Tahun Ajaran 2014/2015 Kurikulum 2013 Siap Dilaksanakan 100 % ?

Foto Berita (1)Konsep dari kurikulum 2013 menurut saya pribadi memang memang sangat baik, karena menerapkan pembelajaran secara saintifik sehingga siswa dituntut untuk mampu memahami konsep-konsep dari apa yang mereka pelajari dan tidak sekedar menghafal. Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang mengarahkan siswa sehingga pembelajaran yang berlangsung sesuai dengan apa yang diinginkan dalam kurikulum 2013 tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut apakah saat sekarang ini sekolah-sekolah sasaran atau pelaksana kurikulum 2013 sudah melaksanakan secara optimal. Dari berita di website kementrian pendidikan dan kebudayaan tentang hasil sensus penerapan kurikulum 2013 cukup mengejutkan saya karena dari hasil sensus tentang kurikulum 2013 ternyata kurikulum 2013 sudah dapat dilaksanakan 100 % di sekolah-sekolah, berikut kutipannya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan sensus kepada pemangku kepentingan pendididikan terhadap kurikulum 2013 pada akhir 2013 lalu. Dari hasil sensus tersebut diketahui, masyarakat memberi respon positif terhadap pelaksanaan kurikulum 2013.

“Kurikulum 2013 dapat sorotan sangat bagus di awal implementasinya, karena diragukan. Tapi setelah melakukan sensus, dan responnya baik, kami semakin confident,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir tahun lalu, di Jakarta.

Sensus ini melibatkan lebih dari 76 ribu responsen dari komponen siswa, guru, kepala sekolah, orang tua, komite sekolah, hingga pengawas. Adapun yang ditanyakan kepada siswa seputar dampak implementasi kurikulum 2013. Misalnya, apakah kurikulum 2013 membangun karakter siswa? Atau, apakah kurikulum 2013 membangun semangat belajar siswa?

Dari hasil sensus diketahui, menurut para guru SD, sebanyak 82,54 persen guru menjawab kurikulum 2013 dapat membangun karakter siswa, dan 86,38 guru SMP menyatakan kurikulum 2013 lebih menarik sehingga anak lebih tertarik untuk belajar.

“Kalau jawabannya hampir semua iya, tidak ada cara lain kecuali (kurikulum 2013) diterapkan 100 persen,” kata Mendikbud.

Mendikbud mengatakan, penetapan implementasi kurikulum 2013 secara masif telah diputuskan dalam rapat wapres di akhir tahun 2013. Ia menambahkan, keputusan tersebut diambil karena hasil sensus menunjukkan gradasi positif. “Kalau hasilnya cuma 60 persenan, kita tidak berani,” tuturnya.

Selain sensus dampak kurikulum 2013 terhadap siswa, materi lain dalam sensus tersebut adalah dampak terhadap guru. Diketahui, guru-guru masih kesulitan dalam pembuatan RPP. Untuk itu, dalam pelatihan yang diadakan ke depan, pembuatan RPP akan menjadi salah satu agenda utama.

Demikian pula untuk kepala sekolah, dalam hasil sensus tersebut kepala sekolah diminta lebih aktif dalam melakukan supervisi. “Semua akan kita perbaiki,” pungkasnya.

Dari hasil tersebut maka pada tahun ajaran 2014/2015 mendatang akan segera melaksanakan kurikulum 2013 100 % untuk semua sekolah. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah semua sekolah sasaran kurikulum 2013 sudah mampu melaksanakan kurikulum 2013 secara optimal. Dan juga bagaimana dengan buku-buku penunjang dan terlebih kesiapan guru sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ini.

Sebagai seorang pendidik saya pribadi cukup pesimis akan keterlaksanaan kurikulum 2013 secara optimal, bagaimana dengan anda tentunya kembali ke pribadi masing-masing…

Sumber : http://www.kemdikbud.go.id

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

8 Responses to Tahun Ajaran 2014/2015 Kurikulum 2013 Siap Dilaksanakan 100 8 ?

  1. wawan mengatakan:

    mrnurut sy kurikulum 2013 untuk tingkat sd optimis sangat bagus. untuk tingkat smp ragu2. untuk tingkat sma sangat pesimis dilihat dari materi terutama fisika yg saya ajar tak ada perubahan alias masih sangat padat sementara kur.2013 menuntut pembelajaran yg menyenangkan sehingga susah tercapai apa mau menyenangkan atau kejar materi.

  2. wawan mengatakan:

    mrnurut sy kurikulum 2013 untuk tingkat sd optimis sangat bagus. untuk tingkat smp ragu2. untuk tingkat sma sangat pesimis dilihat dari materi terutama fisika yg saya ajar tak ada perubahan alias masih sangat padat sementara kur.2013 menuntut pembelajaran yg menyenangkan sehingga susah tercapai apa mau menyenangkan atau kejar materi.

    mentri pendidikan pernah bilang pd kur.2013 guru tidak lagi dibebani dengan administrasi sehingga guru fokus mengajar dg baik maka dibuatlah buku guru agar guru dalam mengajar sesuai dg buku guru, tapi mengapa pada pelatihan tetap hrs buat rpp. padahan buku guru itu sama dg rpp, yg belum hanya sistem penilain saja ini yg hrs dibuat guru bukan rpp.

  3. adrianus.p mengatakan:

    skarang ada sekolah yg sudah menerapkan pembelajaran kurikulum 2014-2015 ..anak2 pada banyak mengeluh krn start jam 7 pagi finish jam 4 sore.. sekarang mmg harus fokus tapi otak tidak seperti robot, fokus itu hanya tergantung dari diri sendiri.. mengapa indonesia hanya berkembang terusterus tidak pernah maju seperti negara lain sedangkan sistim pembelajarannya udahmantap sampe kepalaa bisa puyeng… bukan bodoh tapi smua org itu bedah2…

  4. Anonim mengatakan:

    apa pun kurikulumnya, namun jika kefahaman tidak di utamakan maka sia-sia saja.

  5. Anonim mengatakan:

    yang menyampaikan/mengajar..tidak benar-benar Faham apakah yang menerima/murid sudah betul-betul Faham akan apa yang di sampaikan dan penempatan jadwal pelajaran juga menjadi persoalan yang harus menjadi perhatian tiap lembaga pendidikan. jika minimal 2 hal tersebut dapat di perhatikan dan di cari solusinya maka pendidikan Indonesia akan lebuh baik.

  6. Ritha Sanders mengatakan:

    maaf sebelumnya pak, saya mau tanya adakah silabus untuk kurikulum 2013 untuk tahun ajaran 2014/2015 dengan RPP nya?

  7. indri mengatakan:

    K-13 IT bagus cm yg sy kuatir kn pd saatpengembangan materi d butu kn internet,modul rambahan(buku tunjangan)ap siswa yg d plosok bisa dpt smua it

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: