Memanfaatkan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika

geogebratubeMenggunakan Aplikasi Geogebra dalam pembelajaran Matematika sebenarnya salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk dapat lebih mudah dalam memahami suatu materi. Namun tidak semua guru belum mampu untuk membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi geoGebra ini. Tapi buat rekan guru yang belum bisa membuat bahan ajar menggunakan aplikasi geoGebra tidak perlu khawatir, karena kita juga dapat mencari contoh media yang dibuat dengan GeoGebra yang dipublikasikan di internet. Media GeoGebra ini memiliki ekstensi GGB. Salah satu situs web yang memuat media GeoGebra adalah GeogebraTube.org.

Adapun langkah-langkah pencarian media GeoGebra di GeogebraTube adalah sebagai berikut:

a. Buka situs GeoGebraTube yang beralamat di geogebratube.org.
b. Lakukan pencarian dengan memilih terlebih dahulu bahasa yang digunakan (1) kemudian menuliskan kata kunci terkait dengan tema dimaksud pada kolom pencarian (2).

geogebraku2

c. Hasil pencarian terhadap kata kunci yang dimasukkan akan tampil dengan setiap halaman secara default akan memuat 10 hasil pencarian. Selain itu kita dapat menentukan kriteria pengurutan apakah berdasar relevansi, tanggal, judul dan rating dengan memilih pilihan pada bagian bahan terbaru.

geogebraku4

d. Pilih salah satu hasil pencarian dengan mengklik pada thumbnail atau link sehingga akan tampil informasi yang lebih lengkap mengenai media tersebut.

geogebraku3

e. Untuk menampilkan media secara online klik pada tombol menuju lembar kerja siswa sehingga akan terbuka halaman baru yang berisi tampilan media GeoGebra dimaksud.

geogebraku5

Selain menampilkan secara online, media GeoGebra ini juga dapat diunduh sehingga dapat ditampilkan secara lokal tanpa harus terkoneksi internet. File yang diunduh memiliki ekstensi .ggb dan nantinya dapat dijalankan menggunakan aplikasi GeoGebra yang sebelumnya harus sudah diinstal di komputer.

Cara mengunduh file .ggb dari GeoGebraTube adalah klik pada bagian Download. Jika ada konfirmasi untuk pengunduhan, pilih pada bagian Save File lalu klik OK. Setelah itu kita tentukan tempat atau folder dimana file tersebut akan disimpan. Klik tombol Save untuk menyimpan. Setelah proses pengunduhan file selesai maka kita sudah memiliki file .ggb di komputer kita. File ini dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi internet. Caranya adalah dengan membuka aplikasi GeoGebra. Pilih menu File-Open kemudian pilih file .ggb dimaksud.

 

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Memanfaatkan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika

  1. Ping-balik: Memanfaatkan Aplikasi GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika • Guraru

  2. rokhmad mengatakan:

    aplikasi cukup membantu.. buat saya yang dari dulu nilai matematika nilainya slalu dapat 6 kebawah…

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: