Belajar Pythagoras Memakai Alat Peraga Untuk Memperkuat Konsep

pythagorasAlat peraga merupakan alat bantu yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Seperti halnya tentang pembelajaran mengenai teorama Pythagoras ternyata dapat dibuktikan dengan menggunakan bantuan alat peraga. Teorema Pythagoras merupakan peninggalan dari Pythagoras yang penerapannya banyak digunakan hingga saat ini. Teorema ini menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari sebuah segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi siku-sikunya).

Ada banyak bukti yang menunjukkan kebenaran teorema pythagoras. Beberapa diantaranya adalah bukti pythagoras yang dikemukakan oleh Pythagoras, Baskara, Garfield, dan Euclid.

Kemudian bagaimana cara membuat sebuah alat peraga untuk pembelajaran Pythagoras ini ? Anda bisa membuat sendiri dari bahan lain, misalnya spon ati atau kertas karton. Alat peraga ini terdiri dari papan Pythagoras dan keping-keping Pythagoras. Gambar untuk masing-masing alat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Alat peraga model Pythagoras 3-4-5

2. Alat peraga model Pythagoras 2

3. Alat peraga model Pythagoras Baskhara

4. Alat peraga model Pythagoras Euclid

Dan sesuai dengan penugasan yang diberikan kepada peserta diklat online P4TK Matematika untuk membuktikan teorama Pythagoras dengan cara lain saya menggunakan cara sebagai berikut

Selain mengenal beberapa alat peraga untuk pembelajaran Pythagoras ada juga Tangram yaitu sebuah bangun persegi yang dipotong menjadi tujuh potong bangun dengan aturan tertentu. Fungsi dari media ini dapat untuk memahami sifat-sifat berbagai bangun datar, konsep luas, dan kekekalan luas. Selain itu, alat manipulatif ini dapat difungsikan juga untuk mendesain berbagai bentuk bangun datar menggunakan semua atau sebagian bangun.

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

5 Responses to Belajar Pythagoras Memakai Alat Peraga Untuk Memperkuat Konsep

  1. kolongtulis mengatakan:

    matematika memang bisa membuat sakit kepala. ^_^

  2. Anonim mengatakan:

    bener

  3. Anonim mengatakan:

    cara membuatnya gmn Pak???

  4. Ping-balik: Candles - Pakaian Murah Ada Dimana Mana

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: