Wisata Bandung, Pilihan Tepat Untuk Liburan Keluarga

wisata bandungLiburan adalah suatu kebutuhan bagi semua orang setelah melaksanakan berbagai aktivitas kegiatan sehari-hari. Dengan berlibur maka otak akan kembali segar sehingga hasil aktivitas kerjanya dapat meningkat. Berbicara tentang liburan tentunya yang dibicarakan tidak lepas dari daerah wisata. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tentang daerah wisata Bandung. Memang wisata Bandung tidak setenar wisata Bali yang merupakan daerah kunjungan wisata favorit baik turis domestik maupun turis manca negara. Namun ini karena promosinya yang kurang, oleh karena itu layak diberikan apresiasi kepada Trans Studio Bandung yang ikut berpartisipasi dalam memperkenalkan wisata Bandung melalui berbagai kegiatannya.

Sebagai daerah tujuan wisatawan tentu saja Bandung mempunyai fasilitas penginapan yang memadai. Berbagai macam hotel tersedia lengkap di Bandung. Salah satunya Trans Studio Bandung yang salah satu fasilitasnya adalah The Trans Luxury Hotel Bandung yang beralamat di jalan Gatot Subroto 289 Bandung, berada di posisi strategis yang ada di jantung kota Bandung. Dengan menawarkan berbagai macam kamar mulai dari Presidential Suite, Celebrity Suite, Premier Club, dan Premiere room menjadikan wisatawan mempunyai banyak pilihan sesuai dengan kemampuannya.

Bagi anda yang menyukai liburan keluarga, wisata Bandung menawarkan pilihan yang sesuai, karena di Bandung kita dapat menikmati berbagai jenis wisata antara lain :

1. Wisata Alam

Bandung memiliki banyak sekali wisata alam yang ditawarkan. Wisata Bandung berupa pemandangan alam yang menakjubkan dapat menjadi pilihan kunjungan wisata anda antara lain :

  • Gunung Tangkuban Perahu, yang menarik dari tempat ini adalah kawah dari gunung tersebut diantaranya kawah ratu, kawah Upas dan lainnya.
  • Wisata Alam Maribaya, di daerah Lembang memiliki sumber mata air panas dan beberapa air terjun antara lain curug Cikawari, curug Cigulung dan lain sebagainya.
  • Kawah Ciwidey, merupakan kawah berwarna putih yang merupakan kawah dari gunung Patuha di Bandung selatan.
  • Dago Pakar, merupakan taman hutan yang terletak di Cicadas dan Lembang Bandung. Di area ini juga terdapat beberapa air terjun yaitu curug Dago, Curug Omas, dan curug Lalay.
  • Perkebunan Teh Ranca Bali, tidak jauh dari kawah putih dan terdapat pemandian air hangat Cimangu dan Walini.
  • Dan beberapa wisata alam lainnya.

2. Wisata Kuliner

Membahas tentang wisata kuliner di kota Bandung, selain terkenal dengan daerah sejuknya, dan memiliki nama panggilan kota kembang ini memiliki beraneka ragam makanan khas, yang menjadi wisata kuliner kota Bandung yang harus di cicipi ketika anda mengunjungi kota Bandung. Diantara makanan khas Bandung yang tidak terdapat di daerah lain contohnya Batagor, peuyem, cimol, karedok dan lain sebagainya.

3. Wisata Belanja

Bila berkunjung ke Bandung tidaklah lengkap kalau melum meninkmati tempat-tempat perbelanjaan. Karena wisata belanja di Bandung banyak sekali menawarkan berbagai barang khususnya pakaian, sehingga tidaklah keliru jika Bandung juga disebut sebagai Paris Van Java. Kawasan belanja pada wisata Bandung yang sering dikunjungi antara lain Jalan Riau, Jalan Trunojoyo-Bahurekso, Pasar Seni Taman Sari, Jalan Dago, Jalan Cihampelas, dan Jalan Setiabudi.

4. Wisata Sejarah

Untuk wisata sejarah di Bandung sangatlah banyak pilihan yang dapat dikunjungi, karena sebagaimana yang kita ketahui kota Bandung dari jaman perjuangan merupakan salah satu pusat perjuangan nasional, sehingga banyak meninggalkan kenangan bersejarah dari masa lalu, antara lain

  • Gedung Sate, yang sekarang menjadi kantor gubernur Jawa Barat, terletak di Jalan Diponegoro No. 22, Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Coblong. Lingkungan Gedung Sate merupakan suatu kawasan bersejarah.
  • Monumen Bandung Lautan Api, merupakan monumen yang menjadi markah tanah Bandung. Monumen ini setinggi 45 meter, memiliki sisi sebanyak 9 bidang. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha.
  • Musium Pos Indonesia, Museum Pos Indonesia terletak di kawasan Gedung Sate, namun Gedung ini secara adminstratif terletak di Jalan Cilaki No. 73, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Timur.
  • Musium Konfrensi Asia Afrika, Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) atau Gedung Merdeka merupakan Museum Sejarah Politik Luar Negeri Republik Indonesia yang berlokasi di Gedung Merdeka Bandung. Lokasinya berada di Jl. Asia Afrika No. 65, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung.
  • Museum Geologi Bandung, museum Geologi didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.
  • Goa Belanda, dibangun oleh Belanda pada awal tahun 1941, goa ini menembus Perbukitan Pakar di Bandung utara. Goa ini merupakan kawasan yang sangat menarik bagi strategi militer Hindia Belanda dikarenakan lokasinya yang terlindung dan begitu dekat pusat kota Bandung.Lokasinya berada di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.
  • Goa Jepang, goa lain di Bandung utara yang juga dapat di telusuri adalah Goa Jepang. Dibangun di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Ir. H. Juanda, goa ini dibangun pada tahun 1942 dengan panjang lorong keseluruhan sekitar 350 meter. Pembangunan Goa Jepang dilakukan oleh orang-orang pribumi melalui kerja paksa atau dikenal dengan Romusha.
  • Dan beberapa wisata sejarah lainnya.

5. Wisata Hiburan

Wisata bandung banyak sekali menawarkan wisata hiburan baik untuk orang dewasa, remaja maupun anak-anak semua lengkap diantaranya :

  • Trans Studio Bandung Wahana rekreasi Trans Studio Bandung di Bandung Super Mal (BSM). Adalah wahana mainan indoor terbesar di dunia. Trans Studio Resort Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Bandung, Indonesia, tepatnya di area Bandung Supermal.
  • Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah tempat yang tepat bagi anak untuk belajar lalu lintas. Di taman yang sejuk dan nyaman ini, anak-anak akan menikmati berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas.
  • Kebun Binatang Bandung, terletak di Jl. Tamansari. Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland.
  • Taman Ganesha Bandung, adalah sebuah taman kota yang terletak di Jalan Ganesha – Bandung, persis di depan Kampus Institut Teknologi Bandung. Dari segi ukuran, taman ini tidak begitu luas namun sangat asri karena berbagai tumbuhan yang ada di taman dan sekitarnya.
  • Dan beberapa wisata hiburan lainnya.

Buat anda yang berkeinginan untuk berliburan bersama keluarga, tempat yang paling sesuai untuk anda kunjungi tentunya adalah kota Bandung. Selamat berlibur….

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

4 Responses to Wisata Bandung, Pilihan Tepat Untuk Liburan Keluarga

  1. Dimas Agil R.K. mengatakan:

    Saya juga pengen main ke Bandung lagi.. Masih banyak wisata alam yang belum dikunjungi, khususnya Bandung Selatan dan Utara..

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Kalo saya memang belum pernah ke Bandung Mas, makanya pengin banget bisa ke sana… Postingan ini hasil dari edit dari beberapa artikel…. hehehe

  2. Wisata Gunung Bromo mengatakan:

    memang benar kata orang bule, kalo bandung kota yang sejuk dan indah…

  3. Wisata Bandung mengatakan:

    Kawah putih ciwidey itu tempat wisata di bandung yang wajib dikunjungin deh🙂 gak bakal nyesel pokoknya, jangan lupa bawa kamera karena itu spot bagus buat ngambil foto🙂

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: