa siswi tingkat SMA yang berprestasi yang diselenggarakan oleh kemendikbud dalam hal ini oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) tahun 2013 ini. Dari sekian banyak kompetisi dalam postingan ini saya menekankan pada 4 kompetisi bergengsi yang wajib diketahui oleh semua pelajar SMA yaitu : Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Karena minimnya informasi yang diterima para pelajar di tanah air tentang penyelenggaraan kompetisi ini, maka dalam postingan kali ini saya bermaksud menginformasikan tentang kegiatan-kegiatan ini walaupun untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013 sudah dilaksanakan untuk tingkat kabupaten/kota. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang kompetisi bagi para pelajar SMA.

1. Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013

Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang terdiri dari 9 (Sembilan) bidang keilmuan yaitu: bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Adapun tujuan dari Tujuan dilaksanakan OSN ini adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya. Kegiatan ini juga sekaligus dapat membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, serta menjalin persahabatan dan sharing pengalaman antar sesama siswa dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Informasi lengkap tentang Olimpiade Sains Nasional (OSN 2013)  silakan Download pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2013.

2. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2013

Kegiatan ini bertujuan untuk : 1) menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian; 2) menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA; 3) memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; dan 4) mendapatkan hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat muncul talenta-talenta muda yang unggul dalam keilmuan, kreatif dalam berfikir, dan cekatan dalam tindakan.

Informasi lengkap tentang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI 2013)  silakan Download pedoman Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2013.

3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2013

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang terdiri dari 7 (tujuh) cabang seni yaitu: Cipta dan Baca Puisi, Menyanyi Solo, Seni Baca Al-Quran, Desain Poster, Kriya, Tari Berpasangan dan Teater/Drama.

Tujuan dilaksanakan FLS2N ini adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat di bidang seni, agar dapat meningkatkan skill dan kemampuan sesuai dengan bidang seni yang dimilikinya. Kegiatan ini juga dalam rangka pembentukan sikap/karakter yang penuh dengan kreativitas, rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama peserta didik untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Informasi lengkap tentang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N 2013)  silakan Download pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2013.

4. Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang terdiri dari 5 (lima) cabang yaitu : karate, silat, atletik, tenis meja, dan bulu tangkis Kelima cabang olahraga ini pelaksanaannya dimulai dari tingkat sekolah, kab/kota, propinsi dan tingkat Nasional.

Tujuan dilaksanakan Olimpiade Olaharaga Siswa Nasional (O2SN) ini yaitu: memfasilitasi dan memotivasi para siswa yang mempunyai bakat di cabang olahraga, sehingga para siswa dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang dimiliki. Kegiatan ini sekaligus dalam upaya pembentukan sikap, mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Informasi lengkap tentang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN 2013)  silakan Download pedoman Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013.

Demikian informasi tentang beberapa kompetisi bagi siswa SMA yang diselenggarakan oleh kemendikbud dalam hal ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA). Semoga bermanfaat…

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: