Tentang PK Guru

PKMulai tahun 2013 ini sudah dimulai mengenai penilaian kinerja bagi guru (PK Guru). Namun agak disayangkan belum banyak guru-guru yang memahami tentang apa itu sebenarnya PK Guru. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini saya mencoba membantu memberi penjelasan tentang PK Guru ini. PK Guru adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.

Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Sistem PK GURU adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya. Secara umum, PK GURU memiliki 2 fungsi utama sebagai berikut :

  1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.
  2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.

PK Guru merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK GURU merupakan pedoman untuk mengetahui unsur‐unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya. PK Guru dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan, kompetensi yang dijadikan dasar untuk penilaian kinerja guru adalah kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.

Persyaratan penting dalam sistem PK Guru adalah :

  1. Valid. Sistem PK Guru dikatakan valid bila aspek yang dinilai benar‐benar mengukurkomponen‐komponen tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran,pembimbingan, dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  2. Reliabel. Sistem PK Guru dikatakan reliabel atau mempunyai tingkat kepercayaan tinggi jika proses yang dilakukan memberikan hasil yang sama untuk seorang guru yang dinilai kinerjanya oleh siapapun dan kapanpun.
  3. Praktis. Sistem PK Guru dikatakan praktis bila dapat dilakukan oleh siapapun dengan relatif mudah, dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang sama dalam semua kondisi tanpa memerlukan persyaratan tambahan.

Salah satu karakteristik dalam desain PK Guru adalah menggunakan cakupan kompetensi dan indikator kinerja yang sama bagi 4 (empat) jenjang jabatan fungsional guru (Guru Pertama, Guru Muda, Guru Madya, dan Guru Utama).

Prinsip‐prinsip utama dalam pelaksanaan PK Guru adalah sebagai berikut :

  1. Berdasarkan ketentuan. PK Guru harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan mengacu pada peraturan yang berlaku.
  2. Berdasarkan kinerja. Aspek yang dinilai dalam PK Guru adalah kinerja yang dapat diamati dan dipantau, yang dilakukan guru dalam melaksanakan tugasnya sehari‐hari, yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, pembimbingan, dan/atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
  3. Berlandaskan dokumen PK Guru. Penilai, guru yang dinilai, dan unsur yang terlibat dalam proses PK GURU harus memahami semua dokumen yang terkait dengan sistem PK GURU. Guru dan penilai harus memahami pernyataan kompetensi dan indikator kinerjanya secara utuh, sehingga keduanya mengetahui tentang aspek yang dinilai serta dasar dan kriteria yang digunakan dalam penilaian.
  4. Dilaksanakan secara konsisten. PK Guru dilaksanakan secara teratur setiap tahun diawali dengan penilaian
    formatif di awal tahun dan penilaian sumatif di akhir tahun dengan memperhatikan hal‐hal berikut : Obyektif, Adil, Akuntabel, Bermanfaat, Transparan, Praktis, Berorientasi pada tujuan, Berorientasi pada proses, Berkelanjutan, dan Rahasia.

Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Oleh karena itu, dalam penilaian kinerja guru beberapa subunsur yang perlu dinilai adalah sebagai berikut :

Penilaian kinerja yang terkait dengan pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru mata pelajaran atau guru kelas, meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisis hasil penilaian, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian dalam menerapkan 4 (empat) domain kompetensi yang harus dimiliki oleh guru.

PK1

Penilaian kinerja dalam melaksanakan proses pembimbingan bagi guru Bimbingan Konseling (BK)/Konselor meliputi kegiatan merencanakan dan melaksanakan pembimbingan, mengevaluasi dan menilai hasil bimbingan, menganalisis hasil evaluasi pembimbingan, dan melaksanakan tindak lanjut hasil pembimbingan.

PK2

Kinerja yang terkait dengan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Pelaksanaan tugas tambahan ini dikelompokkan menjadi 2, yaitu tugas tambahan yang mengurangi jam mengajar tatap muka dan yang tidak mengurangi jam mengajar tatap muka. Tugas tambahan yang mengurangi jam
mengajar tatap muka meliputi: (1) menjadi kepala sekolah/madrasah per tahun; (2) menjadi wakil kepala sekolah/madrasah per tahun; (3) menjadi ketua program keahlian/program studi atau yang sejenisnya; (4) menjadi kepala perpustakaan; atau (5) menjadi kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya.

Adapun rincian jumlah kompetensi dan jumlah indikator pelaksanaan tugas tambahan sebagai berikut :

1. Kepala Sekolah

PK3

2. Wakil Kepala Sekolah

PK4

3. Kepala Perpustakaan

PK5

PK6

4. kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya

PK7

5. Ketua Program Keahlian/Program Studi

PK8

Mudah-mudahan ini dapat memberikan sedikit penjelasan tentang PK Guru….

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

5 Responses to Tentang PK Guru

  1. Firman's Blog mengatakan:

    mantab nian ini infonya..salam knal pak..

  2. Husein Tampomas mengatakan:

    Telah terbit Buku solusi dari buku matematika kelas X yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013 dengan penulis Husein Tampomas.
    Tebal buku 176 halaman. Masalah untuk ongkos kirim akan dilihat sesuai daerah pengiriman. Tolong, berita ini disampaikan kepada teman-teman.
    Harga buku Rp30.000 per eksemplar dan untuk biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli.
    untuk lebih jelasnya silahkan hubungi nomer 081316564320
    email : huseintampomas@yahoo.com

  3. Anonim mengatakan:

    Salam kenal….saya jg seorang guru matematika di salah satu smp di kota prabumulih, saya sangat senang bisa mendapat informasi banyak melalui blog ini mudah2an ke depat kita bisa berbagi informasi dibidang pendidikan khususnya mapel matematika.

  4. karminto mengatakan:

    Terimakasih pak atas infonya!
    Info yang lain ttg 78 indikator dari 14 kompetensi kami tunggu pak!
    Salam kenal pak!

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: