Cara Memanfaatkan Liburan Sekolah

libur sekolahLibur tlah tiba…. Libur tlah tiba… hore. Itulah sepenggal lagu anak-anak terkesan ceria yang menggambarkan keadaan akan tibanya libur sekolah. Sebentar lagi pelajar liburan panjang sekolah setelah kenaikan kelas. Dan liburan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu setelah sekian lama beraktifitas rutin sekolah. Namun setelah sekoan lama libur akhirnya timbul juga kebosanan yang dirasakan karena tidak adanya kegiatan yang efektif selama liburan.

Ada baiknya dalam menghadapi liburan sekolah, apalagi libur panjang seorang siswa perlu merencanakan hal-hal apa yang akan dilakukan dalam mengisi liburan tersebut sehingga liburan menjadi bermakna dan tidak membosankan. Sebenarnya banyak kegiatan liburan yang positif yang bisa dilakukan baik itu aktifitas di rumah maupun di luar rumah. Jika mungkin buatlah jadwal rencana kegiatan liburan tersebut secara terperinci.

Berikut ini adalah hal-hal positif yang dapat dilakukan selama libur sekolah, antara lain :

1. Mengunjungi tempat-tempat wisata

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi para pelajar, dan sebaiknya untuk mendapatkan manfaat lebih sebaiknya anda mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah maupun untuk menambah wawasan sejarah anda.

2. Kegiatan Outbond

Kegiatan ini sangat bagus karena merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena di dalamnya terdapat konsep permainan yang bertujuan membangun kebersamaan, team building dan rasa percaya diri pada peserta.

3. Travelling

Mengunjungi kota lain selama liburan juga merupakan hal yang menyenangkan apalagi jika untuk mengunjungi rumah sanak keluarga yang jauh dan jarang bisa bertemu. Tentu ini akan dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan keluarga yang jauh.

4. Menulis

Dengan adanya libur bagi anda yang mempunyai hobby menulis akan sangat bermanfaat, karena anda akan dapat fokus menggali inspirasi yang dapat dituangkan dalam bentuk tulisan anda.

5. Membaca

Mungkin anda tidak sempat membaca buku-buku bagus kepunyaan anda karena tidak ada waktu luang selama aktifitas sekolah. Maka liburan adalah waktu yang tepat untuk meluangkan waktu anda untuk membaca koleksi buku-buku anda tersebut.

6. Membereskan dan membersihkan lingkungan rumah

Mungkin anda tidak menyukai kegiatan yang ini, namun ada baiknya juga anda membantu orang tua ikut membersihkan lingkungan rumah anda seperti menyapu halaman, membersihkan rumput di halaman rumah, menata taman, atau bahkan mengecat rumah.

Dan tentunya banyak kegiatan lain yang dapat anda manfaatkan selama liburan sekolah ini….

 

 

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

2 Responses to Cara Memanfaatkan Liburan Sekolah

  1. Sekolah Unggulan mengatakan:

    Artikelnya bagus ,Thanks……..

  2. Kabar gembira buat sahabat traveller, kini telah hadir layanan e-ticket mandiri yang menjadikan travelling lebih mudah dan menyenangkan. Cek infonya di sini http://smarttravelling.wordpress.com/smart-e-ticket-layanan-e-ticket-mandiri/
    Have A Nice Travelling

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: