Pengisian Data PDSS SNMPTN 2014 Dimulai Januari 2014

SNMPTN 2014Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 tidak dipungut biaya, seperti halnya tahun 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah ingin memfasilitasi agar para lulusan SMA/SMK mudah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan membuka kesempatan yang sama dalam proses pendaftaran masuk PTN.

“Urusan diterima dan tidak diterima itu ada aspek yang lain. Paling tidak kita harus membuka kesempatan yang sama. Prinsip kesamaan dalam kesempatan yang sama yang harus kita pegang,” tegasnya saat peluncuran SNMPTN 2014 di Hotel GrandPreanger, Bandung, Jawa Barat, (11/12).

Mendikbud mengatakan, setiap tahun jumlah lulusan SMA/SMK mencapai 2 juta orang. Untuk para lulusan itu, pemerintah akan menanggung semua pembiayaan yg terkait dengan pendaftaran PTN melalui jalur SNMPTN. “Kaya miskin semua sama. Punya kesempatan yang sama,” katanya.

SNMPTN merupakan seleksi non-tertulis dalam pola penerimaan mahasiswa baru PTN. Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi akademik siswa berupa nilai rapor, hasil ujian nasional (UN), dan prestasi lain. Data-data yang diperlukan dalam pendaftaran SNMPTN dimasukkan sekolah secara online melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya. SNMPTN 2014 akan diikuti siswa lulusan SMA/SMK yang berasal dari 14-ribu sekolah di seluruh tanah air. Mereka akan bersaing memperebutkan kursi di 63 PTN dengan total daya tampung sebesar 150-ribu.

Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan, jumlah tersebut masih akan ditambah lagi dengan kuota Bidikmisi sebesar 60-ribu. Sehingga total daya tampung untuk di PTN sekitar 210-ribu. Tahun 2014, SNMPTN memiliki kuota minimal 50% dari total kuota daya tampung setiap PTN atau program studi.

Sama seperti tahun sebelumnya, SNMPTN 2014 juga memberikan kesempatan khusus kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melalui Program Bidikmisi, serta calon mahasiswa dari daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal).

Jadwal SNMPTN 2014 dimulai dengan pengisian PDSS pada 6 Januari-6 Maret 2014. Kemudian pendaftaran dibuka pada tanggal 17 Februari hingga 31 Maret 2014. Usai pendaftaran, proses seleksi dilakukan pada tanggal 1 April sampai 26 Mei 2014. Lalu pengumuman kelulusan bisa dilihat pada tanggal 27 Mei 2014. Setelah itu, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 17 Juni 2014 di PTN masing-masing.

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 konsisten memberlakukan sanksi tegas, terhadap pelaku kecurangan. Sanksi tersebut adalah diskualifikasi, dan bahkanblacklist dari proses pendaftaran SNMPTN. Hal itu ditegaskan Ketua SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia di Peluncuran SNMPTN, diHotel Grand Royal Preanger, Bandung, kemarin (11/12).

Ganjar mengungkapkan memang terdapat 140 sekolah yang terindikasi melakukan kecurangan di SNMPTN 2014. Dia mengatakan, panitia akan memverifikasi sekolah-sekolah yang terindikasi melakukan kecurangan. “Ya dalam waktu minggu ini keluar untuk verifikasi, nanti sanksinya tidak akan diikutkan (diskualifikasi) pengisian data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” tegas Ganjar.

Ketua SNMPTN tahun lalu Akhmaloka menuturkan, sebanyak 100 sekolah yang terindikasi kecurangan, saat memasukkan data di PDSS. Saat proses verifikasi data, panitia menemukan adanya 20 sekolah yang terbukti melakukan kecurangan, dari 100 sekolah. Adapun bentuk kecurangan itu adalah penggelembungan nilai rapot, dan prestasi akademik lain, yang dilakukan sekolah, maupun siswa.

Terhadap ke-20 sekolah tersebut, Akhmaloka memberlakukan sanksi black list untuk pendaftaran data di PDSS.”Jadi, mereka tidak diikutsertakan untuk 2013, akses PDSS ditutup,”beber rektor Institut Teknologi Bandung ini.

SNMPTN merupakan salah satu bentuk jalur penerimaan non tertulis, yang didasarkan pada prestasi-prestasi akademik siswa. Tahun 2014, daya tampung SNMPTN adalah sebesar 150.000 untuk 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di Indonesia. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun lalu, yaitu daya tampung 140.000 untuk 61 PTN.

Jalur penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 akan berikan kemudahan bagi para pendaftar yang berada di wilayah jauh dari akses Perguruan Tinggi Negeri. Ketua Panitia SNMPTN Ganjar Krisna menerangkan para pendaftar dapat mendatangi kantor-kantor pos untuk mendaftarkan diri, maupun memasukkan berkas pendaftaran. Hal ini diungkapkan saat peluncuran SNMPTN 2014, di Hotel Grand Royal Preanger, Bandung, semalam (11/12).

Lebih lanjut, Ganjar menambahkan, terdapat akses internet di tiap-tiap kantor pos. “Disinilah para pendaftar dapat memasukkan, maupun mengisi formulir pendaftaran”. Nantinya, akses internet ini tersedia dengan gratis bagi seluruh pendaftar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh menegaskan prinsip kesamaan untuk mengakses pendidikan PTN dengan jalur SNMPTN, tetap harus dikedepankan.”Jangan sampai karena tinggal di daerah tidak bisa masuk, padahal sebenarnya bisa difasilitasi aksesnya,” jelas Nuh.

Menurut Nuh, “Kalau mereka harus jalan sendiri ke Perguruan Tinggi Negeri untuk kirim berkas, berapa biaya yang harus dipenuhi.” Sehingga, panitia SNMPTN memaksimalisasi peran PT.Pos yang ada pada tingkat kecamatan, sebagai mitra pelaksanaan SNMPTN. Harapannya, para peserta didik yang tinggal jauh dari perguruan tinggi negeri dapat lebih dijangkau.

 

Sumber : kemdikbud.go.id

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

3 Responses to Pengisian Data PDSS SNMPTN 2014 Dimulai Januari 2014

  1. Ping-balik: coba-coba | Pagar Alam dot Com

  2. sigit purnomo mengatakan:

    kpk tp 2013-2014 nya ga ada di pdss?

  3. Anonim mengatakan:

    Assalamu’alaikum. . Aq mau nany, klw mendaftar snmptn yg thun ini, lampiran piagam tau sertifikat peserta lmba dan piagam juara klas bsa gk???, trmksh

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: