Mulai 2014 Tunjangan Profesi Guru Jenjang SMA/SMK Melalui Dapodikmen

dapodikAda hal baru tentang tunjangan sertifikasi dari guru-guru yang mengajar di jenjang pendidikan menengah (Dikmen) yaitu tingkat SMA/SMK. Hal ini disebabkan karena per 1 Januari 2014 karena ada pola yang berbeda dalam pemberkasan tidak seperti selama ini. Pasalnya pemerintah mulai tahun 2014 akan memberlakukan penggunaan database Data Pokok Pendidikan (Dapodik) pada jenjang tersebut. Adapun Dapodik ini salah satunya akan digunakan untuk kepentingan pemberian tunjangan sertifikasi.

Penggunaan database melalui dapodik sebenarnya sudah diberlakukan di jenjang pendidikan dasar (Dikdas) yaitu tingkat SD dan SMP, namun untuk yang jenjang pendidikan menengah (Dikmen) tingkat SMA dan SMK masih menggunakan data secara manual. Sehingga data yang masuk dirasa kurang valid dari kenyataan yang ada di lapangan. Oleh karena itu pihak PTK Dikmen mengubah pola pemberkasannya dari manual ke cara online melalui data dapodik tersebut.

Melalui data dapodik ini merupakan data menjadi lebih valid dan sebenarnya, sehingga bila guru ada yang mengisi asal-asalan, maka akan langsung diketahui. Dari pengalaman pada jenjang pendidikan dasar atau di tingkat dikdas, yakni guru jenjang SD dan SMP, sistem dapodik sudah diberlakukan pada tahun 2013. Ternyata kebijakan ini berhasil, sehingga pemerintah akan memberlakukan pada guru jenjang Dikmen.

Dengan adanya sistem dapodik, maka celah untuk berbuat akal-akalan atau kecurangan dalam membuat tugas mengajar 24 jam tersebut peluangnya akan semakin sempit. Pasalnya bila guru menyerahkan data fiktif untuk mengakali agar bisa lolos syarat sertifikasi, maka data tersebut akan terpental ketika dicocokkan dengan data pokok pendidikan.

Melalui data pokok pendidikan tersebut, akan diketahui apakah guru tersebut berlatar belakang pendidikan Strata Satu (S-1) atau belum, telah mengajar 24 jam per pekan atau belum, mempunyai NUPTK atau belum dan masih banyak lagi. Apabila ada salah satu yang tidak sesuai dengan persyaratan, maka secara otomatis tidak akan mendapatkan tunjangan profesi.

Untuk mendukung kebijakan ini, dinas berharap sekolah segera menyiapkan tenaga-tenaga yang menguasai teknologi informasi. Mereka yang akan bertugas sebagai pengelola dapodik di sekolah. ‘Supaya data dari sekolah bisa diakses oleh pemerintah pusat, maka data harus benar-benar valid. Dan untuk mensosialisasikan hal ini pihak Dirjen Pembinaan PTK Dikmen akan mulai mengadakan pelatihan bagi seluruh operator yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 26 November 2013.

Semoga kebijakan ini dapat menjadi perhatian semua pihak dan akan membawa kebaikan bagi seluruh tenaga pendidik di negeri ini khususnya jenjang pendidikan menengah….

 

Sumber : http://www.suaramerdeka.com

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

23 Responses to Mulai 2014 Tunjangan Profesi Guru Jenjang SMA/SMK Melalui Dapodikmen

  1. Apriyanti Arifin mengatakan:

    ijin share ya pak Ibnu …

  2. fitria mengatakan:

    Pak mau share kalau guru yg jam mengajarnya 12 jam ditambah dy menjabat sbagai kepala lab 12 jam itu data dikmen bagaimana mengisinya,,,apakah langsung di tulis 24 jam , karna dipilihan tdk tercantum kepala lab atau sejenisnya.. terkecuali kepala sekolah

  3. Tri Prayekti mengatakan:

    Pak, share ya…untuk guru kejuruan/produktif di SMK, bukankah bisa mengajar secara team teahing, karena rasio jumlah peserta didik terhadap guru adalah 15:1, maka jika jumlah peserta didik nya 32 berarti gurunya 2 alias team teaching kan……

  4. candra mengatakan:

    admin kok muncul hilang.., ada pertanyaan d kolom komen kok nggak d balas.. hm..

    • ibnufajar75 mengatakan:

      Mohon maaf karena kesibukan saya nggak bisa jawab semua komentar yang masuk, silakan saja buat pembaca yang sekiranya ingin berpartisipasi untuk menjawabnya tidak harus oleh admin… oke ??

  5. JERUSALEM,YAHUDA mengatakan:

    SAya tidak yakin DAPODIKMEN tahun 2014 berlaku untuk menentukan sk dirjen, kemendikbud jangan terlalu sombong memamerkan dapodik, yang menyakiti hati nurani GURU. AWAS kemendikbud ya , hati-hati ya …JANGAN HANYA ….

  6. Anonim mengatakan:

    sebenarnya dari APLIKASInya aja udah gak jelas DAPODIKMEN ini… operator semua pusing karena ulah APLIKASI gak jelas…

    • JERUSALEM,YAHUDA mengatakan:

      SERTIFIKASI GURU HANYA UNTUK MENIMBULKAN KECEMBURUAN SOSIL DAN MENIMBULKAN KEMEROSOTAN PENDIDIKAN, MENYUBURKAN KORUPSI DI KEMENDIKBUD,KARENA KEMENDIKBUD SUDAH TIDAK ADA LAGI RASA MALU, mereka semua MUKA TEMBOK, karena semua urusan Duru sudah di Kemendikbud khususnya Guru NON-PNS, apabila salah Rekening harus ke Kemendikbud itu pun tidak cepat ditanggapi…maka udahlah pak PRESIDEN STOP ajalah Tunjangan Profesinya… BY By

  7. imran Syah mengatakan:

    Kami telah mengisi data dapodikmen pada oktober 2013 dan stelah dicek sudah valid. Ada level 1, 2, 3, 4. Tapi bagaiman efektifitasnya pada 2014 ini, kita liat saja nanti semoga tidak ada masalah…. Amiiiinn….

  8. Sampai sekarang aplikasi Dapodikmen tidak keluar-2..katanya masih dalam pengembangan…jadi kami para operator data SMA tetap memakai PAS yang online tapi tidak bisa melihat guru ngajar 24 jam atau tidak…

  9. Kusman Dima mengatakan:

    Hati2 dalam kebijakan dapodik tidak dibarengi kebijakan baru tentang tatap muka 24 jam mengajar akan ada masalah besar bagi guru dan dunia pendidikan di Indonesia, sekarang ini guru SD dan SMP sudah mulai masalah besar. Perlu merenungkan dampak yang akan terjadi secara nasional karena ini bukan guru yang tidak mau mengajar 24 jam tatap muka tapi keterbatasan jam didaerah, tolong diperhatikan ini….

  10. KISAH SUKSES mengatakan:

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra selatan, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 35 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs. DJoko Sutrisno, Msi yang bekerja di BKN pusat di Deputi Bidang Pengembangan Kepegawaian yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim nama dan no tes saya melalui sms, setelah pengumuman keluar nama dan no tes saya muncul, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, itu adalah kisa nyata dari saya, jadi apa pun keadaan anda jangan pernah putus asah kalau waktunya pasti ada jalan. jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs. DJoko Sutrisno, Msi Tlp:082320422233 siapa tau beliau mau bantu.

  11. AAN mengatakan:

    SYARAT 24 JAM PELAJARAN HARUS DIPERTIMBANGKAN LAGI, KARENA GURU YANG SERTIFIKASI BERTAMBAH BANYAK SEDANGKAN JUMLAH KELAS TIDAK BERTAMBAH MALAH SEMANGKIN BERKURANG

  12. yulius ndapamuri mengatakan:

    BAGAIMANA DENGAN SEKOLAH-SEKOLAH BARU YANG MEMILIKI AKUN SEKOLAH YANG BUKAN MERUPAKAN KELALAIAN PIHAK SEKOLAH, TETAPI MEMANG KARENA DARI PIHAK DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BELUM DIBUATKAN. APAKAH MASIH ADA KEMUNGKINAN PENGIRIMAN DATA DENGAN CARA MANUAL?

  13. SMK NU Bululawang mengatakan:

    saya sudah menginstal aplikasi dapodikmen yang terbaru tapi disitu diperlukan regrister operator, lalu kapan kami mendapatkan nomor regrister dan kapan diadakan bintek ?

  14. Anonim mengatakan:

    kami mohon kepada bapak operator dapodikmen pusat agar menugaskan operator kabupaten itu yang berpengalaman mengerti dengan tata cara pengolahan datanya

  15. joko mengatakan:

    untuk dapodikmen SMA/SMK yang berlaku berapa rombel maksimal, karena kalau 30 apakah ditolk oleh program pusat

  16. Indah Koe mengatakan:

    bagaimana pak cara mengecek tunjangan sertifikasi guru yang belum eluar pada tahun 2013 sampai bulan juni 2014 ini,dan ini terjadi pada saya pak… a.n ENDAH BUDI ASTUTI – SMA TRI KARYA – SURABAYA

  17. Yamolala Ndruru mengatakan:

    Kapan Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2014 Non PNS

  18. bambang sadtiyono mengatakan:

    Cara untuk mengetahui sk tunjangan sertifikasi guru bgmn?

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: