Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2014

snmptnPendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan TinggiNegeri (SNMPTN) mulai dibuka hari ini, tanggal 17 Februari hingga 31 Maret 2014. Sekolah bisa mendaftarkan siswanya ikut SNMPTN dengan terlebih dahulu mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Adapun prosedur pendaftarannya dimulai dari kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. Setelah mengisi, kepala sekolah menerima kata sandi yang diteruskan kepada masing-masing siswa untuk keperluan akses ke laman pendaftaran. Setelah mengisi PDSS, kepala sekolah untuk memberikan password kepada siswa dan siswa memverifikasi data tersebut.

Ini dimaksudkan mungkin data yang dimasukkan oleh kepala sekolah mungkin saja salah. Itulah mengapa,  siswa diminta untuk verifikasi. Dan jika ada yang salah, siswa bisa minta kepada kepala sekolah untuk merubahnya. Karena wewenang merubah itu ada di kepala sekolah. Perubahan masih bisa dilakukan jika masih dalam periode pendaftaran. Dalam periode tersebut, siswa masih bisa meminta kepala sekolah untuk membatalkan pilihannya dan memilih kembali. Dalam sistem penerimaan ini ada dua pertimbangan, rekam jejak sekolah dan rekam jejak siswa.

Konsep pendaftaran SNMPTN  kali ini adalah kepercayaan kepada kepala sekolah yang dikontrol oleh siswa. Guna meminimalisir kecurangan, jika siswa dinyatakan diterima di PTN dan mendaftar ulang, siswa harus membawa rapot asli. Dengan menggunakan kata sandi yang diberikan dan NISN, siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang disajikan oleh kepala sekolah. Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data yang dimasukkan oleh kepala sekolah dianggap benar .

Untuk mendaftar SNMPTN, langkah-langkah yang harus dilakukan oleh siswa.

  1. Siswa pelamar dengan menggunakan NISN dan kata sandi yang diberikan kepala sekolah untuk login ke PDSS, login ke laman SNMPTN http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).
  3. Pelamar program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan, menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id. Setelah proses tersebut selesai, siswa pelamar kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
  4. Untuk yang khusus, mengunggah portofolio adalah kewajiban. Kalau belum diunggah, akan ada peringatan. Mereka tidak bisa finalisasi sebelum diunggah.

Formula pendaftaran SNMPTN dirancang agar pilihan siswa tidak melebihi batas kuota. Jika anak sudah memilih satu PTN untuk dua prodi, maka pilihan PTN berikutnya hanya satu prodi. Saat mendaftar untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), siswa diwajibkan untuk membaca prosedur operasi baku (POB) yang terdapat di laman PTN yang dituju. POB berisi ketentuan yang akan membantu siswa saat mendaftar SNMPTN.

Sekolah yang belum mengisi PDSS diberi waktu tinggal 6 Maret untuk melakukan pengisian. Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Selain itu, siswa yang boleh mendaftar SNMPTN kali ini adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti ujian nasional pada tahun 2013 atau 2014.

 

Sumber : Kemdikbud.go.id

 

Artikel Lainnya :

Perihal ibnufajar75
Saya seorang Guru Matematika di SMA Negeri 1 Pagar Alam - Sumatera Selatan. Sebagai Media Informasi saya mempersilakan untuk copas artikel yang ada di blog ini dengan mencantumkan alamat https://ibnufajar75.wordpress.com

3 Responses to Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2014

  1. tipsaneh mengatakan:

    Izin menyimak. ^_^

  2. nurita putranti mengatakan:

    salma kenal, pak🙂 saya juga ada memberikan informasi tentang snmptn 2014, tetapi kyknya lebih mendetail tulisan di blog bapak. terima kasih sharingnya

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: