Fenomena Halo Matahari Pagar Alam Kejadian Alam atau Sebuah Pertanda

2013-08-28 11.51.16Siang tadi sekitar jam 11.30 WIB terjadi kehebohan di sekolah saya karena terjadi fenomena alam yang tidak pernah terjadi di tempat kami Pagar Alam yaitu “halo matahari”. Sehingga walaupun sedang terjadi KBM sebagian siswa dan guru keluar kelas ingin menyaksikan fenomena alam tersebut. Hal inipun dapat kami memaklumi dan sekolah menyediakan waktu beberapa saat bagi warga sekolah untuk melihat kejadian tersebut.

Pada dasarnya fenomena halo matahari adalah merupakan kejadian alam yang biasa. Halo, dalam bahasa dan tulisan Latin ἅλως, juga disebut sebagai nimbus atau gloriole. Merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi. Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya Matahari atau Bulan. Fenomena Halo matahari adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Halo matahari adalah fenomena yang lebih sering terjadi di langit.

Adapun proses terjadinya halo matahari adalah saat awan cirus hanya merefleksikan dan merefraksikan cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk hanya cincin yang tak berwarna. Namun jika pada sudut yang tepat, bisa terjadi juga dispersi sehingga cincin yang terjadi juga berwarna seperti halnya pelangi. Contoh refraksi yang sederhana adalah saat anda melihat sedotan dalam gelas berisi air terlihat patah, atau permukaan dasar kolam yang terlihat menjadi lebih dekat ke permukaan daripada yang sebenarnya.

halo matahari

Refleksi yang terjadi saat cahaya melewati titik air, es atau kristal yang transparan hanya terjadi pada sudut tertentu saja. Sudut ini ditentukan oleh index refraksi medium tersebut. Contoh sederhana saat kita melihat akuarium pada sudut tertentu kaca akuarium yang tembus pandang tiba-tiba menjadi cermin, memantulkan bayangan isi akuarium.

Kemudian dengan adanya fenomena alam halo matahari banyak yang mengaitkan dengan akan datangnya suatu bencana tentu saja ini tentu tidak boleh kita yakini seutuhnya. Artinya segala sesuatu baik bencana ataupun musibah tentu itu sudah menjadi kehendakNya dan tidak satu makhlukpun dapat menghindarinya.

Atau jika ada yang mengaitkan antara gempa Yogja dan fenomena halo matahari dibeberapa hari sebelumnya ataupun gempa Mentawai dan halo matahari di Padang itu adalah faktor kebetulan yang tidak perlu diyakini dan dibesar-besarkan. Semoga saja ini hanya merupakan fenomena alam saja dan bukan merupakan suatu pertanda akan terjadinya bencana di kota kami Pagar Alam. Amin…

Sumber : wikipedia.org

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

6 Responses to Fenomena Halo Matahari Pagar Alam Kejadian Alam atau Sebuah Pertanda

  1. Ariesandy Kurniawan mengatakan:

    terima kasih pak…

  2. Dzulfikar mengatakan:

    keren pak🙂 jarang-jarang lagi

  3. kolongtulis mengatakan:

    wah indah banget tuh halo matahari, sejujurnya saya belum pernah melihat fenomena alam seperti ini. ^_^

  4. sasya mengatakan:

    Amin..mudah mudahan tidak terjadi bencana alam

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: