Tips Masuk Sekolah di Tahun Ajaran Baru

siswa baruSaat ini di pertengahan bulan Juli 2013 adalah saat memasuki tahun pelajaran 2013/2014. Hal yang cukup menyibukkan bagi sebagian orang tua yang sekolah, apalagi jika baru memasuki sekolah yang baru dan akan mengikuti Masa Orientasi. Di samping menhadapi puasa Ramadhan juga menyiapkan perlengkapan bagi buah hati mereka untuk masuk sekolah di hari pertama. Selain kesibukan orang tua sudah pasti juga bagi anak yang bersangkutan.

Dalam kesempatan ini saya akan sedikit berbagi tips tentang persiapan yang perlu dilakukan seorang siswa dalam menghadapi tahun ajaran baru seperti sekarang. Karena setelah menikmati liburan kenaikan kelas, tidak sedikit siswa yang perlu menyesuaikan diri kembali dalam menghadapi rutinitasnya sebagai pelajar. Ada dari mereka yang menunggu saat-saat pertama masuk sekolah, namun ada juga yang merasa terbebani karena sudah masuk sekolah.

Memasuki tahun ajaran baru, ternyata banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini disebabkan karena para siswa harus segera menyesuaikan diri dengan kelas baru, wali kelas baru, teman-teman baru, pelajaran baru, atau sekolah baru (bagi para lulusan) yang kesemuanya itu akan dijalani oleh para siswa di awal tahun ajaran baru.Dalam menghadapi keadaan seperti ini tentu saja mereka yang harus dipersiapkan adalah mentalnya. Semakin tinggi jenjang kependidikan yang diduduki, maka akan semakin besar beban yang mesti ditanggung dan semakin banyak rintangan yang akan dihadapinya baik itu mengenai materi pembelajarannya maupun lingkungan pergaulan mereka.

Adanya tekanan mental bagi siswa tentu saja akan sangat mempengaruhi hasil pendidikan mereka dikemudian hari. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi tekanan mental khususnya siswa bary tersebut antara lain :

1. Temukan Teman Lama
Pada waktu di sekolah baru, gunakanlah hari pertamamu untuk mencari teman lama, hal ini berguna agar tidak merasa canggung ketika memasuki sekolah baru, selain itu, bukan berarti tidak boleh berkenalan dengan teman baru, tapi mungkin akan merasa lebih nyaman apabila ada orang yang sebelumnya di kenal.

2. Berkenalanlah
Berkenalan adalah salah satu tips masuk sekolah baru Jangan ragu untuk berkenalan dengan teman-teman baru yang seangkatan. kadangkala ada beberapa orang pasti merasa canggung ketika berkenalan, Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa merasa sendiri di sekolah tersebut. Sehingga usahakanlah agar membaur dengan teman-teman yang lain.

3. Kenali Tradisi sekolah
Tips ke tiga tips masuk sekolah baru adalah, kenali tradisi sekolah, hal ini dapat mengurangi rasa canggung ketika masuk sekolah baru, misal, tradisi yang dilakukan sekolah adalah Masa Orientasi Sekolah yang di adakan untuk menerima siswa baru.

4. Berperilaku Sopan
Berperilaku sopan adalah poin ke empat dari tips masuk sekolah baru, posisikan diri sebagai seseorang yang polos, dan berlaku sopan dengan semua orang, dengan begitu akan membuat orang lain menjadi respect dengan kita, biasanya ketika masuk tahun ajaran baru siswa akan mencari perhatian berlebih sehingga kadang kala membuat beberapa pihak menjadi tersinggung dan dapat membuat masalah.

5. Terima Keadaan Sekolah
Ketika memasuki sekolah baru, berarti ada ungkapan “Mau tidak mau ya harus di jalani” begitulah ketika sudah menempuh tahun ajaran baru, teman baru, keadaan sekolah baru, kebiasaan baru dan lain-lain.

Mengingat makin tinggi kelas maupun jenjangnya makin berat bebannya, maka jangan sampai teledor agar tidak gagal di tengah jalan. Mudah-mudahan para siswa dan orangtua sungguh-sungguh memahami problem-problem yang harus dihadapi di awal tahun ajaran baru. Selamat belajar semoga sukses…

 

Sumber : Catatan Ardha

 

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: