Polling Saya Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013

krlmMulai tahun ajaran baru 2013/2014 kurikulum 2013 sudah dilaksanakan secara terbatas di beberapa sekolah yang sudah ditunjuk menjadi sekolah sasaran di seluruh Indonesia. Dalam awal pelaksanaan kurikulum baru ini tentu saya ada pro dan kontranya. Oleh karena itu melalui blog ini saya mengadakan polling tentang pelaksanaan kurikulum baru ini. Adapun tujuan saya melakukan polling ini hanya sekedar melihat sejauh mana pemahaman para pengunjung blog ini terhadap kurikulum baru tersebut dan tidak ada tujuan lainnya.

Adapun pertanyaan yang saya berikan adalah “Kurikulum 2013 akan dilaksanakan di beberapa sekolah pada tahun ajaran 2013/2014 ini. Setujukan anda kurikulum 2013 dilaksanakan sekarang ?” dan pilihan jawaban yang tersedia adalah setuju, tidak setuju, dan tidak tahu. Poling ini saya buka di blog ini dari awal bulan juli sebelum memasuki tahun ajaran baru 2013/2014.

Dari rentang waktu selama dua bulan terdapat 100 vote yang masuk. Dari pilihan jawaban mereka untuk yang memilih setuju ada 45 voter atau 45 %, menjawab tidak setuju ada 51 voter atau 51 % dan yang menjawab tidak tahu ada 4 voter atau 4 %. Berikut statistik dari jawaban para voter :

polling kurikulumSelain itu diantara mereka juga memberikan pendapatnya berkenaan dengan polling yang saya buat tersebut. Ada pendapat yang optimis mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 dan ada juga yang pesimis bahkan terkesan mencemooh. Berikut pendapat mereka :

1. Karsono

setuju dengan perlengkapan segera dipenuhi dan perbaikan baik sarana maupun penunjang lainnya guru-guru segera mendapat pelatihan pelatihan.

2. Prapto

kalau tidak dimulai kapan lagi? Oleh sebab itu dilakukan piloting duluan.

3. Zaharti

SETUJU KURIKULUM 2013,DG SARANA DAN PRASARANA YG MENUNJANG SERTA GURU BANYAK MENDAPAT PELATIHAN YG MERATA DITIAP DAERAH.

4. Ari

Ibarat orang berjalan untuk suatu tujuan yang besar, pastinya harus punya bekal dan siap sarana dan prasarana yang memadai. Dan yang lebih penting tidak menimbulkan dampak kesengsaraan dan was-was ketika perjalanan akan dimulai….Maaf nich yaa. kurikulum 2013 itu khan terkesan dipaksakan. Ada apa ? Kenapa ?Guru-guru yang dihapuskan Mata Pelajaranya Bagaimana ( ribuan orang ), terutama yang Non PNS yang sudah menjadi guru tahunan bahkan belasan tahun lamanya ?Kalau penerapan kurikulum 2013 hanya untuk memenuhi serapan anggaran saja, siapa yang gak bisa jadi menteri ?

5. Muhammad Kholiq

Persiapan kurang matang, nampak tergesa-gesa. Hal ini dapat dpt dilihat masih adanya kesalahan penulisan dalam produk hukum yang terkait dengan kurikulum 2013. Dalam PP 32 Th 2013 ttg SNP (baru), pasal 1 angka 30 dan 35 tidak masuk akal. Konsiderans yang diawali dengan kata ‘menimbang’ pada masing-masing Permendikbud 67, 68, 69 dan 70 Tahun 21013, terdapat frasa yang tertulis, “….. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional”, seharusnya “tentang Standar Nasional Pendidikan”. Permendikbud pun belum ada tanggal penetapan tapi aneh sudah punya nomor. Jika diberi tanggal padahal pasal terakhir pada masing-masing Permendikbud tersebut menyatakan: peraturan ini berlaku pada tanggal diundangkan, bagaimana sekolah-sekolah yang belum melaksanakan sejak tanggal itu, apakah diberi sangsi? padahal hanya sedikit sekolah yang menigimplementasikan (6% dari seluruh sekolah yang ada).

6. Vinsen

KTSP saja belum berjalan maksimal di tempat saya bertugas datang lagi kurikulum 2013. seharusnya pak menteri dan para dirjen jangan hanya melihat sekolah-sekolah di kota saja. coba tengok kami yang bertugas di daerah batas negera dan daerah terpencil. fasilitas apa yang kami punya? jangankan fasilitas sudah bertahun-tahun jadi guru saja tidak pernah diikutsertakan dalam segala macam diklat. KTSP saja berjalan tanpa diklatdatanng juga berkarakter tanpa diklat, yang penting siswa lulus, saat UN guru yang kerja soal bagikan kunci jawaban. itu tujuan pak menteri ya? bagaimana Kurikulm baru sama? yang penting siswa lulus?.Anda yang setujukurikulum baru dilaksanakan alhamdullilah karena bertugas pada tempat yang sudah sangat maju. kalau bicara fasilitas saya jadi ngeri. musim hujan saya harus silih-silih tiris dari atap ruang guru, ruang kelas pun demikian, eh gedungnya milik orang juga. milik pemerintah mana ya?

7. Gus Andy

Perlu positive thinking. Tapi Jika tidak realistis, tanpa persiapan & kelengkapan seperti skr ini, knp harus dilanjutkan ???

8. Nasaruddin78

Terima kasih jika diperkenankan kami menyampaikan pendapat kami melalui halaman ini, sebenarnya secara jujur kami sebagai ujung tombak pendidikan merasa kurang tepat jika kurikulum 2013 diberlakukan sekarang , seharusnya jika pak nuh mau memberlakukan kurikulum ini jangan hanya memilih sekolah-sekolah tertentu jika itu yang dilakukan berarti sekolah yang ditunjuk sebagai “kelinci percobaan” , walaupun sekolah yang ditunjuk itu adalah sekolah-sekolah yang terakreditasi “A” . Sehingga timbul pertanyaan pada diri kami apakah sekolah yang terakreditas B dan C tidak mampu mengikuti perubahan yang akan dipimpin oleh Pak Menteri? atau apa ya?????????? Jadi seharusnya jika Pak Menteri optimis perubahan ini akan berhasil mengapa harus memilih-milih sekolah tertentu, atau mungkin juga pesimis niiiiiih. Jangan-jangan takut seperti nasib KBK yang hanya berusia 2 tahun, belum sempat dievaluasi sudah ganti dengan KTSP. Dan nasib KTSP hampir sama walaupun usianya cukup lumayan kurang lebih 8 tahun, entahlah apakah sudah sempat dievaluasi atau belum. Sebab sekolah terutama Sekolah Dasar yang berada jauh dipelosok pedesaan dan masih menggunakan buku KBK atau hanya menggunakan LKS terbitan penerbit tertentu ketika mengikuti ujian tetap lulus dengan hasil yang memuaskan bahkan mengalahkan sekolah-sekolah diperkotaan yang nota bene “FASILITAS BELAJAR” hampir lengkap. Jadi sekali lagi kami sebenarnya merasa amat berat untuk mengatakan setuju atas pemberlakuan KURIKULUM 2013. Mohon maaf dan terima kasih ini hanya keluhan dari guru yang berada di tengah kegalauan pemberlakuan kurikulum 2013

9. Satemi

TERSERAH KAMU NUH, SETUJU ATAU TDK, PROYEK NUH AKAN TETAP BERJALAN, KRN TH 2014 DIA AKAN DIPECAT SHG DIA BURU2. WLAU ANJING MENGGONGGONG ….

10. Warsosno

Poling untuk apa, Nuh gak butuh hasil polling, dia hanya butuh duit dari proyek kurikulum.

11. N Muh

Emang gue pikirin, mau setuju ato menolak, krklm 2013 tetap akan aku laksanakan !!!

Kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah sudi memberikan pollingnya terlebih kepada rekan-rekan yang sudah berkomentar terutama komentar yang membangun. Semoga dengan ini menjadi aspirasi kita dalam ikut berpartisipasi memajukan dunia pendidikan di negeri ini.

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

7 Responses to Polling Saya Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013

  1. kolongtulis mengatakan:

    wah ternyata lebih banyak yang tidak setuju yah.

  2. kabehrabiso mengatakan:

    ngapain capek2 buat polling, gak ada gunanya kan?

  3. sylphermizt mengatakan:

    Sebagai siswa saya sedikit bingung dengan kurikulum ini salah satunya masalah penjurusan. Saya masuk IPA namun materi diluar IPA lebih membebani saya ._. Dan bukunya juga masih sedikit jadi bingung belajar darimana sedang siswa yang dituntut aktif jadi bentrok dengan materi lain juga.

  4. uswatunhasanah mengatakan:

    Saya sbg siswa kurang setuju, karena kur. 2013 ini milih2 tdk d samaratakan…

  5. Anak Geong mengatakan:

    Hello bro/sis,
    Ada Fonepad SEO Contest dari ASUS nih hadiahnya menarik. Kontes dimulai 15 Oktober 2013 dan berakhir 15 Desember 2013. Kontes terbuka untuk umum dan untuk info lebih lanjut klik: http://bit.ly/GZbMWa

  6. Anonim mengatakan:

    M. Nuh blum bisa jadi mendikbud… kebanyakan program lalu blum sukses dah ada lg. Bikin siswa jadi bingung……

  7. Anonim mengatakan:

    Kurikulum 2013 bikin SISWA STRESS

    Anti Kurikulum 2013

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: