Informasi Seputar Pengumuman SBMPTN 2013

sbmptnHari ini Selasa (18/6/2013) dan Rabu besok, ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dilaksanakan secara serentak. Sedangkan pelaksanaan ujian ketrampilan dijadwalkan tanggal 20 dan 21 Juni mendatang. Lebih dari 590 ribu peserta akan bersaing memperebutkan sekitar 90 ribu kursi di perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini. Pada tahun 2013 ini, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi yang mengedepankan asaskepercayaan dan kebersamaan ini disebut SeleksiBersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain untuk lulusan tahun 2013, SBMPTN juga dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011 dan 2012,untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013.

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order think­ing), yang meliputi potensi akademik, penguasaan kemampuan dasar umum, kemampuan dasar sains dan teknologi (Saintek) dan/atau kemampuan dasar sosial dan humaniora (Soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Jadwal Ujian SBMPTN 2013

Hari Selasa tanggal 18 Juni 2013 adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Kemudian pada hari Rabu 19 Juni 2013 adalah Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum). Adapun tes Ketrampilan akan dilaksanakan hari Kamis atau Jum’at mendatang.

Pengumuman dan Sistem Penilaian

Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata uji harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.Penilaian jawaban soal ujian menggunakan ketentuan jawaban benar +4, jawaban salah – 1, dan tidak menjawab 0.

Hasil ujian akan diumumkan pada hari Jum’at,12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

Khusus Untuk Pendaftar Bidik Misi

  1. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya ujian.Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN, dapat menggunakan kembali KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

Alamat Resmi Panitia SBMPTN 2013

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya penipuan terhadap peserta, panitia menyediakan alamat yang dapat dihubungi peserta SBMPTN 2013 :

  1. Informasi resmi mengenai SBMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://www.sbmptn.or.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter:@PanitiaSBMPTN, Facebook­:Panitia SBMPTN,Helpdesk­: http://halo.sbmptn.or.id, dan call center : 0804-1-456-456.
  3. Alamat Panitia SBMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022)2530689, e-mail : panitia@sbmptn.or.id

Demikian informasi mengenai seputar SBMPTN 2013, semoga bermanfaat…

 

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

One Response to Informasi Seputar Pengumuman SBMPTN 2013

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: