Berapa Hasil Operasi Hitung Dari 2 + 3 x 4

angkaSebenarnya Matematika bukanlah pelajaran yang susah. Namun entah mungkin sugesti atau phobia terhadap matematika, banyak diantara siswa yang menganggap Matematika pelajaran yang susah. Namun tahukah anda jika pelajaran Matematika dapat menjadi pelajaran yang menyenangkan jika anda bisa menggunakan metode lain dalam melakukan pembelajarannya.

Sebagai contohnya misalnya judul postingan diatas dibuat sebagai salah satu permasalahan yang dimunculkan dalam pembelajaran. Teknik dasar perhitungan Matematika pasti sudah dipelajari mulai dari SD, berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hanya ketika sebuah pertanyaan dimunculkan dalam perhitungan dasar tersebut tanpa mencantumkan tanda kurung, maka sering kali akan timbul perdebatan atau diskusi yang menarik. Bahkan mungkin ada juga yang belum mengetahui secara pasti teknik perhitungan dalam operasi Matematika.

Di sini saya akan berbagi cerita menarik, walaupun pertanyaan ini saya lontarkan kepada siswa SMA, namun jawaban mereka tidak sama. Pertanyaan saya adalah berapa hasil dari 2 + 3 x 4. Diantara jawaban mereka sebagian ada yang menjawab 20 dan sebagian lain menjawab 14. Mengapa bisa timbul dua jawaban, padahal dalam Matematika jawaban dari hasil suatu perhitungan adalah mutlak.

Bagi siswa yang menjawab 2o, alasannya adalah proses operasi hitung dilakukan secara berurutan, maksudnya 2 + 3 hasilnya adalah 5 kemudian baru dikalikan dengan 4 sehingga hasilnya 20. Kemudian yang hasilnya 14 beralasan bahwa operasi perkalian harus dioperasikan terlebih dahulu baru kemudian penjumlahan sehingga 3 x 4 hasilnya 12 kemudian baru ditambahkan dengan 2 sehingga hasilnya 14.

Dari kedua pendapat tersebut yang mana yang benar ? Jika kita benar-benar memahami dan mempelajari matematika secara sederhana maka tidak akan muncul dua jawaban melainkan satu saja. Menurut kesepakatan ahli matematika saat ini, jika tidak ada tanda kurung dalam operasi itu perkalian harus dilakukan terlebih dahulu dengan urutan dari kiri ke kanan (jika ada dua operasi perkalian dalam satu soal) kemudian setelah perkalian operasi yang dilakukan adalah penjumlahan. Dengan demikian hasil akhir yang benar dan sesuai kesepakatan dalam dunia matematika adalah 14, karena perkalian menjadi operasi pertama yang harus dilakukan.

Adapun urutan dalam operasi matematika adalah :

  • Jika ada tanda kurung maka dahulukan operasi matematika dalam tanda kurung
  • Perkalian atau pembagian menjadi fungsi operasi yang didahulukan dengan urutan bilangan kiri ke kanan
  • Penjumlahan  atau pengurangan menjadi fungsi operasi setelah perkalian dan pembagian dengan urutan yang sama
  • Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik

Sekarang apakah anda juga pernah mengalami kebingungan dalam menyelesaikan operasi sederhana pada Matematika ? Jika ya, hal inilah yang membuat Matematika itu adalah pelajaran yang sulit dan bukan karena materinya.

 

 

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

7 Responses to Berapa Hasil Operasi Hitung Dari 2 + 3 x 4

  1. Thank you, I’ve recently been searching for information approximately this topic for a long time and yours is the best I have discovered till now. But, what concerning the conclusion? Are you sure concerning the supply?

  2. I think the admin of this site is actually working hard in favor of his web site,
    because here every material is quality based stuff.

  3. pasang iklan gratis mengatakan:

    Hello everyone, it’s my first pay a visit at this web page, and article is in fact fruitful in support of me, keep up posting such content.

  4. Fatur Thok mengatakan:

    “Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik”
    Mohon dijelaskan Pak!!

  5. ibnufajar75 mengatakan:

    Hehehe… membingungkan bahasaya ya Pak….
    Maksudnya dibulatkan adalah dipangkatkan terlebih dulu sebelum dioperasikan dengan bilangan lainnya

  6. Fatur Thok mengatakan:

    Maaf, barangkali disederhanakan bukan dibulatkan. Misal Kalau pangkatnya dibulatkan begini:
    10^1,8. bila pangkatnya dibulatkan maka menjadi 10^2 = 100.
    Nah kalau pangkatnya disederhanakan contohnya seperti ini:
    (-1)^(2/6) = (-1)^(1/3) = -1. Pangkatnya 2/6 disederhanakan menjadi 1/3.
    Saya pernah menulis tentang ini, silakan dibaca http://www.mathzone.web.id/2011/11/mendefinisikan-pangkat-rasional-dengan.html

  7. andaripa mengatakan:

    kurang paham bos bingung

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: