Juli Eko Sarwono, Seorang Guru Yang Inspiratif

Juli Eko SarwonoMelihat prestasi yang diraih oleh Bapak Juli Eko Sarwono sebagai seorang guru Matematika, saya pribadi ikut bangga. Di samping memang saya berasal dari kota yang sama yaitu Purworejo kebetulan juga saya sebagai pengajar Matematika juga seperti beliau. Semoga apa yang telah di lakukan oleh Bapak Juli Eko Sarwono dapat memberikan motivasi khususnya kepada saya pribadi dan juga rekan-rekan guru lainnya.

Banyak model-model yang dibuat dalam mengajar pelajaran Matematika, sehingga peserta didik dapat lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Model yang digunakan Pak Juli sebenarnya sederhana. Ia mencoba merubah paradigma pelajaran matematika yang tidak lepas dari angka dengan memasukkan alat peraga. Metode tersebut terbilang jitu untuk diterapkan pada anak usia SMP. Peserta didik mampu mengimajinasikan rumus-rumus yang ada dalam buku dengan menerapkan langsung pada berbagai alat peraga.

Padahal sebelumnya Pak Juli dikenal di kalangan siswanya sebagai seorang guru yang galak. Bahkan sebelum menerapkan metode tersebut, ia mengaku sebagai guru yang otoriter dalam mengajar. Selain itu, semua harus kaku diterapkan berdasarkan buku pelajaran yang digunakan. Namun karena ada rasa tidak nyaman dalam memperlakukan peserta didiknya sehingga beliau mencari cara bagaimana agar siswa bisa belajar dengan nyaman, senang, dan hasilnya optimal.

Bahkan Pak Juli mengaku kerap memasukkan sepeda motornya ke dalam kelas sebagai media belajar siswa. Sepeda motor itu, ia jadikan contoh ketika Juli mengajarkan tentang lingkaran dan benda tabung. Mengajar dengan cara seperti Pak Juli bukan tanpa tantangan. Saat mengawali metode itu beberapa tahun silam, rekan sekerja melayangkan protes. Setiap kali usai mengajarkan matematika, ia meminta murid menempelkan hasil perhitungan berbagai rumus di tembok kelas. Selain itu, alat peraga juga dianggap bikin sumpek dan mengotori ruang kelas. Ia juga pernah dianggap sebagai guru ‘edan’ lantaran cara mengajar yang dinilai aneh.

Namun, setelah metodenya berhasil mencetak nilai bagus dan kenyamanan dalam belajar, ia justru didukung teman sekerjanya. Bahkan, sekolah meminjaminya satu kelas khusus untuk laboratorium matematika. Keberhasilan cara mengajar Juli juga membuatnya menjadi pembicara pada sejumlah seminar nasional bertema pendidikan di sejumlah tempat dan stasiun televisi dan masuk nominasi liputan 6 award 2013. Ia tidak mempersoalkan dirinya tidak pernah lulus sebagai sarjana. Ia juga mengaku tidak masalah jika belum lolos uji sertifikasi. Juli merasa cukup dengan penghasilannya sebagai guru dan berwiraswasta. Sepulang mengajar di SMP 19 Purworejo, ia berjualan bakso keliling di lingkungan rumahnya di Desa Jogonegoro Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

Dicap ‘edan’ ternyata tidak membuat Bapak Juli Eko Sarwono minder. Justru hal itu makin terlecut semangatnya untuk terus maju menjadi yang terbaik. Bahkan, karena kiprahnya, Juli mendapat penghargaan sebagai ‘Good Practices’ di bidang pendidikan oleh lembaga donatur asing Decentralized Basic Education 3 (DBE 3) – USAID. Sungguh luar biasa…..

Lihat video pembelajaran Pak Juli Eko Sarwono

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Juli Eko Sarwono, Seorang Guru Yang Inspiratif

  1. yusuf mengatakan:

    guru seperti ini jarang sekali di negeri ini. salut buat pak Juli Eko
    salam kenal pak

  2. Ahmad mengatakan:

    Semoga bisa inspirasi guru-guru di Indonesia

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: